Taman Bungkul, Taman kebanggaan warga Surabaya.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp
taman bungkul

Taman Bungkul merupakan taman yang di resmikan tanggal 21 Maret 2007 lalu, sejak di bukanya untuk umum pengunjung terus meningkat tidak hanya dari kalangan anak muda saja, pengunjung datang dalam segala usia dan latar belakang. Dengan padatnya pengunjung ini di sokong juga dengan lokasi taman yang strategis, faktanya di taman inilah letak titik nol kilometer yaitu titik tengah atau awal dihitungnya jarak ke semua arah di Kota Surabaya.

Latar Belakang Taman Bungkul

Nama dari taman ini konon di ambil dari julukan Ki Ageng Supo. Pada masanya Beliau merupakan seorang ulam, ulama di jaman Majapahit (abad XV) beliau merupakan saudara ipar Sunan Ampel. tak terdapat banyak buku yang menuliskan tentang Ki Ageng Supo ini dan asal-usul julukan yang di terimanya. Bahkan beberapa sumber menyebutkan ke tidak jelasan sejarah itu karena ada beberapa wersi nama Bungkul. Hingga saat ini makam Ki Ageng Supo tetap ada di dalam wilayah taman.

Untuk fasilitas sendiri Taman Bungkul tergolong lengkap untuk standart taman yang ada di setiap kota. Luas taman ini sendiri sekitar 900 meter persegi untuk fasilitasnya sendiri taman bungkul menyediakan :

  • Amfiteater dengan diameter 33 meter
  • Arena jogging track
  • Taman bermain untuk anak-anak serta kolam air mancur
  • Lahan untuk papan luncur (skateboard) dan BMX track
  • dan juga di lengkapi dengan akses internet nirkabel
  • dan banyak Pujasera atau pedagang kaki lima yang berjualan mengelilingi sepanjang taman
Khas Gresik, Gresik,
sumber gambar : beritabaik.com
Khas Gresik, Gresik,
sumber gambar : tribunnews.com

Jika di malam hari telah tiba, atau lebih-lebih di malam minggu atau malam libur hari besar tempat parkir yang juga beriringan dengan pujasera atau pedagang kaki lima pun menjadi penuh. Kebanyakan yang datang pun anak-anak remaja Surabaya, namun ada juga keluarga atau pun penikmat fasilitas skateboard atau BMX yang ikut serta meramaikan taman ini. Kuliner yang tersedia pun berbagai macam, mulai dari makanan khas Surabaya maupun dari luar daerah Surabaya. harganya juga tergolong berfariatif, mulai dari yang murah hinggal ada juga yang mahal.

Bagaimana, apakah teman-teman tertarik mengunjungi taman yang satu ini? Taman Bungkul bukanlah satu-satunya taman yang ada di Surabaya, masih banyak taman lain yang tak kalahj bagusnya dari taman ini. Jadi jika teman-teman sedang berkunjung jangan lupa untuk menikmati Fasilitas Kota yang satu ini ya.

Baca Juga  Wisata Pantai Mombhul Pulau Bawean Gresik
Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.