Nasi Boranan, Makanan Tradisional Khas Lamongan yang Pedas Nikmat

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp
nasi boranan

Selain Soto, Lamongan juga memiliki makanan khas yang tak kalah nikmat, yaitu nasi boranan. Memang tidak seterkenal Soto yang menjadi ikon Kabupaten Lamongan. Namun siapa sangka, cita rasa yang dimilikinya sangat lezat dan cocok buat pecinta kuliner pedas.

Lalu, seperti apa sih nasi boranan itu? Nah, berikut beberapa ulasan mengenai makanan tradisional khas Lamongan teresebut.

Disajikan menggunakan pembungkus kertas dan daun pisang

nasi boranan

Penjual nasi boranan bisa kalian jumpai di setiap sudut Lamongan. Mereka biasanya menggelar dagangannya di sekitar trotoar. Salah satu tempat yang paling banyak ditemui penjual nasi boranan adalah Plaza Lamongan.

Kenapa namanya Boranan? Karena nasinya ditaruh di dalam wadah yang terbuat dari bambu yang disebut boran. Untuk lauk dan bumbunya ditaruh di dalam panci.

Untuk penyajiannya sangat sederhana, yaitu menggunakan pembungkus dari kertas minyak dan daun pisang. Makan menggunakan tangan langsung akan terasa lebih nikmat.

Lauknya terdiri dari ikan dan ayam yang dipadukan dengan sambal

nasi boranan

Lauk nasi boranan sangat komplit, mulai dari telur dadar, telur rebus, telur asain, ayam, jeroan, ikan bandeng, ikan gabus, ikan sili hingga udang.

Semua lauk tadi bisa dipilih salah satu atau beberapa sesua selera. Yang bikin nikmat ialah bumbu atau sambal boranannya.

Selain bumbunya, ada lagi yang khas dari nasi boranan, yaitu pletuk, rempeyek dan empek. Pletuk merupakan nasi kering atau karak yang digoreng dan dihaluskan.

Sambal atau bumbunya sangat sederhana

nasi boranan

Sambal atau bumbunya yang sederhana namun nikmat tersebut terdiri dari cabai kecil, cabai besar, bawang merah, bawang putih, daun bawang dan kelapa.

Semua bahan tersebut direbus lalu dihaluskan. Setelah halus, bumbu tersebut direbus lagi kemudian masukkan lauknya dan diberi sedikit daun bawang yang sudah digoreng.

Nah, itu tadi ulasan mengenai nasi boranan salah satu kuliner khas Kabupaten Lamongan yang pedas nikmat. Yuk cobain!

Baca Juga  Awal Mula Sejarah Singkat Industri Semen Gresik
Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.