Sistem Operasi Linux beserta 3 Keuntungan dan Kekurangannya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Linux merupakan sistem operasi pada komputer yang dapat dijalankan di berbagai hardware seperti laptop, smartphone, sampai komputer. Untuk komputer, Linux digunakan sebagai sistem operasi layaknya Windows. Akan tetapi, sistem operasi linux digunakan pada komputer server.

Khas Gresik, Gresik,

Sebesar 90% internet sangat didukung oleh server Linux. Selain itu, 80% Sistem operasi yang berjalan pada smartphone di seluruh dunia dibuat menggunakan kernel Linux. Berikut kelebihan dan kekurangan sistem operasi linux yang dapat menjadi penopang berbagai macam perangkat saat ini.

Keuntungan Sistem Operasi Linux dibandingkan dengan sistem operasi lain

teknologi

Open source (Gratis)

Keuntungan yang  pertana dalam sistem operasi ini adalah open source (Gratis). Hal tersebut menyatakan bahwa untuk dapat menggunakan sistem operasi ini tidak dibutuhkannya lisensi yang biasanya dibeli dengan harga yang mahal, seperti halnya ketika membeli lisensi sistem operasi Windows. Dari keuntungan tersebut membuat operasi ini banyak digunakan pada server atau sistem operasi di berbagai perangkat. Karena sistem operasi ini gratis banyak sekali yang memakainya sesuai dengan kebutuhan dari setiap orang. Hal ini tentunya sangat menguntungkan banyak pihak untuk dapat memanfaatkan teknologi ini dengan mudah.

Kebal Terhadap Malware

Sistem operasi Linux kebal terhadap malware daripada sistem operasi lainnya. Hal itu dikarenakan keamanan Linux terhadap serangan malware dapat dijamin berada di beberapa tingkat di atas sistem operasi lainnya. Jadi tidak berarti Linux tidak dapat diserang oleh malware sama sekali. Hanya saja dalam penyerangan malware risiko yang diakibatkan lebih kecil dari pada yang lainnya, seperti Windows. Hal ini dikarenakan Linux mewajibkan penggunanya untuk dapat menjadi https://khasgresik.com/wp-content/uploads/2022/01/IMG-20220114-WA0032.jpg terlebih dahulu jika ingin menjalankan program atau mengekseskusi kode tertentu.

Mempunyai Aplikasi Bawaan Lengkap

Sistem operasi Linux dibekali dengan beberapa aplikasi bawan yang relatif lengkap ketika kita hendak menginstallnya untuk pertama kali. Bahkan apabila pengguna menginginkan sistem operasi untuk tujuan tertentu, aplikasi yang dibutuhkan saat itu mungkin sudah ada di dalam sistem operasi Linux. Selain itu, aplikasi yang umum digunakan oleh orang-orang di Windows seperti office, pengarsipan, dan multimedia sudah dapat dipastikan tersedia di dalam sistem operasi ini.

Baca Juga  Sangat Populer, 7 Produk Google Paling Banyak digunakan di Dunia

Didukung dengan driver yang handal

Permasalahan pada proses instalasi driver sering terjadi masalah pada sistem operasi lain. Namun, pada sistem operasi Linux tidak ditemukan hal tersebut. Hal ini dikarenakan Linux sudah memiliki dukungan driver yang meluas dan berkembang. Anda tidak perlu repot dalam menginstal driver atau khawatir driver yang terinstal tidak bekerja dengan baik sehingga dapat menghampat pekerjaan Anda.

Kekurangan OS Linux

Khas Gresik, Gresik,
sumber : akdawami.wordpress.com

Kelebihan Linux tidak otomatis membuat sistem operasi ini menjadi yang paling tangguh dan tidak punya cela. Linux tetap memiliki kekurangan jika dibandingkan dengan sistem operasi lain, dari segi tampilan dan penggunaan.

Kelebihan yang dimiliki Linux tidak secara otomatis membuat sistem operasi ini menjadi yang paling baik dan tidak memiliki satu pun kekurangan. Karena pada dasarnya tidak ada sistem yang sempurna, semua pasti memiliki celah. Linux juga mempunyai kekurangan apabila dibandingkan dengan sistem operasi lain dari segi user interface dan penggunaan.

Interface yang sedikit rumit

Interface yang ada pada Linux mengharuskan penggunanya untuk dapat cepat beradaptasi dan belajar terlebih dahulu tentang terminal, root, dan urusan yang lainnya. Bagi anda yang belum pernak sama sekali menggunakan sistem operasi ini, mungkin akan sedikit kesulitan di awal dalam memahami sistem kerja Linux. Terlebih lagi Linux mempunyai beberapa kode perintah untuk dapat menjalankan suatu aplikasi atau program.

Kurang Mendukung untuk Game

Kekurangan yang selanjutnya yaitu Linux merupakan sistem operasi yang tidak banyak mendukung gaming pada komputer maupun laptop. Hanya sedikit game yang dapat dijalankan pada platform ini. Hal itu menyebabkan pengguna yang sering bermain game pada laptop atau komputer tidak disarankan menggunakan sistem operasi ini.

Beberapa Versi Linux Tidak Cukup Memiliki Aplikasi Bawaan

Beberapa jenis pada Linux juga mempunyai bawaan yang cukup sedikit apabila dibandingkan dengan sistem operasi yang lain. Hal tersebut disebabkan pengembangan aplikasi pada Linux membutuhkan waktu yang lama sehingga pengguna diharuskan bersabar untuk menunggu update sistem pada OS ini.

Keuntungan dan kekurangan Linux akan membantu Anda dalam memutuskan sistem operasi mana yang akan digunakan di laptop atau komputer Anda. Pada dasarnya, tidak ada sistem operasi yang benar-benar bagus, cukup sempurnakan untuk kebutuhan Anda.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.