9 Lokasi Makam Wali Songo di Tanah Jawa

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp
makam wali songo

Kali ini kita akan membahas mengenai Makam Wali Songo. Wali Songo adalah tokoh-tokoh Islam yang sangat dihormati karena perannya dalam menyebarkan ajaran Agama Islam di Nusantara. Kata wali yang berarti orang yang dipercaya dan songo (dalam bahasa jawa) yang artinya sembilan.

Makam Wali Songo dan sekaligus peninggalan mereka dijadikan sebagai jujugan wisata religi yang cukup terkenal saat ini. Apakah kalian tahu dimana saja makam para wali berada? Kalau belum tahu, ini dia tempat ziarah makam Wali Songo:

Makam Sunan Ampel

Khas Gresik, Gresik,

Sunan Ampel yang memiliki nama asli Raden Rahmat ini merupakan salah satu anggota Wali Songo yang menyebarkan ajaran Agama Islam di wilayah Surabaya.

Makamnya berada di satu komplek dengan Masjid Sunan Ampel yang berlokasi di Kelurahan Ampel, Kecamatan Semampir, Kota Surabaya.

Di komplek tersebut, terdapat bangunan yang memiliki arsitektur dengan gaya Eropa. Di sekitar makam Sunan Ampel,kita juga dapat mengunjungi Kampung Arab Jawa Timur dan area pecinan Kya-Kya Kembang Jepun.

Makam Sunan Gresik dan Sunan Giri

makam wali songo

Di Kota Gresik terdapat dua makam Wali Songo yaitu makam Sunan Gresik dan Sunan Giri. Sunan Gresik atau Sunan Maulana Malik Ibrahim merupakan Suna yang paling tua di antara para Wali Songo lainnya. Sedangkan Sunan Gresik merupakan salah satu murid Sunan Ampel.

Untuk makam Sunan Gresik berada di Desa Gapuro Sukolilo, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik. Sementara Makam Sunan Giri berlokasi di Desa Giri, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik, atau sekitar empat kilometer dari pusat kota.

Makam dan Museum Sunan Drajat

makam wali songo

Di Kabupaten Lamongan juga terdapat makam Wali Songo yaitu makam Sunan Drajat. Makamnya berada di Desa Drajat, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan. Makam Sunan Drajad berada di sebuah bukit yang dikelilingi pepohonan.

Selain makam, Anda juga dapat mengunjungi Museum Sunan Drajat yang lokasinya tidak jauh dari komplek makam.

Makam Sunan Bonang

makam wali songo

Makam Wali Songo selanjutnya adalah makam Sunan Bonang. Sunan Bonang merupakan salah satu wali yang paling dikenal sangat ulet dan paling genjar memasukkan ajaran Islam dalam Kesenian Jawa. Beliau juga merupakan pencipta lagu Tombo Ati.

Baca Juga  Menarik! Ini Dia Hal-Hal Mistis Yang Terdapat Pada Bambu Petuk

Makam Sunan Bonang berada di Jalan K.H. Mustain, Kutorejo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban. Lokasinya tidak jauh dari alun-alun Kota Tuban dan Masjid Agung Tuban.

Makam dan Masjid Menara Kudus

Khas Gresik, Gresik,

Masji Menara Kudus berada di Jalan Menara, Pejaten, Kauman, Kecamatan Kota Kudus, Kabupaten Kudus. Di lokasi ini juga terdapat pula makam Sunan Kudus.

Masjid Menara Kudus memiliki banyak sekali keunikan, salah satunya yaitu ornamen-ornamen dan arsitekturnya yang sangat kental dengan budaya Hindu.

Sedangkan makam Sunan Kudus berada di dalam menara yang mirip seperti pura. Itulah mengapa masjid dan makam Sunan Kudus dianggap sebagai salah satu bukti kulturasi antara Islam dan Hindu.

Makam Sunan Kali Jaga

Khas Gresik, Gresik,

Sunan Kalijaga merupakan salah satu wali yang dikenal dengan cara mengajarkan Agama Islam di dalam kehidupan masyarakat melalui kesenian dan budaya.

Makam Sunan Kalijaga berada di Kadilangu, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak yang tidak jauh dari komplek pemakaman keluarga Kerajaan Demak.

Gunung Muria

Khas Gresik, Gresik,

Di Gunung Muria juga terdapat makam Wali Songo yaitu makam Sunan Muria. Lokasinya tepat berada di Desa Colo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus.

Bagi kalian yang ingin berziarah ke makam Sunan Muria, kalian harus siap untuk mendaki gunung. Sebab, lokasi makamnya berada di ketinggian lebih dari 1.600 meter di atas permukaan laut.

Makam Sunan Gunung Jati

Khas Gresik, Gresik,

Di Jawa Barat juga terdapat makam Wali Songo, yaitu makam Sunan Gunung Jati. Makam Sunan Gunung Jati berada di Desa Astana, Kecamatan Gunungjati, Kabupaten Cirebon.

Selain sebagai penyebar ajaran Agama Islam, Sunan Gunung Jati yang memiliki nama asli Syehk Syarif Hidayatullah ternyata juga seorang Raja dari Kesultanan Cirebon.

Makam Sunan Gunung Jati sendiri banyak dihiasi berbagai ornamen dan piring antik dari Tiongkok. Hal itu dikarenakan, dulu semasa hidup Sunan Gunung Jati pernah menikahi Putri Ong Tien yang berasal dari Tiongkok, sehingga budaya Tiongkok tampak dalam makamnya.

Itu tadi lokasi makam Wali Songo yang kerap jadi tempat wisata religi. Semoga pandemik segera berlalu dan kita semua bisa mengunjunginya secara langsung.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.