Banten Provinsi Muda yang Lahir pada tahun 2000

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on pocket
Pocket
Share on whatsapp
WhatsApp
provinsi banten

Banten yang merupakan bagian dari Pulau Jawa adalah sebuah Provinsi dari beberapa Provinsi yang ada di di Pulau Jawa letaknya paling barat dari Pulau ini. Provinsi Banten juga pernah menjadi bagian dari Provinsi Jawab Barat hingga akhirnya menjadi wilayah pemekaran dengan menjadi Provinsi sendiri. Kota Serang merupkan pusat pemerintahannya sekaligus menjadi Ibu Kota Provinsi. Suku Banten juga salah satu Suku asli yang mendiami wilayah ini. Mari kita bahas satu persatu.

Sejarah Provinsi Banten

Bantam, begitulah dulu Provinsi Banten dikenal, nama Bantam ini melekat dan menemani masa lalu Kota Banten sebagai Kota pelabuhan yang amat sangat ramai. Pada saat itu masyarakat Banten di kenal sangat makmur dan mempunyai pemikiran terbuka.

Pada masa kerajaan di Pulau Jawa yaitu di abad ke-5, wilayah ini menjadi bagian dari Kerajaan Tarumanegara. cerita ini diperkuat dengan ditemukannya Prasasti Cidanghiyang atau sering dijuluki prasasti Lebak, yang ditemukan di perkampungan Lebak tepi Ci Danghiyang, Kecamatan Munjul, Pandeglang, Banten.

Pada awalnya di abad ke-17 Masehi, Banten merupakan salah satu pusat perniagaan penting dalam kawasan perniagaan internasional di Asia. Dalam masa kolonial, daerah banten menjadi tempat persaingan antara pedagang eropa, awalnya persaingan ini dimulai dengan orang-orang Perancis, Portugis, Inggris, dan Denmark. Lalu setelah kedatangan Belanda di Banten, ia langsung menguasai Banten dengan cepat, setelah mengetahui kedatangannya Belanda sebagai ancaman Orang Portugis melarikan diri dari Batam tahun 1601, pelarian ini dipicu oleh armada mereka yang dihancurkan oleh armada Belanda di perairan Banten. Begitupun dengan yang lain tersingkirkan setelah kedatangan Belanda.

Provinsi ini juga salah satu yang menjadi Provinsi termuda, karena sejak keputusan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2000 provinsi ini menjadi wilayah pemekaran. Pusat Pemerintahannya sendiri berada di Kota Serang.

Suku, kebanyakan Provinsi ini memiliki masyarakat bersuku Banten, Suku asli dari wilayah mereka, dan juga campur dengan Suku Sunda yang sudah lama menyebar di wilayah Jawa Barat termasuk Banten. Lalu juga ada Suku Baduy Dalam yang merupakan suku asli Sunda yang menetap di Banten suku ini dapat di jumpai di kawasan Cagar Budaya Pegunungan Kendeng yang mana berada di daerah Kanekes.

Bahasa, seperti yang sudah dikutip yaitu suku Baduy yang merupakan suku Sunda Banten, bahasa ini masih banyak yang digunakan oleh masyarakat Banten, bahasa ini yang paling terkenal masih mempertahankan lebih banyak kosakata dari bahasa Sunda Kuno dan bahasa sunda yang satu ini mempunyai perbedaan dengan bahasa Sunda yang biasa dipergunakan Orang Sunda kebanyakan seperti di wilayah Priangan. Namun seiring bertambahnya penduduk pendatang dari wilayah dan suku lain, menambah keragaman bahasa di wilayah Banten.

Baca Juga  Pemilu 2024, Gerindra Optimis Raih 12 Kursi di DPRD Gresik

Mungkin itu saja perkenalan singkat dengan Provinsi Banten, semoga artikel ini bisa menambah wawasan teman-teman mengenai setiap wilayah yang ada di Indonesia.

provinsi banten
Lambang Provinsi Banten, sumber gambar : https://referensiberita.pikiran-rakyat.com/
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on pocket
Pocket
Share on whatsapp
WhatsApp

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.