Wisata Alam Banyu Urip Mangrove Kabupaten Gresik

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on pocket
Pocket
Share on whatsapp
WhatsApp
mangrove

Terhembusnya angin–angin yang sejuk, membawa kedamayan, ketenangan, di tambah indahnya melihat deretan perahu nelayan yang pulang dari melaut, dan indahnya barisan pohon–pohon disetiap pinggir perjalanan serta sekelompok burung bangau juga menjadikan hutan Mangrove itu menjadi habitat burung tersebut membuat tempat ini semakin menarik.

Khas Gresik, Gresik,
sumber : https://surabaya.liputan6.com/read/4053276/banyuurip-mangrove-gresik-wisata-alam-yang-cocok-untuk-kalangan-muda


Lokasi

Tempat wisata Mangrove ini bertempat di Dusun Banyu Legi, Desa Banyu Urip, Kecamatan Ujung Pangkah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Upaya masyarakat nelayan mengelola hutan mangrove di pesisir Desa Banyu Urip ini dimulai sejak tahun 2011, dan pohon–pohonnya yang rimbun sampai saat ini, itu ditanam sejak 17 tahun lalu dan menghadirkan nuansa alam yang sejuk.

Ada area joging track sepanjang 600 meter, mengambil gambar atau foto–foto untuk di abadikan, dan bisa memanjakan pengunjung dengan keindahan alam yang ada di sekitarnya. Menyajikan pesona alam di pesisir pantai dilengkapi dengan hutan mangrove serta keindahan ekosistem muara sungai yang mempesona para wisatawan diberbagai manca negara.

Suasana

Perahu nelayan yang berderetan yang baru pulang dari melaut serta suasana pasar para nelayan, di tempat transaksi jual beli hasil laut yang masih segar seperti ikan, kerang, udang dan lainnya. Membuat lokasi ini semakin menarik untuk di kunjungi, melepas penat dan kejenuhan akibat aktivitas sehari-hari.

Selain itu, ada area pembibitan berbagai jenis tanaman juga loh! Oleh karena itu, mangrove tersebut sangat sering sekali didatangi oleh banyak para mahasiswa dari berbagai Universitas Perguruan Tinggi baik itu negeri ataupun swasta.

Ditambah lagi dengan keindahan ketika melihat Berbagai jenis burung-burung yang berada di hutan mangrove ini, di antaranya ada burung bangau, burung walet, dan masih banyak lainya. Kawasan hutan Mangrove Banyu Urip dapat mendukung kehidupan burung sebagai habitatnya.

Bahkan di kawasan ini ditemukan enam jenis burung dalam status di lindungi, dan memang menjadikan hutan mangrove sebagai habitat mereka. Selain itu, ada banyak area pembibitan berbagai jenis tanaman di area mangrove ini. sehingga membuat obyek wisata ini bernilai edukasi.

Area hutan Mangrove

Agar bisa masuk ke kawasan ini yakni Anda harus menyeberang jembatan yang terbuat dari kayu sekitar kurang lebih 250 meter dan untuk tingginya satu meter di atas permukaan air. Selama melewati jembatan tersebut kita akan disuguhi hutan mangrove yeng lebat dan sejuk di pinggir kanan ataupun dipinggir kiri.

Baca Juga  Wisata Alam Setigi Gresik, Bukit Kapur Instagramable bekas tambang

Selain itu terdapat suatau gazebo yang di pergunakan bagi para wisatawan atau para pengunjung untuk duduk-duduk bersantai. Jika para pengunjung merasa penat. Karena aktivitas sehari-hari di rumah entah dengan segala urusan, pekerjaan atau yang lain, pasti Anda akan memikirkan tentang sebuah rekreasi atau suatu tempat yang menyenangkan, baik itu sendirian, bersama keluarga (Family), bersama teman, sahabat, atau bersama pasangan.

Biaya

Akan tetapi tidak sedikit yang mengurungkan rencana atau niat untuk berlibur karena kebanyakan seseorang berpikir kalau liburan itu harus bahkan pasti selalu mengeluarkan uang yang nominalnya cukup banyak. Namun, disini untuk masalah biaya sangat-sangat bersahabat. Anda jagan khawatir untuk prihal tersebut.

Untuk kalian yang belum pernah berkunjung ke wisata Banyu Urip Mangrove ini segera ya. Wisata ini dibuka setiap hari pada jam 06.00 sampai 17.00 WIB. Untuk tiket masuknya Anda hanya mengeluarkan Rp 10 Ribu saja.

Fasilitas

Bila Anda sudah puas akan suasana tempat dalam menikmati pemandangan tempat ini dan juga merasa penat karena efek berjalan-jalan di antara jembatan kayu di area hutan mangrove ini.Anda bisa langsung mampir atau istirahat ke beberapa kantin atau warung yang ada di sekitar obyek wisata Banyu Urip Mangrove ini.

Melepas penat sambil menikmati atau mencicipi hidangan yang ada dan sambil bersantai di tempat para penjual berbagai macam makanan dan minuman ini dengan harga terjangkau.

Untuk para pengunjung yang beragama islam (muslim), kalau ingin beribadah atau solat, jangan khawatir juga, karena di tempat ini ada tempat berwudhu, toilet, dan juga tersedia musolla. Anda tinggal bertanya kepada petugas atau masyarakat setempat, dan mereka akan mengantar Anda dengan senang hati.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on pocket
Pocket
Share on whatsapp
WhatsApp

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.