Penjelasan Addon Domain, Keuntungannya dan Kerugiannya

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on pocket
Pocket
Share on whatsapp
WhatsApp

Addon Domain

Addon Domain adalah domain yang ditambahkan ke host domain yang ada yang telah diinstal sebelumnya. Oleh karena itu, Addon Domain adalah domain yang kedua, ketiga, dan seterusnya. Saat membuatnya, beberapa akun dibuat secara otomatis, seperti File Transfer Protocol (FTP).

Anda tidak perlu membeli host baru untuk membuat situs web di domain baru. Folder baru akan dibuat di public_html, didedikasikan untuk menempatkan file domain tambahan situs web untuk memisahkannya dari domain utama.

Karena domain tamabahan menambahkan domain baru ke domain yang dihosting yang ada, sumber daya yang ada juga dibagi menjadi dua bagian. Semua sumber daya (seperti ruang disk, bandwidth, dll.) Dibagi menjadi dua bagian.

Meskipun cPanel dibagi menjadi dua, hanya ada satu, sehingga Addon Domain tidak dapat mengakses cPanel. Akses CPanel hanya dapat dilakukan menggunakan akun domain primer.

Singkatnya, fungsi Addon Domain memiliki fungsi yang sama dengan domain utama. Hanya saja Addon Domain tidak dapat mencapai batasan tertentu. Salah satunya tidak memiliki cPanel sendiri.

Keuntungan

Fitur ini memiliki konsep yaitu membuat multiple domain atau website didalam satu akun web hosting. Domain tambahan menggunakan space dan bandwidth akan saling berbagi dengan domain utama.

Dapat dikatakan penggunaan domain ini akan lebih mengoptimalkan penggunaan space dan bandwidth, tetapi akan terjadi apabila space dan badwidth yang masih cukup banyak tersisa.

Penghematan pengeluaran merupakan keuntungan lain dari domain tambahan karena pemilik hosting tidak diperlukan untuk membeli hosting baru, dan dapat menggunakan domain tambahan.

Pada domain ini mempunyai FTP manager, mulai dari statistik situs dan akun email sendiri akan ada secara otomatis. Akan tetapi tetap bahwasannya FTP manager terdapat pada cpanel domain yang utama, karena addon domain tidak memiliki cpanel sendiri sehingga apabila login akan diarahkan ke cpanel domain utama.

Kerugian

Penggunaan domain tambahan tidak dapat menggunakan space dan bandwidth yang terlalu banyak dikarenakan domain tambahan menggunakan sisa space dan badwidth dari domain utama. Apabila memakai terlalu banyak bandwidth dapat menghabiskan kuota bandwidth utama sebelum tanggal rollback, sehingga domain utama akan tersuspensi dan otomatis addon domain akan ikut tersuspensi.

Jadi suspensi yang dimaksud disini adalah website tidak dapat diakses hingga penambahan pada bulan depan bandwidth dirollback (meter penggunaannya dikembalikan ke nol).

Baca Juga  HP Lemot? Inilah 7 Penyebab dan Cara Mengatasinya

Selain pengaruh dari bandwidth, addon domain juga berpengaruh terhadap pemakaian space. Jika space yang digunakan berlebih sehingga memenuhi disk space usage domain utama, maka akan mengganggu aktivitas pengiriman email. Semua email yang masuk ke akun email website akan ditolak dikarenakan space disk sudah penuh.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on pocket
Pocket
Share on whatsapp
WhatsApp

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.