Mengenal Ikan Nemo, Ikan Lucu yang Hidup Diantara Anemon Laut

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp
ikan nemo

Ikan nemo merupakan salah satu jenis ikan yang sangat lucu dan sangat unik. Ikan ini sangat terkenal dan sangat terpopuler, karena telah menjadi sebuah tokoh utama dalam film animasi anak-anak. Maka dari itu, tak heran kalau ikan nemo ini menjadi sangat terpopuler di kalangan para pecintanya.

Dengan tampilannya yang sangat menawan, ditambah dengan warnanya yang sangat khas dan beragam membuat ikan ini semakin menggemaskan. Pesona dari ikan ini, kini banyak sekali para pecinta ikan hias menjadi tergila-gila karena ikan seklai memeliharanya.

Terpopulernya sebuah film “Finding Nemo” yang mana diproduksi oleh “Disney Pixar” dan menjadikan ikan nemo sebagai komoditas yang bernilai ekonomi tinggi. Sebelum itu, ikan tersebut sering kali disebut dengan nama ikan badut atau ikan giru “Clownfish”.

Morfologi

Selain disebut dengan nama ikan badut dan ikan garu, ikan ini juga dikenal dengan sebutan “anemon fish”. Karena ikan ini sering seklai kita ketahui kalau mereka hidup pada anemon laut. Adapun untuk tubuh daripada ikan ini mempunyai warna dasar oranye yang cerah dan terdapat tiga belang yang berwarna putih.

Khas Gresik, Gresik,
https://www.bukalapak.com/

Untuk bagian tulang dibagian bawah mata, tidak memiliki duri yang panjang, namun lebih condong bergerigi pendek. Adapun ikan ini juga memiliki sebuah jari-jari yang sangat keras pada bagian sirip dipunggungnya. Lain daripada itu, nemo juga memiliki 11 jari-jari pada sirip dorsal dan juga terdapat 17 jari-jari pada bagian pectoral.

Karakteristik

Ikan nemo memiliki tubuh rata-rata antara kurang lebih 6 sampai 18 cm, dan disetiap warna pada tubuhnya yakni tergantung dari jenis spesiesnya masing-masing. Ikan yang satu ini dijadikan sebagai ikan hias, yang mana dapat Anda jumpai pada perairan dibeberapa samudra yakni, Hindia, Paifik dan juga termasuk di perairan Indonesia.

Dari bentuk tubuhnya yang mungil, warnanya yang khas dan mempesona ini akhirnya nemo tersebut banyak diburu. Bahkan sampai pada saat ini nemo tersebut dari sisi pemasarannya telah mencapai 40% lebih setelah ditotal dari perdagangan ikan hias, diseluruh dunia.

Khas Gresik, Gresik,
https://ikan-hias-koi.web.app/

Ikan nemo selain dikenal dengan film animasi anak-anak, ikan tersebut juga menjadi salah satu contoh hewan yang telah melakukan “simbiosis mutualisme” atau yang sering kita kenal dengan interaksi yang mana saling menguntungkan satu sama lain. Yakni, dengan anemon-anemon laut.

Baca Juga  3 Wujud Ikan Aneh, Yang Ada di Indonesia

Karena anemon laut merupakan sebuah tempat ikan nemo dalam berlindung dari predator, dan sebaliknya ikan tersebut telah memberikan keuntungan dengan membersihkan anemon laut dari kotoran dan sisa-sisa makanan yang telah menempel pada anemon laut.

Habitat

Adapun populasi daripada ikan nemo ini, yang paling banyak ditemukan yakni, pada bagian timur Samudra Hindia dan juga pada bagian barat Samudra Pasifik. Ikan tersebut juga bisa ditemukan pada area sekitar Northern Australia, Asia Tenggara dan juga Jepang.

Ikan kecil ini pada umumnya hidup dalam sebuah kelompok kecil di sekitar laguna yang terlindung atau di sebuah lereng-lereng terumbu luar. Adapun ikan kecil ini dapat ditemukan pada kedalaman air laut maksimal kurang lebih 15 meter dari atas permukaan laut.

Khas Gresik, Gresik,
https://www.bukalapak.com/

Ikan nemo ini habitatnya di anemon laut, yang mana kurang lebih ada sekitar 3 spesies anemon laut yang sering atau yang menjadi favorit tempat ikan ini. Yakni, anemon karpet laut mertens, anemon karpet raksasa dan anemon ritteri. Dari tiga anemon inilah yang paling digemari oleh para ikan nemo.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.