Viral Video Menag Yaqut Soal Suara Azan dan Gonggongan Anjing

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp
menag yaqut

Video pernyataan Menteri Agama Menag Yaqut Cholil Qoumas viral di media sosial. Dalam video yang beredar, Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Quomas disebut membandingkan suara azan dengan suara gonggongan anjing.

Video tersebut merupakan pernyataan Menag Yaqut saat diwawancarai awak media usai melakuan pertemuan tokoh lintas agama seprovinsi Riau, di Pekanbaru, 23 Februari 2022.

“Yang paling sederhana lagi tetangga kita ini kalau kita hidup dalam satu kompleks misalnya, kiri kanan depan belakang pelihara anjing semua, misalnya, menggonggong dalam waktu yang bersamaan, kita terganggu gak?” lanjut Menag Yaqut berikutnya.

“Artinya apa bahwa suara-suara ini, apapun suara itu harus kita atur, supaya tidak menjadi gangguan. Speaker di musala dan masjid monggo silahkan dipakai, tapi tolong diatur agar tidak ada yang merasa terganggu.

Agar niat menggunakan toa sebagai sarana atau wasilah syiar tetap bisa dilaksanakan, tanpa mengganggu mereka yang tidak sama dengan keyakinan kita,” demikian kata Menag Yaqut dalam video tersebut.

Tak mau video itu jadi pemberitaan yang liar dan dapat mengganggu ketentraman masyarakat, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi, Thobib Al Asyhar langsung membuat klarifikasi.

Ia menegaskan bahwa Menag Yaqut sedang tidak membandingkan suara azan dengan gonggongan anjing, tetapi mencontohkan pengaturan kebisingan pengeras suara.

“Sama sekali tidak membandingkan suara azan dengan suara anjing. Pemberitaan yang mengatakan Menag Yaqut membandingkan dua hal tersebut adalah sangat tidak tepat,” jelas Thobib Al Asyhar dalam klarifikasi yang disebar pada Kamis, 24 Februari 2022.

Saat ditanya wartawan tentang Surat Edaran (SE) Nomor 05 Tahun 2022 tentang Pedoman Penggunaan Pengeras Suara di Masjid dan Musala dalam kunjungannya ke Pekanbaru, Menag Yaqut menjelaskan bahwa dalam hidup bermasyarakat perlu adanya toleransi.

Dalam penjelasan itu juga, Menag Yaqut memberikan contoh sederhana, bukan membandingkan suara azan dengan gonggongan anjing.

Baca Juga  Lengkap, Inilah Pengertian & Sejarah Mudik Lebaran
Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.