Lengkap, Inilah Pengertian & Sejarah Mudik Lebaran

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp
mudik

Bicara mengenai mudik? Mudik adalah sebuah istilah di bulan Ramadan yang identik dengan pergi ke kampung halaman saat momentum Lebaran.

Meski demikian, mungkin masih banyak yang ingin tahu mengenai pengertian mudik. Lantas, apa pengertiannya? Seperti apa asal-usul istilah mudik? Langsung saja, simak ulasannya.

Pengertian Mudik Menurut KBBI

Merilis dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), istilah mudik memiliki beberapa makna. Yakni tergantung pada penggunaan kata tersebut. Berikut kami lampirkan arti mudik menurut KBBI.

Sejarah Istilah Mudik

Khas Gresik, Gresik,

Dirilis dari tulisan Bambang B. Soebyakto dengan judul ‘Mudik Lebaran’ yang telah tercantum pada Jurnal Ekonomi Pembangunan. Yakni mudik berasal dari kata ‘udik’ yang memiliki arti desa.

Mudik Lebaran pada umumnya dilakukan oleh masyarakat perantauan yang bertempat tinggal jauh dari kampung halaman mereka.

Mudik tersebut biasanya dilakukan pada 7 (tujuh) hari sebelum Lebaran hingga 7 (tujuh) hari sesudah hari raya Idul Fitri.

Namun, secara budaya, kegiatan mudik Lebaran tersebut terpaku pada kemenangan yang diperoleh umat muslim setelah sebulan menunaikan kewajiban ibadah puasa.

Pengertian daripada mudik lainnya adalah perpindahan spontan dan bersifat sementara yang dikategorikan sebagai ‘temporarily migration‘.

Pemudik seringkali bepergian atau pindah dari satu tempat ke tempat lain dalam waktu singkat tanpa niatan untuk menetap.

Asal-usul Singkatan Mudik

Mudik sering kali diartikan dengan sebuah tradisi pulang kampung saat Lebaran. Kegiatan mudik dilakukan untuk mengunjungi sanak saudara di kampung halaman.

Dirilis dari situs Indonesia Baik oleh Kominfo, mudik merupakan singkatan ‘mulih dilik’ yang artinya pulang sebentar. Tujuan kegiatan mudik di antaranya:

  • Menjalin silaturahmi kepada orang tua, kerabat, teman dan tetangga
  • Berbagi sedikit rezeki hasil merantau kepada saudara di kampung
  • Sebagai pengingat asal-usul daerah bagi mereka yang merantau
  • Terapi psikologis dengan memanfaatkan libur Lebaran untuk berwisata
Baca Juga  Musrenbang Provinsi Jatim 2023, Ini Tujuh Prioritas Pembangunan Jatim Tahun 2023.
Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.