Lebih Sehat, Inilah 10 Manfaat Madu Untuk Wajah Kita

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on pocket
Pocket
Share on whatsapp
WhatsApp
manfaat madu

Kali ini kita akan membahas tentang manfaat madu untuk wajah yang belum banyak orang ketahui. Madu sendiri sudah dikenal sebagai bahan yang multifungsi, baik itu untuk makanan ataupun non makanan.

Selama beradab-abad, madu sudah menjadi salah satu bagian dari gaya hidup kita. Biasanya madu dimanfaatkan untuk memasak hingga sebagai bahan pengobatan untuk berbagai penyakit, misalnya sebagai bahan alami untuk mengobati batuk.

Dengan beragam nutrisi penting yang terdapat pada madu membuatnya menjadi favorit pecinta makana manis, pengobatan tradisional, ahli gizi hingga ahli kecantikan. Madu dimanfaatkan sebagai bahan untuk produk kecantikn dan perawatan kulit wajah, mulai dari melembabkan kulit hingga mengatasi jerawat.

Saat ini madu dikenal sebagai bahan alami yang mempunyai banyak sekali manfaat untuk kulit wajah. Nah, berikut ini manfaat madu untuk wajah kita:

Mengatasi Jerawat

manfaat madu
masker madu kunyit untuk jerawat

Madu bisa kita olah menjadi masker wajah untuk mengatasi masalah jerawat. Kandungan madu yang anti radang dan anti bakteri inilah yang dapat meredakan peradangan dan pembekakakan pada wajah.

Dalam sebuah penelitian Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine, menjelaskan bahwa kandungan enzim yang terdapat dalam madu membentuk hidrogen peroksida yang bersifat anti-mikroba. Lebih lanjut manfaat madu untuk wajah berjerawat juga akan membunuh bakteri Propionibacterium acnes.

Jika ingin menghilangkan jerawat dengan madu akan lebih efektif jika memakai madu yang masih alami atau belum di pasteurisasi. Madu alami itu misalnya seperti menggunakan madu manuka, madu yang masih memiliki zat anti mikroba dan masih bersifat organik sehingga memiliki pH yang rendah dan gula yang tinggi namun kandungan gula tersebut tidak terlalu berbahaya kalau dipakai sebagai obat luar.

Cara membuat masker madu kalian bisa mencampurnya dengan bubuk kayu manis. Kalian cukup menggunakan dua sendok makan madu dan satu sendok teh bubuk kayu manis, aduk sampai merata hingga menjadi pasta yang kental, bersihkan wajah terlebih dahulu lalu aplikasikan masker sampai merata. Setelah selesai memakai masker bersihkan wajah menggunakan air hangat.

Memudarkan Bekas Jerawat

Selain dapat mengatasi jerawat yang meradang, madu ternyata juga mampu mengurangi bekas jerawat yang memerah dan menghitam. Hal itu dikarenakan adanya zat pencerah yang terdapat pada madu sehingga mampu meratakan warna kulit belang akibat bekas jerawat yang menghitam.

Baca Juga  Resmikan Kopsyah MUI dan Retail Ideal Mart, Ini Pesan Bupati Gus Yani

Jika ingin menghilangkan bekas jerawat menggunakan madu, kalian cukup menggunakan masker madu yang dicampur dengan kunyit bubuk. Gunakan satu sendok teh madu dan satu sendok teh kunyit bubuk lalu gunakan masker secara rutin agar noda bekas jerawat tersamarkan.

Melembabkan Kulit

manfaat madu

Kandungan zat adiktif yang terdapat pada madu diyakini mampu mencegah kulit wajah menjadi kusam dan kering. Itulah alasan mengapa banyak sekali produk kecantikan banyak yang menggunakan madu sebagai salah satu bahan dasarnya karena dapat melembabkan sampai bagian kulit terdalam.

Agar manfaat madu untuk wajah yang kering dan kusam lebih efektif, gunakan madu untuk maskeran dan diamkan selama 30 menit. Pastikan untuk cuci muka sebelum dan sesudah memakai masker madu.

Mengangkat Sel Kulit Mati

manfaat madu

Enzim yang terdapat pada madu dipercaya mampu mengangkat sel kulit mati yang menyebabkan pori-pori tersumbat. Agar hasil lebih maksimal, gunakan madu untuk scrub wajah.

Untuk kulit wajah yang kering, campurkan madu dengan oat, lalu gunakan untuk scrub. Sedangkan untuk kulit wajah yang berminyak, cara yang paling efektif ialah campurkan madu dan tepung, lalu gunakan untuk srub.

Selain racikan tadi, ada racikan lain yang bisa dibuat untuk scrub wajah yaitu terdiri dari madu, minyak zaitun, gula pasir dan air lemon. Aplikasikan racikan scrub tersebut ke wajah lalu pijat dengan lembut menggunakan jari tangan.

Kalau sudah selesai, bilas dengan air hangat, lalu ulangi dengan air dingin. Setelah itu keringkan wajah dengan cara menepuk-nepuk menggunakan handuk.

Menyembuhkan Penyakit Kulit

Eksim merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang menyebabkan kulit memerah dan ruan gatal. Selain eksim ada penyakit kulit lain yang umum terjadi yaitu psoriasis.

Penyakit psoriasis dicirikan dengan kulit kering, bersisik kemerahan, kasar dan seperti kerak yang terkelupas. Penyakit tersebut dapat timbul di bagian tubuh mana pun dan cenderung tidak dapat disembuhkan secara permanen.

Oleh karena itu, penyakit tersebut dapat diminimalisir dengan melakukan terapi atau pengobatan tertentu. Manfaat madu untuk hal ini dapat membantu mempercepat proses penyembuhan dan pemulihan penyakit kulit sekaligus dapat mengurangi peradangan.

Gunakanlah madu murni lalu oleskan ke bagian kulit yang bermasalah. Agar hasil maksimal, gunakan satu sendok teh madu manuka sebagai masker dengan campuran satu sendok teh ekstrak virgin coconut.

Campur kedua bahan tadi sampai tercampur rata, oleskan pada wajah yang bermasalah dan diamkan selama 10 menit, lalu bilas sampai bersih.

Baca Juga  DPR RI Zainuddin Maliki dan KWG Bangun Kolaborasi Majukan Pendidikan di Gresik

Mengangkat Komedo

Manfaat madu selanjutnya yaitu dapat membuka pori-pori wajah serta mengangkat komedo. Jadi, sebenarnya ketika kita mencoba menggunakan berbagai racikan madu untuk masker wajah, maka secara otomatis itu juga sudah mengurangi komedo yang ada.

Memperlamabat Penua Dini

Manfaat madu berikutnya adalah mampu memperlambat tanda-tanda penuan dini. Hal tersebut dikarenakan adanya kandungan antioksidan tinggi yang terdapat pada madu sehimgga dapat mencegah kulit dari paparan zat berbahaya.

Menggunakan masker madu tiga kali seminggu secara rutin dapat memperlambat gejala penuaan dini seperti kerutan, keriput dan garis halus pada wajah.

Manfaat Madu Dapat Membasmi Jamur

Jamur dapat menyebabkan infeksi pada kulit seperti kurap. Untuk membasmi jamur kita bisa menggunakan madu. Untuk mendapatkan manfaat madu, oleskan madu alami pada kulit yang terinfeksi jamur.

Usahakan jangan sampai kena luka yang terbuka, karena hal tersebut dapat menyebabkan infeksi lebih lnjut dan luka bertambah parah.

Perlu diingat bahwa madu tidak sepenuhnya dapat menghilangkan jamur. Untuk itu usahakan untuk tetap berkonsultasi dengan dokter ahli.

Mencegah Bibir Pecah-Pecah

Selain dapat melembabkan kulit wajah, manfaat madu lainnya juga dapat dipakai untuk mencegah bibir kering dan pecah-pecah. Cukup oleskan madu setiap malam hari secara merata dan teratur. Jangan lupa untuk membilasnya dipagi hari agar kulit mati terkelupas dan menjadi lebih lembut.

Aman Untuk Kulit Sensitif

Madu diyakini sangat aman digunakan untuk mengatasi masalah pada kulit sensitif, seperti kulit kering, jerawat, alergi, kemerahan hingga iritasi.

Manfaat ini didapat dari kandungan anti-inflasi yang ada pada madu alami yang akan menekan stres olsidatif pada wajah serta membantu menenangkan kulit sensitif.

Jenis Madu

manfaat madu

Sebenarnya semua jenis madu memiliki nutrisi yang sangat bagus dan dapat dimanfaatkan untuk kesehatan dan perawatan kulit.

Ada beberapa jenis madu yang memiliki warna yang lebih gelap dengan kandungn antioksidan yang lebih tinggi. Madu ini biasanya dihasilkan dari madu mentah yang langsung diambil dari sarangnya dan tidak dipasteurisasi.

Ada juga jenis madu yang sudah dipasteurisasi dan lebih mudah diperoleh, namun perlu berhati-hati ketika membelinya sebab ada beberapa madu yang sudah ditambahi gula atau bahan lainnya yang membuat madu tidak alami lagi dan tidak kurang bagus untuk wajah.

Jenis madu yang baik untuk perwatan kulit yaitu madu yang masih mentah seperti madu manuka, madu kanuka, thyme dan buckwheat.

Baca Juga  Bu Min Berharap Kolaborasi Apindo Dengan Pemkab Gresik, Tingkatkan Ekonomi Dan Kurangi Angka Pengangguran

Diantara keempat jenis madu tadi, madu manukalah yang paling populer. Madu ini berasal dari bunga semak pohon teh di Australia dan Selandia Baru.

Dengan kualitasnya yang sangat baik membuat madu ini cukup mahal dibandingkan dengan jenis madu yang lainnya. Per 500 gramnya saja dijual dengan harga kisaran 750 ribu rupiah.

Sementara untuk pilihan madu yang mudah didapat, harga terjangkau dan dapat melembabkan, maka madu thyme dan buckwheat bisa jadi pilihan yang baik.

Madu tersebut merupakan madu murni tanpa tambahan apapun yang sudah dipasteurisasi sehingga dapat dikonsumsi maupun dijadikan obat luar.

Sebelum memanfaatkan madu untuk perawatan kulit, pastikan yang kita gunakan adalah madu alami tanpa bahan tambahan apapaun.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on pocket
Pocket
Share on whatsapp
WhatsApp

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.