Tugu Muda Semarang, saksi Pertempuran 5 hari.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp
tugu muda

Tugu Muda merupakan salah satu dari banyaknya Monumen berupa Tugu yang menjadi saksi bisu perjuangan pejuang Indonesia dalam memperebutkan hak-hak Indonesia sebagai Negara yang merdeka. Tugu ini sendiri di buat dengan tujuan mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur dalam Pertempuran Lima Hari di Kota Semarang. Tugu Muda sendiri mempunyai makna sebagai lambang semangat perjuangan dan patriotisme warga semarang, di khususkan para pemuda yang gigih, rela berkorban dengan semangat yang sangat tinggi mempertahankan Kemerdekaan Indonesia.

Sejarah Pembangunan Tugu Muda

Seperti yang sudah di bahas, Tugu ini merupakan Monumen yang di gunakan untuk mengenang peritiwa Pertempuran Lima Hari di Semarang. Peletakan batu pertama dilakukan pada tanggal 28 Oktober 1945 yang awal perencenaannya di lokasikan didekat alum-alun oleh Mr. Wongsonegoro (Gubernur Jawa Tengah). Namun rencana itu pupus karena pada bulan Nopember 1945 puncaknya peperangan melawan sekutu dan juga Jepang, akhirnya proyek ini terpaksa terbengkalai. Pada tahun 1949 ada ide untuk pembangunan Tugu kembali, oleh badan koordinasi Pemuda Indonesia (BKPI), tetapi ide ini gugur karena kesulitan dalam hal dana, lalu ide ini pun juga hilang begitu saja.

Namun pada tahun 1951 saat kepemimpinan Hadi Soebono Sosro Wedoyo sebagai Walikota Semarang pada saat itu, Beliau membentuk Panitia Tugu Muda, namun kali ini rencana pembangunan tidak lagi pada lokasi alun-alun, tetapi tepat pada lokasi terjadinya peristiwa Pertempuran Lima Hari di Semarang yakni berlokasi pertemuan antara Jl. Pemuda, Jl. Imam Bonjol, Jl. Dr. Sutomo, dan Jl. Pandanaran dan juga dengan bangunan Lawang Sewu. Letak lokasi ini tidak berubah hingga saat ini.

Khas Gresik, Gresik,
sumber gambar ; youtube.com

Diresmikannya Tugu ini adalah pada 20 Mei 1953 dimana bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional, oleh Ir. Soekarno selaku Presiden Republik Inonesia. Salim, Merupakan nama di balik pengerjaan desain Tugu ini, sedangkan relief pada Tugu dikerjakan oleh seniman yaitu Hendro. Adapun bangunan-bangunan yang ada disekitar Tugu Muda

Bentuk Tugu Muda

tugu muda
sumber gambar : https://biz.kompas.com/

Tugu ini berbentuk seperti layaknya tugu yang lain, berdiri tegak menyerupai lilin. Untuk detailnya sendiri Tugu ini berbentuk segi lima. Terdiri dari 3 bagian yaitu landasan, badan dan kepala. Keseluruhan dari Tugu ini adalah terbuat dari batu, lalu untuk memperkuat kesan Tugu, di sekiling dari Tugu ini dibuat sebuah kolam hias dan juga taman.

Baca Juga  Inilah, 3 Bangunan Tua bersejarah, Dari Peninggalan Belanda
Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.