Pengertian Redirect Domain dan 2 jenisnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp
redirect domain

Redirect Domain adalah cara untuk membawa surfer web ke situs lain. Karena alih-alih membuat pengguna mendapatkan pesan error yang menyatakan bahwa halaman tidak dapat ditemukan, Anda dapat mengarahkan mereka ke halaman yang membantu mereka untuk menemukan apa yang dicari. Ini sangat berguna karena itu artinya kita tidak perlu memiliki situs web terpisah untuk setiap URL situs yang kita kelola.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, redirect adalah cara untuk meneruskan pengunjung dan mesin pencari dari satu URL ke URL lainnya. Ini berguna saat kita sebagai pengelola situs memindahkan konten ke URL baru, saat menghapus halaman atau ketika mengubah nama domain atau menggabungkan situs web.

Adapun macam-macam manfaat Redirect Domain adalah sebagai berikut:

1. mempersingkat URL. Seringkali situs web menggunakan kueri besar sehingga url menjadi sangat panjang untuk kita ingat. Ini bisa dibuat jadi lebih sederhana dengan melakukan pengalihan.

2. Layanan pengalihan URL sering memungkinkan Anda untuk memberikan nama yang bermakna ke URL yang dipersingkat. Jadi mari kita gunakan layanan pengalihan URL dan beri nama sesuatu yang lebih pendek tetapi lebih mudah diingat.

3. Sebagian besar layanan pengalihan URL yang layak menggunakan 301 redirect (direct redirect) directive untuk meneruskan browser ke lokasi aktual. Ini memiliki manfaat tambahan dengan meneruskan peringkat halaman ke URL tujuan, sehingga membuat halaman asli lebih penting (peringkat halaman bijaksana) di mata mesin pencari. Namun Anda harus benar-benar memverifikasi fitur ini sebelum mengadopsi layanan pemendek URL. Saya tahu pasti tinyurl melewati pagerank dengan cara ini.

4. Pengalihan URL sangat berguna untuk mengaburkan URL sumber. Anda dapat menggunakan layanan pengalihan URL untuk tidak hanya mempersingkat dan membuatnya lebih bermakna tetapi juga membuatnya lebih sulit untuk dikenali hanya dengan melihatnya atau dimanipulasi oleh orang jahat. Pemasar afiliasi sering menggunakan layanan pengalihan URL karena alasan ini. Banyak skrip berbahaya yang berada di browser dan / atau sistem operasi yang dikompromikan (baca windows) diketahui mengenali dan memodifikasi tautan afiliasi untuk menguntungkan pemiliknya.

5. Banyak layanan pengalihan URL seperti bit.ly, misalnya, menyediakan akses ke data klik dan lalu lintas melalui API. bit.ly, dalam hal ini mengekspos data menggunakan antarmuka REST. Ini memungkinkan Anda untuk melapisi produk dan layanan Anda sendiri di atas layanan tersebut.

Baca Juga  Pengertian dan 5 jenis Domain

6. Setiap kali sebuah layanan menjadi populer, pendapatan pasti akan mengikuti. Adjix adalah salah satu layanan yang memungkinkan Anda memperoleh penghasilan dari URL singkat yang Anda poskan di twitter menggunakan layanan mereka. Jadi, jika Anda seorang twitterer mania, Anda bisa mendapatkan sesuatu untuk usaha Anda juga dan tanpa biaya tambahan. Sayangnya Adjix menggunakan frame untuk menayangkan iklan di konten lain yang dianggap tidak etis dan juga tidak adil untuk situs web lain tersebut. Secara pribadi saya tidak merekomendasikan Adjix. Setelah mengatakan bahwa ada cara lain di mana layanan pemendek url dapat dimonetisasi secara etis. Nanti jika ada kesempatan, akan kita bahas lagi.

7. Ambil Google sebagai contoh. Untuk menjaga keamanan dan enkripsi, mereka telah begitu maju dengan menggunakan URL yang pasti. Kita bahkan mungkin bisa mengadakan kontes untuk mengingat URL sesi google tertentu, dan orang yang menang di kontes ini akan diberikan penghargaan memori paling tajam. Lol. Tapi di sini ada kekurangan yang jelas terlihat juga. Untuk mewakili hierarki data, struktur perintah, jalur transaksi, dan informasi sesi, bahkan URL tetap (yang tidak terikat satu sesi) dapat terlihat sangat aneh dan tidak mungkin diingat. Itulah sebabnya, Anda dapat memilih layanan Pengalihan URL untuk membuatnya pendek dan tepat dan juga mudah diingat, Anda dapat memberikan pengunjung ide samar tentang apa yang akan dikliknya.

8. Saya yakin Anda belum pernah mendengarnya, bukan? Menariknya, salah satu tinyurl adalah layanan pengalihan URL paling awal dan paling populer juga dapat digunakan sebagai database berbasis web yang besar, sebuah Hashtable persisten sederhana jika Anda mau. Inilah cara Anda dapat menggunakan tinyurl untuk menyimpan secara online database besar secara anonim.

Khas Gresik, Gresik,
redirect domain pada Menu Domain di cPanel

Jenis Redirect Domain

1. Redirect 301
Redirect domain 301 sangat penting dilakukan jika sedang dalam kondisi seperti:

  • Redirect domain 301 sangat penting dilakukan jika sedang dalam kondisi seperti,
    Ketika mengganti nama domain website ke yang baru
  • Apabila ingin membuat URL situs perusahaan menjadi terpusat, meskipun kita memiliki beberapa website yang berbeda. Dalam hal ini kita bisa menjadikan domain dengan peringkat terbaik sebagai website utama, sisanya bisa dialihkan dari sini.
  • Ketika kita memiliki 2 halaman situs yang sama atau sejenis dan ingin menaikkan peringkat salah satunya.

2. Redirect 302 Temporary
Redirect  302 ini dapat dilakukan pada kondisi website kita sebagai berikut:

  • Sedang menjalankan maintenance
  • Ketika kita menginginkan url asli tetap diindeks namun agar pengguna mengunjungi halaman yang lain.
  • Apabila page yang mengandung penjualan ada pada page tujuan.

Baca Juga  Penjelasan Addon Domain, Keuntungannya dan Kerugiannya

Itulah, beberapa penjelasan mengenai Redirect Domain. Semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan teman-teman. Terima kasih.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.