Mengenal apa itu cPanel

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp
fitur cpanel

Bagi anda yang sedang mengelola website, tentu lumayan sering mendengar istilah cPanel atau bagi anda yang sedang belajar membuat Website mungkin sedang bertanya-tanya atau kebingungan dengan istilah satu ini , apa itu cPanel? Sebelum bisa menggunakannya maka penting sekali untuk memahami pengertiannya terlebih dahulu

Pengertian dari cPanel

cPanel adalah panel kontrol yang digunakan untuk melakukan pengaturan sesuai kebutuhan pada layanan web hosting. Panel kontrol ini sendiri pada umumnya meliputi manajemen file, database, domain, security, software dan konfigurasi lainnya.

Lalu bagaimana menurut Wikipedia, menurut Wikipedia istilah ini merupakan kepanjangan dari gabungan kata Control Panel, Pengertiannya adalah control panel yang ada pada server web hosting dengan tampilan grafis dan fitur-fitur yang memudahkan dalam pengelolaan website.

Meskipun panel kontrol ini bukan cara satu-satunya untuk mengatur sebuah web, namun untuk saat ini menggunakan cPanel adalah salah satu cara yang terbilang praktis. Tanpa adanya ini mengatur web hosting hanya bisa dilakukan dengan perintah teks. Perintah teks atau bisa disebut metode manual mewajibkan kita untuk paham coding dan biasanya memakan waktu lebih lama. Terlebih bagi kaum awam yang baru memulai, sehingga metode manual ini perlahan tergeser oleh cara yang lebih praktis dan mudah dipahami yaitu panel kontrol yang satu ini.

Dengan menggunakan panel kontrol ini tadi, nantinya user bisa mempermudah untuk melakukan konfigurasi dari web yang sedang dikerjakan atau dikelola. Lalu untuk tampilan secara keseluruhan bisa dibilang user friendly, secara tampilan mudah dipahami dan dimengerti.

Tak heran jika saat ini cPanel menjadi akses mengatur web hosting yang digemari dan banyak digunakan, mulai dari kaum awam maupun untuk pengelola website. Nyatanya tidak hanya di Indonesia, tetapi juga mencakup berbagai negara didunia.

Sebagai penutup, akan kami berikan contoh dari tampilannya sebagai gambaran anda semua.

fitur cpanel
Baca Juga  3 Langkah Masuk CMS Melalui Softaculous
Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.