Pempek, Makanan Favorit No 1 di Palembang

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp
pempek

Dari berbagai macam kuliner yang ada di Sumatera Selatan, Pempeklah yang paling banyak diminati oleh masyarakat di Sumatera Selatan bahkan seluruh masyarakat di Indonesia pun juga suka dengan makanan yang satu ini. Nah, kebetulan kali ini Khasgresik.com akan mengulas tentang sejarah pempek. Yuk, langsung saja keulasannya.

Olahan ikan yang satu ini menjadi salah satu makanan favorit di Indonesia. Pempek adalah hidangan khas yang paling terkenal dari Palembang. Tak heran jika ada di berbagai kota seluruh Indonesia yang dijual dengan harga yang beragam. Asal usul makanan khas Palembang ini ternyata sangat menarik untuk disimak.

Khas Gresik, Gresik,

Di masa Kesultanan Palembang, pempek disebut kelesan. Kelesan adalah panganan adat di dalam Rumah Limas yang mengandung sifat dan kegunaan tertentu. Dinamakan kelesan juga karena makanan ini dikeles atau tahan disimpan lama. Kemudian pada akhirnya makanan khas Palembang tersebut dijual komersial saat zaman kolonial.

Uniknya, pempek mulanya dibuat oleh orang asli Palembang, setelah dibuat kemudian dioper ke orang China untuk dijual yang pada saat itu terkenal sebagai ahli dagang. Tercatat pada tahun 1916, makanan ini mulai dijajakan dengan penjual yang berjalan kaki dari kampung ke kampung, khususnya di kawasan keraton (Masjid Agung dan Masjid Lama Palembang).

Khas Gresik, Gresik,

Berdasarkan cerita rakyat, penjual kelesan yang mayoritas orang cina, pada saat pembeli memanggil si penjual dengan sebutan “pek … apek”, maka makanan tersebut akhirnya dikenal sampai sekarang dengan nama pempek. Sebutan apek yaitu sebutan untuk paman atau lelaki tua keturunan China.

Pempek adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari ikan dan sagu. Pada awalnya dibuat dari daging ikan belida. Namun, dengan semakin langka dan mahalnya harga ikan belida, ikan tersebut lalu diganti dengan beberapa jenis ikan sungai lainnya yang harganya lebih murah misalnya ikan gabus, ikan putak, toman dan bujuk.

Khas Gresik, Gresik,

Selain itu dipakai juga jenis ikan laut seperti tenggiri, kakap merah, parang-parang, ekor kuning dan ikan sebelah.

Baca Juga  Ini Dia 6 Fakta Nasi Tumpeng yang Penuh Dengan Filosofi
Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.