Wisata Danau yang Terkenal di Jawa Timur 2021

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp
wisata danau

Jawa Timur merupakan salah satu Provinsi di Indonesia yang cukup terkenal akan obyek wisata danaunya. Selain adanya kota wisata seperti Kota Malang, Batu, Surabaya, Banyuwangi dan Pacitan, Jawa Timur juga terkenal akan banyaknya kekayaan alam yang menarik, salah satunya adalah wisata danaunya yang wajib kita kunjungi.

Di Indonesia sendiri wisata danau yang cukup terkenal adalah Danau Toba yang terletak di Provinsi Sumatra Utara, Indonesia. Sedangkan di Jawa Timur, banyak sekali danau-danau yang sangat indah dan menarik untuk dikunjungi, misalnya:

Ranu Kumbolo

wisata danau
ranu kumbolo

Ranu Kumbolo merupakan danau yang sangat terkenal di Jawa Timur, bahkan paling banyak dicari wisatawan terutama para pendaki. Lokasi danau ini berada diketinggian 2.400 meter diatas permukaan laut dijalur pendakian ke Gunung Semeru.

Keindahan yang disajikan Ranu Kumbolo memang menjadi magnet tersendiri bagi para pendaki. Memang waktu yang diperluka untuk sampi ke danau cukup panjang. Akan tetapi waktu panjang itu akan terbayar dengan keindahan danau tersebut. Tidak hanya terkenal ke berbagai daerah saja, bahkan sampai turis mancanegara banyak yang mengunjungi wisata danau ini.

Danau ini memiliki air yang tenang dan dingin bahkan banyak pepohonan khas gunung hutan tropis Indonesia yang mengelilinginya. Para wisatawan bisa berkemah di sini sambil menikmati keindahan danau dan menyaksikan sunrise keesokan harinya.

Ranu Gumbolo

wisata danau
ranu gumbolo

Berbeda dengan Ranu Kumbolo, Ranu Gumbolo merupakan danau yang berada di Tulungagung, Jawa Timur. Tempat wisata danau yang satu ini cukup populer di Tulungagung karena pemandangannya yang begitu indah. Banyak wisatawan lokal dan luar Jawa Timur yang datang berlibur ke sana.

Walaupun obyek wisata ini baru dikenal, tetapi banyak sekali wisatawan yang datang berlibur ke sana. Fasilitas di danau ini pun cukup banyak dan menarik salah satunya adalah rumah pohon untuk spot foto.

Ranu Agung

wisata danau
ranu agung

Ranu Agung merupakan destinasi wisata alam yang terkenal di Probolinggo, Jawa Timur. Danau ini terbentuk karena letusan dari Gunung Lemongan yang merupakan salah satu gunung berapi tipe maar di Indonesia.

Pemandangan danau ini begitu indah dilengkapi dengan tebing-tebing tinggi yang ada disekitarnya. Suhu udara di Danau ini pun sangat sejuk sehingga membuat para wisatawan betah untuk berlama-lama disana.

Baca Juga  5 Jenis Ikan Arwana Paling Terpopuler, Dengan Harga Ratusan Juta Rupiah

Para pengunjung Ranu Agung bisa melakukan banyak kegiatan menarik di sana, salah satunya adalah menaiki perahu getek atau biasa disebut rakit kecil untuk berkeliling danau.

Ranu Pani dan Regulo

wisata danau
ranu regulo

Ranu Pani dan Ranu Regulo merupakan dua wisata danau yang saling bersebelahan yang berlokasi di Desa Ranupani, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Sama seperti Ranu Kumbolo, kedua danau ini terbentuk secara alami. Namun ukurannya lebih kecil dari Ranu Kumbolo.

Meskipun tidak luas, keindahan kedua danau ini tidak kalah cantik dengan Ranu Kumbolo. Bahkan para pendaki banyak yang berkemah disana, sebelum ataupun sesudah melakukan pendakian ke Gunung Semeru. Bagi yang tidak terlalu suka mendaki, Ranu Pani dan Ranu Regulo bisa jadi solusi alternatif wisata alam di gunung tanpa perlu melakukan pendakian.

Telaga Sarangan

wisata danau
telaga sarangan

Telaga sarangan merupakan salah satu wisata danau yang cukup terkenal di Jawa Timur. Telaga yang memiliki luas sekitar 1.200 meter persegi ini sudah ada sejak dulu yang berada di kaki Gunung Lawu.

Telaga Sarangan sangat cocok untuk wisata alam bersama keluarga ataupun sahabat. Bahkan fasilitas wisata yang disediakan cukup banyak dan menarik, seperti menunggang kuda, persewaan speed boat dan berbagai wahana permainan lainnya.

Tempat ini juga sering dijadikan tujuan wisata liburan sekolah. Lokasi telaga ini cukup mudah untuk dijangkau, yaitu berada di Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Telaga Ngebel

wisata danau
telaga ngebel

Telaga Ngebel atau Danau Ngebel merupakan danau alami yang terletak di kaki Gunung Wilis Ponorogo. Danau dengan luas kurang lebih 5 km ini memiliki pemandangan yang begitu indah dan suhu udara yang relatif sejuk, yaitu antara 20-26 derajad celcius.

Danau Ngebel bisa Anda capai dari pusat Kota Ponorogo dengan jarak sekitar 30 kilometer. Tiket masuk ke wisata danau ini cukup murah kisaran Rp. 5000,- dan harga parkir kendara berkisar Rp. 2.000,- Rp. 3.000,- saja. Bagi Anda yang ingin menginap, disana juga tersedia beberapa penginapan yang disewakan.

Itu tadi beberapa wisata danau di Jawa Timur yang bisa Anda kunjungi saat hari libur tiba. Sebenarnya masih banyak danau-danau yang menyajikan pemandangan indah lainnya di Jawa Timur. Namun, danau-danau diatas yang cukup terkenal untuk saat ini.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.