Pengertian SubDomain

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp
subdomain

domainSubdomain adalah bagian dari domain yang tampil pertama yang sering orang bilang dengan istilah “www” sebelum domain utama dan ekstensi domain atau bagian dari sebuah nama domain induk, Subdomain umumnya mengarah ke suatu alamat fisik di sebuah situs, sebagai contoh: http://rajakreatif.com/, kelas/ menjadi sebuah sub-domain http://kelas.rajakreatif.com, Setelah mengetahui apa pengertian subdomain, Anda juga harus mengetahui apa fungsi-fungsi subdomain. Secara garis besar, fungsi subdomain adalah, untuk membagi satu situs website menjadi beberapa bagian. Dengan adanya sub-domain, maka Anda dapat membuat halaman baru namun tetap masih menggunakan nama domain yang sama. Dan Karena Anda sudah memiliki domain rajakreatif.com, maka sub-domain untuk Domain itu tidak membutuhkan biaya tambahan. Anda pun dapat membuat sub-domain tanpa kesulitan sama sekali.

Sub-domain biasanya digunakan agar konten yang berada di dalamnya tidak tercampur dengan konten utama dari website yang dimiliki oleh user anda. Jika Anda memiliki toko online namun Anda juga ingin memberikan edukasi tentang barang yang Anda pasarkan, Anda dapat membuat sub-domain. Dengan adanya sub-domain ini, Anda tidak akan bingung menempatkan artikel tanpa merusak estetika toko online Anda.

subdomain
sumber gambar : blog.hubspot.com

Kegunaan Subdomain

Adapun sub-domain tidak hanya digunakan untuk memisahkan konten khusus dari domain utama Anda, Namun sub-domain memiliki manfaat lain.
Kegunaan sub-domain diantaranya sebagai berikut:

Search engine melihat sub-domain sebagai website yang sangat unik dimana dia tidak terhubung dengan domain utama Anda. tentunya Hal ini berarti, peringkat dari subdomain Anda juga bisa naik dan bahkan menjajari domain utama. Dan tentunya, hal ini berarti Anda bisa menggeser turun beberapa website pesaing bisnis yang memiliki produk barang atau jasa yang serupa dengan milik anda.

Jika digunakan dengan benar, sub-domain juga bisa langsung terindeks dengan cepat dan mendapatkan manfaat dari domain utama.

Perlu Anda ketahui, bahwa dalam satu alamat domain Anda dapat menambahkan banyak komponen subdomain. Hal tersebut tentu dapat menghemat biaya yang harus dikeluarkan oleh anda untuk mengembangkan beberapa halaman website anda.

Banyak sekali perusahaan-perusahaan yang memanfaatkan sub-domain untuk menambahkan beberapa halaman lain di websitenya. Entah untuk membuat website dengan versi bahasa lain, membuat halaman untuk cabang perusahaan, membuat website versi mobile,membuat halaman karir, menyediakan halaman blog, dan masih banyak lainya.

Secara teori, anda dapat memiliki sub-domain sebanyak yang Anda butuhkan di bawah domain Anda,  akan tetapi beberapa web yang lebih murah mungkin membatasi jumlah maksimum yang diizinkan untuk Anda buat.

Baca Juga  5 Kriteria Seorang Spesialis Sosial Media

Anda bisa menjadi sekreatif yang Anda suka dengan sub-domain Anda dan hanya dibatasi oleh imajinasi dan kebutuhan Anda. Beberapa orang tidak pernah membutuhkan sub-domain sedangkan yang lain membuat aliran sub-domain yang tampaknya tak ada habisnya.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.