Wisata Pantai di Pulau Gili Noko Kabupaten Gresik

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on pocket
Pocket
Share on whatsapp
WhatsApp
wisata

Pulau Gili Noko adalah pulau kecil yang membentang di atas tengah-tengah permukaan laut lepas, yang di sekitar areanya terdapat hamparan pasir putih yang membentang kurang lebih luasnya sekitar 600m dan lebarnya diperkirakan mencapai 25m.

Tiada yang menyangka kalau pulau sekecil ini memiliki keindahan alam yang sangat- sangat mempesona jiwa para wisatawan. baik wisatawan luar, maupun wisatawan dari dalam Negeri. Seperti apa keindahannya? yuk! kita langsung saja ke ulasannya.

Khas Gresik, Gresik,
sumber : https://disparbud.gresikkab.go.id/2020/06/24/pulau-dan-pantai-noko-gili/pulau-gili-noko-3/

Lokasi

Kabupaten Gresik Jawa Timur yang terkenal dengan kota industri, diam-diam menyimpan tempat Wisata Pantai, yang tidak kalah indah dengan wisata pantai yang berada diseluruh Indonesia. Pantai ini berlokasi di Pulau Gili Noko dekat dengan Pulau Bawean, Kabupaten Gresik Jawa Timur.

Untuk jaraknya kurang lebih sekitar 70 sampai 80 Mil dari pusat Kota Gresik. Dan jarak waktunya dalam perjalanan menuju ke lokasi, menempuh sekitar kurang lebih 3 jam atau lebih. Posisi pantainya berada disebelah barat Pulau Gili. Pantai ini persis menyerupai sebuah Pulau Noko Selayer yang letaknya sebelah Timur dari Pulau Gili.

Transportasi

Adapun untuk Anda semua, jika sudah berada di pulau Gili Noko dan ingin ke pantainya untuk menikmati keindahannya, Anda dapat menggunakan perahu jikalau air laut pasang, dan jika air laut sedang surut anda dapat berjalan kali. Dan jika para wisatawan dari Kota Gresik menuju Pulau Gili Noko, dapat menggunakan atau menaiki kapal perahu selama kurang lebih 3 jam.

Biaya

Untu biaya transportasinya kurang lebih sekitar Rp 350 ribu. dan dari sepanjang jalanpun Anda sudah dapat menyaksikan atau melihat dengan mata secara langsung dari kejauhan, yakni terdapat sebuah keistimewahan, keindahan yang dapat mempesona jiwa para wisatawan yang berkunjung.

Keindahan

Dibalik hamparan pasir putih disetiap sudut, pulau Gili Noko juga menampilkan panorama dari bawah air yang sangat indah. Sehingga di sepanjang perjalanan di atas perahu Anda dapat melihat langsung akan habitat laut dari pulau Gili Noko ini dengan mata telanjang.

Dengan ketinggian airnya, yang kurang lebih sekitar 3-5 meter dari atas perahu yang Anda naiki, saking jernihnya air yang terdapat di area pesisir pantai ini seakan-akan membuat para pengunjung greget, tidak sabar untuk segara melompat dari perahu kebawah permukaan air.

Baca Juga  Danau Kastoba Wisata Alam di Pulau Bawean Gresik

Pantai ini menyajikan suatu keindahan dengan air pantainya yang sangat bening, pantai ini juga bisa disebut Pulau Padang Pasir, karena pasirnya yang sangat putih yang mengelilingi disetiap sudut pulau tersebut. Belum lagi pesona di dalam lautnya yang sangat indah, dengan bebatuan, karang-karangnya yang bermacam-macam bentuknya, ditambah lagi dengan warna-warna rumput laut dan berbagai macam ikan dan hewan laut yang unik dan bermacam jenisnya.

Suasana

Pulau padang pasir yang tidak ada penghuninya ini punya keindahan hamparan yang sangat mempesona, serta laut dan ombak yang tenang. wisata yang pas untuk bermain air dan pasir. anginya sepoy-sepoy, dan Airnya pun bergerak secara halus dan tenang, ombaknya pun juga bergerak menepi secara berlahan-lahan, tidak seperti ombak pada umumnya.

Sehingga cahaya matahari memantulkan cahayanya dengan sangat terang sampai ke dalam dasar laut. sehingga dapat melihat langsung bermacam-macam jenis ikan yang sedang berkumpul untuk mencari makan bisa Anda lihat, karena dasar lautnya bersih, yang masih terjaga dengan baik .

Tragedi Kerusakan

Waktu dahulu, banyak sekali nelayan yang memakai obat ikan (potas) dan sejenis bom, dan setelah itu banyak sekali batu karang yang rusak dan banyak juga ikan yang mati dan hilang. dikemudian hari banyak para warga, para nelayan Sadar dan untuk tetap menjaga serta melestarikan tempat yang indah ini.

Sehingga nantinya para wisatawan atau para pengunjung ketika liburan ke tempat ini dapat menikmati pesona keindahannya dengan puas. Dengan melihat dalam lautnya yang masih sangat terjaga akan keindahannya.

Pesan Moral

Dan diharap bagi para pengunjung yang datang di pantai Pulau Gili Noko ini, sangat di himbau agar mempunyai kepedulian terhadap lingkungan di Area sekitar pulau gili ini, untuk tak membuang sampah sembarangan dan mengurangi penggunaan sampah organik. Supaya tetap terjaga akan kelestariannya dan keindahannya yakni dari hal-hal kecil pasti akan memiliki efek yang luar biasa.

Keinginan hati untuk menikmati suasana disana dan keindahan pantainya yang tenang ditambah lagi dengan hamparan pasir putih yang terdampar di Pulau Noko ini sungguh sangat besar. Untuk kalian semua yang suka travealing, jagan lupa mapir ke pulau ini!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on pocket
Pocket
Share on whatsapp
WhatsApp

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.