Ini Dia 8 Makanan yang Dapat Meningkatkan Imun Tubuh Kita

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp
imun tubuh

Dimasa Pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, kita perlu menjaga dan meningkatkan sistem imun tubuh kita agar terhindar dari segala jenis virus dan penyakit.

Seperti yang sudah diketahui, bahwa sistem imun tubuh dapat mencegah berbagai patogen yang akan menginfeksi tubuh kita termasuk virus corona.

Makanan yang Dapat Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Ada beberapa cara untuk meningkatkan sistem imun dan salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat, seperti:

Bawang Putih

imun tubuh
bawang putih

Bawang putih, salah satu bumbu dapur ini sejak jaman dahulu oleh masyarakat dipercaya dapat memerangi infeksi. Itu dikarenakan adanya kandungan allicin didalamnya yang mampu meningkatkan sistem imun didalam tubuh kita.

Bukan hannya itu saja, bawang putih juga dapat membantu memperlambat pengerasan pembuluh darah sehingga bisa menurunkan tekanan darah pada tubuh kita.

Jahe

imun tubuh
jahe

Salah satu rempah-rempah ini sering digunakan untuk mengatasai mual-mual dan gejala peradangan. Hal itu dikarenakan sifat jahe yang dapat menghangatkan itu berupa gingerol, semacam capsaicin.

Jahe juga dapat menurunkan kolesterol jahat yang ada didalam tubuh kita, serta mampu mengurangi nyeri kronis.

Jeruk

imun tubuh
buah jeruk

Buah jeruk memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh kita. Vitamin C merupakan kandungan yang dapat membantu meningkatkan produksi sel darah putih.

Seperti yang kita ketahu bahwa sel darah putih merupakan kunci untuk melawan infeksi dan virus yang masuk dalam tubuh kita.

Paprika

imun tubuh
paprika

Selain buah jeruk, paprika ternyata juga memiliki kandungan vitamin C. Bahkan kandungan vitamin C nya lebih tinggi dibandingkan dengan buah jeruk.

Bukan hanya vitamin C, paprika juga memiliki kandungan senyawa beta-karoten yang banyak sehingga baik untuk menjaga kesehatan mata dan kulit serta dapat meningkatkan imun tubuh kita.

Brokoli

imun tubuh
brokoli

Brokoli kaya akan vitamin dan meneralnya. Brokoli juga mempunyai kandungan vitamin A,C dan E serta kaya akan serat dan antioksidan. Itulah mengapa brokoli masuk dalam kategori sayuran yang menyehatkan.

Namun untuk menjaga kandungan nutrisinya tetap terjaga, jangan terlalu lama memasaknya dan cukup dikukus saja sebelum mengonsumsinya.

Pepaya

imun tubuh
pepaya

Pepaya juga merupakan buah yang kaya akan vitamin C nya. Selain itu, terdapat juga papain yang memiliki efek anti-inflamasi dan juga kandungan potasium, magnesium dan folat yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan meningkatkan sisitem imun tubuh kita.

Baca Juga  Puisi Romantis untuk Sang Kekasih Tercinta dan Tersayang

Bayam

imun tubuh
bayam

Didalam bayam terdapat kandungan antioksidan dan beta-karoten yang cukup tinggi. Kedua senyawa tersebut dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi penyakit.

Untuk mengolahnya jangan terlalu lama agar kandungan didalamnya tidak hilang. Dengan mengolah secara sederhana, vitamin A akan lebih mudah diserapnya.

Teh Hijau

imun tubuh
teh hijau

Teh hijau memiliki kadar epigallocatechin gallate (EGCG) sejenis antioksidan kuat yang sangat banyak. Menurut dari sebuah penelitian bahwa kadar EGCG mampu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Teh hijau juga kaya akan asam amino L-theanine yang berguna untuk melawan kuman.

Itu tadi 8 makanan yang bisa dikonsumsi untuk meningkatkan sistem imun tubuh kita. Selain mengonsumsi makanan-makanan di atas tadi, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen tambahan salah satunya adalah Rhea Health Tone yang membantu dalam memperbaiki sistem imun tubuh.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.