Stasiun Gubeng, Stasiunnya arek Surabaya.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp
stasiun gubeng

Stasiun dengan kode SGU ini populer dengan nama Stasiun Gubeng, Stasiun Gubeng Surabaya merupakan stasiun kereta api kelas besar yaitu tipe A yang terletak di kelurahan Pacar Keling dan kecamatan Tambaksari, Surabaya. Ya, meskipun stasiun ini bernama Gubeng tetapi faktanya malah stasiun ini berada di sebelah utara Kecamatan Gubeng dan berada di Kecamatan Tambaksari.

Latar belakang Stasiun Gubeng

Stasiun ini memang bukan satu-satunya yang ada di Surabaya, namun stasiun ini menjadai stasiun utama di Surabaya dan juga Jawa Timur. seperti stasiun yang lainnya Gubeng juga di bawah pengelolaan PT Kereta Api Indonesia (Persero). keberangkatan dan kedatangan utama yang melalui jalur selatan dan timur Pulau Jawa berada di stasiun kereta api yang satu ini, lalu untuk kereta api yang melalui jalur utara seperti kereta jurusan Jakarta melalui Semarang, sebagian besar keberangkatan dan kedatangan dilayani di Stasiun Surabaya Pasarturi.

stasiun gubeng
gambar sumber : nusadaily.com

Sejarah Stasiun Gubeng

Stasiun ini juga di resmikan pada 16 Mei 1878, dimana pada awal peresmiannya menjadi salah satu bagian dari proyek pembangunan jalur kereta api Surabaya – Pasuruan. Stasiun ini juga merupakan salah satu stasiun milik Staatsspoorwegen perusahaan kereta api di Hindia Belanda.

Bangunannya pun mendapatkan renovasi beberapa kali, yang pertama di lakukan adalah renovasi terhadap kanopi pereon yang di lakukan pada tahun 1905 lalu setelah itu pada tahun 1928 renovasi lobi bangunan utama. Lalu mendapatkan perubahan besar-besaran pada 1970-1980 yaitu perubahan pada sistem yang awalnya menggunakan sistem mekanik menjadi menggunakan sistem elektrik. setelah itu bangunan stasiun baru seluas 13.671 persegi rampung pada 7 Juni 1996 di bangun letaknya di sisi timur rel kereta api dengan tampang yang lebih modern dan lebih luas di bandingkan bangunan lama, menurut kabar yang beredar bangunan stasiun baru ini menelan biaya kurang lebih sebesar Rp1,5 miliar.

Khas Gresik, Gresik,
Bangunan baru, sumber gambar : rumahartikel.info
Khas Gresik, Gresik,
sumber gambar : jawapos.com
Baca Juga  Mengenal PT HM Sampoerna Tbk
Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.