2 jajanan khas Kota Bandung yang terkenal Cimol dan Cilok

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp
khas kota bandung

Kota Bandung merupakan kota metropolitan terbesar yang ada di Provinsi Jawa Barat, dan juga meyandang status sebagai Ibu Kota dari provinsi tersebut, Jawa Barat. Kota ini tempat dimana berbagai sejarah penting terjadi, diantaranya berdirinya pergutruan tinggi teknik pertama di Indonesia yang kini bernama Institut Teknologi Bandung (ITB), banyak kejadian pejuang Indonesia melawan penjajah terjadi disini juga pada masanya, serta menjadi tempat diselenggarakannya Konferensi Asia-Afrika pada tahun 1955.

Kali ini kita akan membahas tentang Jajanan yang menjadi ciri khas Kota Bandung. Pada dasarnya Kota Bandung mempunyai kesamaan dengan Kota/wilayah lain yang ada di Nusantara, yaitu memiliki wisata kuliner yang melimpah. tak hanya berupa makanan, minuman hingga oleh-oleh pun banyak jenisnya. Namun taukah kamu jika ada beberapa jenis jajanan yang terkenalnya hingga ke berbagai penjuru dan menjualnya di luar Kota Bandung. Banyak Jajanan khas Kota BAndung yang di jual di kota-kota lain, seperti Kota Jakarta dan Kota Surabaya, disana banyak di jumpai jajanan yang asalnya dari Kota Bandung, apa saja jajanan itu? mari kita simak.

Jajanan Khas Kota Bandung

cimol

yang pertama yang kita bahas adalah Cimol, Cimol merupakan jajanan atau makanan ringan yang terbuat dari tepung kanji (aci). Namanya sendiri merupakan berasal dari kata bahasa Sunda yang merupakan Suku penghuni sebagian besar wilayah di Jawa Barat termasuk Kota Bandung yaitu aci digemol artinya yaitu tepung kanji yang dibentuk bulat-bulat.

Jajanan ini sendiri sering dijual dipinggir jalan. cara membuat atau memasaknya sendiri tergolong mudah, cukup dengan adonan tepung kanji dibuat bulat-bulat kemudian digoreng. cara memakannya juga tergolong beragam sesuai selera di berbagai tempat, ada yang menggunakan bumbu tradisional yang menggunakan kacang sebagai saus, ada juga menggunakan bumbu modern semacam seasoning. Tekstur dari Cimol sendiri rasanya memang agak kenyal-kenyal namun inilah yang menjadi daya tarik atau keunikan. Jajanan ini paling enak jika dimakan dalam kondisi hangat.

Khas Gresik, Gresik,
cimol, sumber gambar : cookpad.com

cilok

Jajanan Khas Kota Bandung selanjutnya ada Cilok, yaitu jajanan atau makanan ringan yang bernama Cilok, sama seperti cimol yaitu mempunyai tekstur yang kenyal namun cilok mungkin agak leboh kenyal di banding cimol karena cara memasaknya sendiri berbeda. Jika cimol di goreng lain dengan cilok yang cara memasaknya sama dengan bakso yaitu direbus atau dikukus. jajanan ini biasanya ditemani dengan bumbu atau saus yang terbuat dari kacang dan sambal.

khas kota bandung
Cilok, sumber gambar : orami.co.id
Khas Gresik, Gresik,
cilok, sumber gambar : Liputan6.com

Mungkin itu saja yang bisa saya bahas mengenai Jajanan Khas Kota Bandung, semoga bisa menjadi referensi dari teman-teman jika berkunjung ke Kota Bandung.

Baca Juga  Nasi Bebek Sinjay, Kuliner Khas Bangkalan Madura
Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.