Kira-Kira apa ya makanan Khas Gresik saat Lebaran tiba?

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp
Makanan

Lebaran selalu identik dengan makanan yang namanya ketupat dan opor ayam. Ketupat dan opor ayam selalu menjadi pilihan dari seluruh kekayaan masakan Nusantara. Namum kita tidak bisa pungkiri bahwa Nusantara memiliki banyak warisan masakan atau makanan khas daerah masing-masing. Di Kota Gresik,Jawa Timur, misalnya, ketupat memang sering di hidangkan bebarengan opor ayam. Tapi yang lebih populer adalah bali bandeng atau kotok bandeng sebagai teman ketupat lebaran.

                 Faktor utama mengapa bandeng yang menjadi populer adalah diawali dengan pasar bandeng dua hari menjelang Hari Raya Idul Fitri, aneka kuliner berbahan utama bandeng menjadi hidangan utama masyarakat Gresik yang berjarak hanya 18Km barat laut Kota Surabaya. Faktor ini juga di perkuat dengan letak Geografis Kabupaten yang sebagian adalah pesisir pantai, ada pun bagian Pulau Bawen yang juga merupakan bagian wilayah Kabupaten Gresik.

Lalu dengan Faktor-faktor diatas lah yang juga mendorong warga Gresik di bagian wilayah pesisir pantai berprofesi sebagai nelayan. tentu saja dengan adanya wilayah laut dan sumber daya alam yang mumpuni, Bandeng menjadi andalan Kota Gresik, meski tidak hanya bandeng banyak lagi jenis ikan yang lain yang mereka tangkap, namun bandeng mempunyai daya tarik tersendiri bagi mereka.

Bandeng sebagai makanan kebanggaan

                 Bali bandeng adalah nama masakan yang berupa bandeng goreng lalu diolah dengan rempah-rempah komplit beserta cabai merah yang banyak. Sementara kotok bandeng sejenis gulai bandeng yang dihidangkan di setiap rumah warga. Tak hanya disitu saja, adapun lagi masakan yang masih berbahan utama bandeng yaitu otak-otak bandeng.

Makanan ini bukan seperti otak-otak ikan tenggiri yang banyak dijual di Jakarta dan sekitarnya, yang dibuat dari olahan ikan tenggiri dan tepung yang dibungkus daun pisang lalu dipanggang sebelum disantap.
Otak-otak bandeng dibuat dengan kemasan unik. Mula-mula daging bandeng dikeluarkan dari kulitnya. Kulit bandeng itu dibiarkan tetap utuh dari ekor hingga kepala.
lalu setelah daging bandeng di keluarkan, dibuang durinya dengan teknik melumatnya dengan batok kelapa yang diberi lubang-lubang kecil untuk menyaring dengan duri. Daging yang lembut bebas duri itulah yang di olah kembali, dimasak dengan rempah komplit dan juga santan. Adonan itu dimasukkan kembali ke dalam selongsong kulit bandeng yang telah diambil dagingnya tadi.

Makanan
sumber : https://www.popmama.com/life/health/almira-putri-k/makanan-khas-jawa-timur-yang-bikin-goyang-lidah

                Terlepas dari menu yang serba bandeng, adapun menu lain yang tidak kalah populer dikalanagan warga Gresik saat lebaran tiba yaitu seperti Pudak yang mana Pudak sendiri adalah jajanan khas Gresik yang sampai saat ini banyak wisatawan membelinya sebagai oleh-oleh.

Baca Juga  6 Warung Kopi Legendaris di Kabupaten Gresik Jawa Timur

Lalu ada lagi yaitu Nasi Krawu, nasi ini berlauk daging sapi yang diolah dengan rempah komplit dan ditaburi kelapa parut yang dibumbuhi lalu digoreng. Nasi Krawu sendiri tak kalah populernya dengan otak-otak bandeng, bahkan makanan ini juga banyak yang menjual diluar daerah kota Gresik. Nasi krawu juga banyak yang menjual di pinggir jalan setiap pagi hari, dan banyak yang membeli nasi krawu sebagai santapan di pagi hari. harganya sendiri relatif murah namun tergantung dimana anda membelinya, karena nasi krawu pun juga di jual di Restoran besar.

                Di hari-hari biasa, warga Gresik lebih suka menyantap makanan yang lebih umum seperti soto, sate, tahu sampur, rujak cingur, rawon dan sop buntut.
restoran yang menjual kelompok bandeng tak banyak. tak seperti oleh-oleh khas Gresik lainnya yang banyak sering di jumpai, penjual otak-otak bandeng jumlahnya tak lebih dari jari-jari tangan satu orang. Harganya juga tergolong mahal untuk ukuran rata-rata orang. Otak-otak bandeng juga bukan masakan harian orang Gresik. Tak ada warung makanan yang menyediakan menu otak-otak bandeng. Jika ingin berburu masakan atau hidangan ini teman-teman perlu mencari kedai atau toko khusus yang menjual makanan-makanan tersebut.

                Untuk teman-teman yang bertanya-tanya dimana bisa mendapatkan hidangan tersebut untuk bisa dicicipi atau bahkan untuk keperluan oleh-oleh untuk sanak saudara. Warung penjual otak-otak bandeng yang terkenal berada di kawasan Kroman, di belakang Pasar Kota Gresik. Disanalah para ahli masak dan ahli resep otak-otak bandeng berproduksi makanan khas itu secara turun-temurun.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.