Mie Laksa, Kuliner Khas Tangerang Yang Wajib Anda Coba Bila Berkunjung Kesana

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp
tangerang

Kurang afdol jikalau liburan atau sedang berada di Kota Tangerang tidak menyicipi kuliner yang khas asli Tangerang. Banyak sekali akan kuliner yang ada di kota ini, namun ada mie asli khas Tangerang yang sangat diminati oleh banyak orang, yakni mie laksa.

Mie laksa ini merupakan salah satu mie yang asli khas Tangerang, dengan berbahan baku mie putih yang terbuat dari beras. Bentuknya pun mirip dengan mie bihun, akan tetapi memiliki ukuran yang lebih besar. Mie laksa tersebut juga memiliki tekstur kasar tidak lentur seperti mie pada umumnya.

Khas Gresik, Gresik,

Perpaduan mie besar, di siram dengan kuah gurih dari santan, kemudian ditaburi kacang hijau dan daun kucai serta potongan-potongan daging ayam. Sungguh menciptakan sebuah rasa yang sangat enak, nikmat dan jelas bikin nagih.

Awal Mula Laksa di Tangerang

Di Tangerang mie laksa ada sejak ratusan tahun yang lalu. Namun, sampai saat ini belum ada yang mengukuhkan sejarah berdirinya mie laksa sebagai salah satu makanan khas nomer satu di provinsi banten.

Awal mula pada tahun sekitar 1970-an, laksa tersebut mulai banyak dijual oleh para pedagang keliling. Para pedagang kelilingnya pun memiliki ciri khas dalam menjualnya, yakni dengan berteriak “laksa-laksa-laksa”, para pembeli pun akan berbondong-bondong untuk membelinya.

Akan tetapi, seiring berkembangnya zaman, lambat laun laksa mulai tergantikan oleh makanan-makanan yang instan atau makanan cepat saji. Sejak pada saat itulah makanan laksa tersebut mulai jarang dijual oleh para pedagang keliling.

Namun, di tahun 2000 makanan ini muncul kembali, bahkan menyebar diberbagai tempat Kota Tangerang. Kini keberadaanya mulai mendapat tempat dihati masyarakat, sampai pemkot Tangerang pun juga memberikan dukungan sampai saat ini.

Kini para pedagang laksa dapat lebih mudah ditemukan di pinggir-pinggir jalan. Seiring berjalannya waktu, kepopuleran laksa Tangerang tidak hanya sebatas kalangan masyarakat sekitar saja, akan tetapi sudah meluas terkenal di berbagai kota, seperti Jakarta, Bogor, Bandung dan kota lainnya.

Berkat kepopuleran makanan ini, kini mendapat perhatian khusus dari pemerintah setempat. Pemerintah Kota Tangerang kini memfasilitasi penjual laksa dengan menyediakan bangunan pondok yang terbuat dari bambu dan beratap jerami. Bahkan di Jalan Mohammad Yamin, Kota Tangerang kini terdapat wisata kuliner laksa khas Tangerang.

Khas Gresik, Gresik,

Sampai saat ini, wisata kuliner laksa yang bertempat di Kota Tangerang selalu ramai akan pengunjung yang berdatangan dari berbagai daerah. Dikatakan setiap harinya mencapai ratusan orang yang berkunjung kelokasi tersebut, lebih-lebih pada saat liburan semua tempat lokasi akan dipenuhi pengunjung.

Baca Juga  5 Makanan Tradisional Indonesia yang hanya ada ketika Bulan Ramadan

Harga Laksa

Harga laksa tersebut sangat murah meriah. Tentu tak akan menguras isi kantong Anda. Yakni satu porsi laksa hanya sebesar Rp.15.000- Rp.20.000 Rupiah saja. Dengan harga yang sangat relative ini, membuat semua pengunjung dari berbagai kalangan bisa mencicipinya.

Alamat dan Jam Buka

Kuliner laksa buka selama 24 Jam, yang berlokasi di Jl. Mochammad Yamin No.113, RT.001/RW.004, Babakan, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15118.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.