Ta’aruf Bareng PCNU, Lembaga Falakiyah Ingin Membumikan Ilmu Falak di Kota Gresik

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Gresik – Pengurus Lembaga Falakiyah (LF) PCNU Gresik menggelar ta’aruf dan orientasi perkhidmatan masa khidmah 2021-2026 di balai rukyat bukit Condrodipo, desa Kembangan, kecamatan Kebomas, Kamis sore (30/03/2022).

Hadir dalam acara tersebut, Dewan Pakar LFNU Gresik Abdul Muid Zahid dan M. Inwan Nudin. Ketua Muchyiddin dan Sekretaris Angga Purwancara. Selain itu, hadir juga dari unsur PCNU. Yakni, Wakil katib ‘Aam PCNU Gresik M. Yusuf Ali dan Wakil Ketua PCNU Gresik M. Syifaul Qulub.

Ta’aruf dan orientasi perkhidmatan ini bertema ‘Membumikan Falakiyah di Kota Santri”. Menurut Sekretaris LFNU Gresik, Angga Purwancara tema tersebut sesuai visi LFNU Gresik yang ingin ilmu falak bisa dipelajari masyarakat secara umum.

“Ilmu Falak itu mengkaji hal-hal atau benda di langit. Ilmu ini tinggi, dibutuhkan akurasi data dan hitungan yang tepat. Inilah yang membuat persepsi di masyarakat bahwa falak secara umum sulit dipelajari,”ujarnya.

Oleh karena itu, Angga menambahkan, LFNU Gresik akan turba ke tingkat MWC NU dan lembaga pendidikan se-kabupaten Gresik. Bahkan pihaknya juga ingin menyasar juga ke kalangan umum dengan konsep yang sederhana seperti ‘Ngopi Astronomi’ yang pernah dilakukan pada tahun lalu.

“Kami ingin merubah persepsi masyarakat bahwa Falak itu mudah dipelajari selama ada pendampingnya dengan metode tertentu. Ini menjadi tugas kami untuk melakukan simplifikasi dari teori, metode dan praktiknya agar masyarakat umum tertarik dengan ilmu falak,”tambahnya.

Sementara, Wakil Ketua PCNU Gresik M. Syifaul Qulub diakhir sambutannya meminta bahwa tema yang dibawakan pada acara ta’aruf tidak hanya sekedar tema. Melainkan dilakukan secara serius karena outputnya nanti akan melahirkan kader-kader NU dibidang falak.

“Semoga membumikan falakiyah di Kota santri ini tidak hanya menjadi tagline yang keren. Tetapi menjadi goal dari program kerja LFNU Gresik selama masa khidmat 2021-2026,”tutupnya.

Baca Juga  Wakil Bupati Hadiri Sedekah Bumi Desa Pacuh
Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.