Sejarah singkat Al-akbar, Masjid terbesar ke-2 di Indonesia.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp
al-akbar

Masjid yang biasa di panggil dengan nama Masjid Agung Surabaya ini mempunyai nama resmi Masjid Al-Akbar Surabaya, nama ‘Agung’ sendiri di berikan karena mempunyai makna besar atau megah. Ya betul, Masjid ini merupakan masjid terbesar ke dua di Indonesia dan menjadi yang pertama di kota asalnya yaitu Surabaya. Loaksinya sendiri berada di wilayah Surabaya bagian selatan lebih tepatnya di wilayah Kelurahan Pagesangan, Kecamatan Jambangan, dan lokasinya pun dekat dengan jalan Tol Surabaya – Gempol

Cerita Singkat Masjid Al-Akbar

Masjid Agung Surabaya atau Masjid Al-Akbar ini mulai di bangun sejak tanggal 4 Agustus 1995, pembangunan ini dimulai atas gagasan sang Wali Kota Surabaya pada saat itu yaitu H. Soenarto Soemoprawiro. Pembangunan MAsjid ini di tandai dengan peletakkan batu peretama oleh Wakil Presiden RI Try Sutrisno. Lalu karena di sebabkan krisis moneter pembangunanya di hentikan untuk sementara waktu pada tahun 1999, dan di bangun kembali dan selesai pada tahun 2001. pada 10 November 2000, masjid ini di resmikan oleh Presiden RI KH. Abdurrahman Wahid.

Bentuk Fisik Masjid Al-Akbar

Jika di lihat secara seksama, bentuk fisik dari Masjid Al-Akbar sendiri mempunyai luas bangunan dan fasilitas penunjang Masjid adalah 22.300 meter persegi, dengan rincian panjang 147 meter dan lebar 128 meter. Bentuk atapnya sendiri terdiri dari 1 kubah besar yang di dukung 4 kubah kecil berbentuk limasan serta 1 menara. Keunikan bentuk masjid Al-akbar ini terletak pada bentuk kubah yang hampir menyerupai setengah telur dengan 1,5 layer yang memiliki tinggi sekitar 27 meter.

al-akbar
tampak atas masjid al-akbar, sumber : https://surabaya.liputan6.com
  • Kubah Masjid
    Rangka kubah Masjid ini dibuat menggunakan besi baja dengan sistem struktur segitiga yang di sambung-sambung. penutup dari kubah ini pun terdiri dari beberapa lapis yaitu atap kedap air (AKA), ESP dan penutup plafon. AKA merupakan bentuk segmen-segmen yang menumpu pada konstruksi space frame yang ada di bawahnya, lalu untuk ESP sendiri merupakan plat baja yang dicoating atau diwarnai, lalu di potong-potong yang pada akhirnya sebagai cover penutup atap, ESP ini di desdain khusus supaya atap Masjid Al-Akbar Surabaya mempunyai kemampuan tahan panas, hujan lalu tahan karat juga.
  • Menara Masjid
    6 buah menara sudah di rencanakan sejak awal pembangunan, namun di karenakan pertimbangan-pertimbangan yang sifatnya teknis dan juga biaya, maka di putuskan menara hanya di buat satu. Menara ini berdiri tegak dengan ketinggian 99 meter yang puncaknya mempunyai fasilitas view tower yang bisa memuat 30 orang, dan untuk menuju ke tower ini sudah di sediakan juga lift.
Khas Gresik, Gresik,
kubah Masjid, sumber gambar : https://www.kontraktorkubahmasjid.com/
Khas Gresik, Gresik,
DCIM\100MEDIA\DJI_0059.JPG
Baca Juga  3 Jenis Batu Akik Paling Terpopuler
Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.