Sakit Gigi di Malam Hari? Ini Dia 6 Cara Mengatasinya

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on pocket
Pocket
Share on whatsapp
WhatsApp

Sakit gigi merupakan suatu hal yang sangat dibenci oleh kebanyakan orang. Pasalnya gangguan kesehatan yang satu ini memang sangat menyakitkan bagi penderitanya.

Tidak hanya sulit untuk makan tetapi juga akan mempengaruhi kesehatan bahkan juga dapat mempengaruhi suasana hati Anda.

Apalagi hal tersebut terjadi di saat malam hari, pasti akan membuat Anda sulit untuk tidur karena harus menahan rasa nyeri yang menyakitkan itu.

Cara Mengatasi Sakit Gigi pada Malam Hari

Jika hal tersebut terjadi pada Anda, berikut 6 cara yang mungkin bisa Anda dijadikan pertolongan pertama untuk meredakan rasa nyeri sebelum pergi ke dokter:

Kompres Menggunakan Es Batu

sakit gigi
es batu

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah kompres menggunakan es batu. Karena biasanya akan ada pembekakan di daerah gigi yang sakit. cara yang satu ini tergolong yang paling sederhana dan mudah.

Selain mengurangi pembengkakan, mengompres pakai Es juga dapat mengurangi rasa nyeri dan pendarahan di dalam jaringan gusi.

Caranya Anda hanya perlu membungkus es batu menggunakan kain lalu tempelkan pada pipi yang bengkak kurang lebih 20 menit. Ulangi sampai rasa nyeri dan bengkaknya berkurang.

Kumur Menggunakan Air Garam

sakit gigi
larutan air garam

Jaman dulu berkumur air garam merupakan cara paling populer dan banyak dipakai sebagian orang untuk mengobati sakit gigi. dikarena air garam dapat membantu meredakan rasa sakit dan peradangan pada gusi dan gigi.

Caranya Anda perlu menyiapkan 1-2 sendok makan garam dapur yang kemudian larutkan ke dalam segelas air hangat. Setelah itu pakailah untuk berkumur kurang lebih 30 detik lalu buang.

Obat Pereda Nyeri

sakit gigi
obat pereda nyeri

Untuk meredakan nyeri pada gigi Anda yang sakit cobalah minum obat pereda nyeri seperti ibuprofen atau paracetamol yang dijual bebas.

Menggunakan Bawang Putih

sakit gigi
bawang putih

Kandungan senyawa alisin yang ada pada bawang putih dapat digunakan untuk meredakan nyeri pada gigi yang sakit. Senyawa tersebut merupakan efek anti bakteri yang sangat kuat sehingga dapat mengurangi bakteri didalam mulut Anda.

Baca Juga  Tips Mempelajari Bahasa Asing

Caranya cukup hancurkan bawang putih lalu oleskan pada area gigi yang sakit atau bisa langsung Anda kunyah.

Menggunakan Cengkeh

sakit gigi
cengkeh

Anda juga bisa memanfaatkan cengkeh untuk mengobati sakit gigi. Kandungan senyawa eugenol pada cengkeh merupakan antiseptik alami.

Caranyanya Anda cukup merendam cengkeh ke dalam air. kemudian gunakan air tersebut untuk berkumur atau gunakan kapas untuk mengoleskan air rendaman cengkeh ke gigi yang sakit.

Menggunakan Daun Jambu Biji

sakit gigi
daun jambu biji

Ternyata daun jambu biji juga bisa Anda pakai untuk pengobatan darurat saat sakit gigi. hal itu dikarenakan sifat anti inflamasi yang terdapat pada daun jambu biji bisa membantu menyembuhkan luka.

Caranya Anda hanya perlu mengunyah daun jambu biji segar yang sudah dibersihkan atau bisa juga direbus untuk dijadikan obat kumur.

Cara Mencegah Sakit Gigi

Jika ingin terhindar dari gangguan kesehatan gigi, cobalah untuk rutin menjaga kebersihan serta kesehatan gigi dan mulut Anda. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah sakit gigi:

Sikat Gigi Dua Kali Sehari

Wajib bagi kita untuk menyikat gigi paling tidak dua kali sehari. Kita juga harus teratur meyikat gigi kita misalnya sebelum tidur dan sesudah sarapan.

Apabila kita habis makan makanan yang asam sebaiknya jangan langsung menyikat gigi, paling tidak tunggulah 30 menit dulu. Karena minuman dan makanan asam dapat mengikis enamel gigi dan lapisan dentin sehingga dapat merusak gigi kita.

Melakukan Teknik Menyikat Gigi Dengan Benar

Kebanyak orang masih sering melakukan kesalahan pada saat menyikat gigi mereka. Karena itu kita perlu mengetahui teknik menyikat gigi dengan benar seperti:

  • Meletakkan bulu sikat pada permukaan gigi dekat tepi gusi dengan posisi 45 derajat. Mulailah menyikat gigi bagian geraham atas atau bagian belakang di salah satu sisi mulut kita dengan gerakan melingkar dari atas ke bawah selama 20 detik di setiap bagiannya.
  • Untuk membersihkan bagian dalam gigi depan, kita harus memegang sikat gigi secara vertikal atau menggunakan ujung kepala sikat dengan gerakan melingkar dari tepi gusi sampai atas gigi.
  • Lakukan gerakan ini berulang sebanyak 2-3 kali. Jangan menyikat gigi terlalu keras, karena hal tersebut akan berdampak buruk pada gusi dan gigi kita.

Jika semua permukaan gigi sudah disikat dengan baik bilas dengan air sampai bersih. Butuh 2 sampai 3 menit agar bisa menyikat keseluruhan gigi kita dengan bersih.

Baca Juga  3 Tips Memilih Ikan Tongkol Yang Masih Segar

Memilih Sikat dan Pasta Gigi yang Tepat

Kita juga perlu memilih sikat dan pasta gigi yang tepat misalnya sikat gigi yang digunakan harus berbulu halus dan lentur sedangkan pasta gigi yang mengandung Pro-Fluoride. Tidak lupa untuk memilih kepala sikat yang pas dengan rongga mulut kita.

Flossing Gigi

Flossing gigi merupakan metode lain membersihkan gigi selain menggosok gigi yang dianggap lebih aman dibandingkan membersihkan gigi menggunakan tusuk gigi.

Rutin Periksa ke Dokter Gigi

Agar kita terhindar dari sakit gigi dan gigi kita semakin sehat, kita harus melakukan pemeriksaan ruti ke dokter gigi setidaknya setiap 6 bulan sekali.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on pocket
Pocket
Share on whatsapp
WhatsApp

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.