Sangat Indah, Inilah Wisata Banyu Biru Lowayu Gresik

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp
lowayu gresik

Kabupaten Gresik adalah suatu kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Selain terkenal sebagai Kota Industri dan kota santri, karena melihat kabupaten Gresik ini banyak sekali pabrik-pabrik besar yang berdiri di kota ini, dan adapun julukan dari kota santri dikarenan banyak sekali pondok pesantren di berbagai sudut kota gresik ini. Siapa yang menyangka, kalau Kabupaten Gresik juga terkenal dengan wisatanya yang sangat banyak sekali dan bahkan tak kalah indah dari wisata-wisata lain yang berada di Indonesia.

Lokasi

Sendang Wisata Banyu Biru Lowayu Gresik ini lokasinya tepat di Desa Lowayu, Kabupaten Gresik, Jawa Timur Indonesia. Wisata Sendang ini sangat unik sekali, dan juga bisa dikatakan aneh. Anehnya karena airnya sendiri itu berwarna biru secara alami tampa sebab.

Anehnya lagi sekitar atau di sekelilingnya itu ada juga genangan air dari tambak yang di kelola oleh masyarakat setempat. Namun, yang bikin aneh itu hanya air di area sendang Banyu Biru yang berwarna biru dan jernih. sampai sekarang ini, saat ini belum ada penelitian ilmiah yang bisa menjelaskan, yang bisa menyimpulkan, asal mula dari mana warna air yang biru di sendang wisata Banyu Biru ini.

Proses Pengelolaan

Dengan keunikan dan keindahan sendang banyu biru Saat ini masyarakat setempat berupaya untuk mengelolanya yaitu menjadi tempat wisata. dan untuk saat ini masih dalam proses untuk pengembangan. masyarakat berharap jumlah kunjungan wisata ke tempat atau ke obyek ini.

Supaya bertambah lebih banyak lagi dan bukan hanya wisatawan dari Pulau Jawa saja, akan tetapi kami berharap wisatawan dari luar Pulau Jawa pun bisa berkunjung ke wisata ini. Sehingga kesejahteraan dan ekonomi masyarakat setempat dapat meningkat.

Khas Gresik, Gresik,
sumber: https://disparbud.gresikkab.go.id/2020/08/26/hello-world/

Suasana

Wisata Sendang Banyu Biru Lowayu Gresik memiliki pesona keindahan yang sangat indah, dari tempatnya yang unik, suasananya yang nyaman, aman, tentram, begitupula dengan anginnya yang sepoy–sepoy. Sehingga kita para pengunjung akan merasa sangat nyaman dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari–hari.

Sangat di sayangkan jika Anda berada di Kabupaten Gresik tidak mengunjungi Wisata Sendang Banyu Biru Lowayu Gresik ini. Wisata ini sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan Anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari ibur lainnya.

Baca Juga  5 Pemandian Air Panas Terbaik di Jawa Timur

Keindahan wisata ini sangatlah baik bagi Anda semua yang berada di dekat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat wisata Sendang Banyu Biru Lowayu Gresik ini, Seperti yang tertulis di atas lokasi terletak di Desa Lowayu, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Indonesia. 

Wisata ini merupakan tempat wisata yang harus Anda kunjungi, karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Gresik juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Asal Mula

Warga masyarakat lokal menyebutnya dengan Sendang Banyu Biru Gresik. Namun, jika kita mendekat di sendang tersebut akan tercium bau belerang yang cukup menyengat. Tapi sampai saat ini tidak ada penjelasan empiris mengenai kandungan mineral yang ada dalam air banyu biru.

Akan tetapi, berkembangnya cerita rakyat mengenai asal muasal warna biru di banyu biru tersebut, sebelah barat sendang, terdapat pohon besar yang diyakini sebagai tempat tinggal penunggu banyu biru. Warga menyebutnya dengan nama “Mbah Banyu Biru”.

Karena keyakinan mistis inilah, warga sekitar selalu memberi sesaji berupa kembang kenongo sebagai persembahan kepada Mbah Banyu biru. Bunga tersebut ditaruh di batu besar yang ada di sisi utara sendang. Penunggu sendang inilah yang diyakini membuat warna air di Banyu Biru Lowayu Gresik ini berwarna biru.

Yuk! Spot terus wisata murah meriah ini, bisa Anda kunjungi Banyu Biru Lowayu Gresik. Tempat wisata ini memiliki aliran air bernuansa biru tetapi tidak hanya cantik dipandang. Ada sensasi unik karena mengandung belerang. Kandungan ini dipercaya ampuh untuk bisa mengatasi penyakit kulit. Rasakan kesejukan alamnya dan merendam kaki di sendang ini memberi rasa rileks pada tubuh. Lokasinya ada di Desa Lowayu, Kecamatan Dukun.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.