Menarik! Inilah Keunikan Dari Ayam Serama

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on pocket
Pocket
Share on whatsapp
WhatsApp
ayam serama

Bicara mengenai Ayam Serama? bagi pecinta ayam hias, tidak asing sekali dengan nama ayam tersebut. banyak sekali yang suka dengan ayam yang satu ini, karena memiliki ciri khas tersendiri. yakni dari sisi bentuk tubuh, bentuk ekor, dan postur dan keunikan lain berada pada ayam ini. maka tak heran jika banyak para pecinta ayam hias menyukai dan menernak ayam yang unik dan super lucu ini.

Khas Gresik, Gresik,
Sumber: Google.com

Sejarah Ayam Serama

Adapaun sejarah dari Ayam Serama ini awal mulanya dari Negara Malaysia. tepatnya di Kampung Cina, Kota Baru, Kelatan. yang di bawa oleh seseorang yang bernama “Wee Yean Een” sangat lama sekali beliau ingin mempunyai seekor ayam yang kecil dan bagus tersebut. dahulu beliau mencoba menyilangkan seekor ayam “Kapan yang memiliki sebuah kaki yang panjang dengan seekor Ayam Selkie pada era tahun 1973. Adapun jenis ayam kapan yeng memiliki berat badan kurang lebih 750 gram dengan tubuhnya yang sangat ramping, dan memilki sebuah ekor yang tegak lurus, serta dadanya yang datar.

Proses Tentang Persilangan Ayam Serama

Dan dikawin silangkanlah deng seekor ayam Salkie tersebut, yakni dengan mempunyai berat bada kurang lebih 650 gram dengan tubuh gempal. kemudian dari pada itu, menhasilkan sebuah anak ayam silangan yakni ayam kapan bertubuh kecil bak silkie dengan kejutan yang sangat unik dan lucu tentunya. denga bentuk tubuhnya yang sangat mungil, atau sangat kecil dibandingkan dengan ayam- ayam seperti pada ayam yang kita tau pada umumnya. akan tetapi, dari usahanya dalam persilangan tersebut tidaklah mencapai sebuah kesesuaiyan seperti apa yang beliau inginkan.

Khas Gresik, Gresik,
Sumber: Google.com

Lanjud lagi beliau menyilangkan dengan harapan yang sama yakni ingin hasil yang seperti beliau inginkan. pada era Tahun 1980 an, beliau berhasil memperoleh hasil sebuah ayam yang seperti beliau inginkan yakni ayam kapan dengan postur tubuh yang kecil, sama dengan postur tubuh dari jenis ayam Silkie. kemudian dari pada itu datanglah lagi sebuah ekor ayam dari Katai Jepang para era tahun 1985 an dan di silangkanlah oleh beliau dengan jenis ekor kapan yang memiliki bentuk badan yang mungil tersebut.

Baca Juga  Piala Dunia 2023, Shin Tae-Yong Pilih Jim Croque dan Ivar Jenner Untuk Bela Timnas U-20

Adapun jenis ayam katai jepang ini sangatlah bagus sekali. dengan bentuknya yang sangat mungil, juga memiliki dada yang busung kedepan, dan punggungnya yang lurus, serta memiliki ekor yang tegap keatas hampir menyentuh dengan kepalanya, yang meliputi seperti bentuk huruf U. Adapun hasil dari sebuah persilangan yang dilakukan pak Wee yang pertama tersebut. itu masih dianggap besar dikarenakan kaki dari ayam Katai jepang ini masih sangat panjang menurut beliau dan berat badannya masih 650 gram.

Khas Gresik, Gresik,
Sumber Google.com

Keunikan Dari Ayam Serama

Ayam Serama merupakan sebuah jenis ayam hias dengan memiliki ciri khas yang sangat unik, yakni memiliki dada yang busung kedepan, ekor panjang tegap keatas hmenyentuh kepala, bentuk tubuhnya yang mungil, kecil, dan sayapnya nyentuh kebawah kakinya. ayam tersebut merupakan sebuah jenis ayam yang sangat kecil se dunia. yang sekarang sering kali kali masyarakat menyebutnya dengan julukan Ayam Kate. dengan betinanya yang memiliki berat badan sekitar kurang lebih 300 gram dan tingginya 15 cm saja. dan jantannya yang memiliki berat bedan 350 dengan tingginya sekitar antara jari jempol sampai jari kelingking saja.

Khas Gresik, Gresik,
Sumber.Google.com

Pesona Dari Ayam Serama

Adapun dari segi penampilan Ayam Serama ini sangatlah mempesona bagi para pecinta ayam hias. memang benar hanya persis seperti ayam kate pada umumnya, akan tetapi jikalau berdiri atau ketemu lawannya, maka bentuknya akan sangat indah, yakni dadanya berlahan membusung kedepan, dan berdirinya pun sangat tegap gagah perkasa. melihatkan bahwa meskipun kecil ayam ini terlihat berani, anggun menawan. bulu-bulunya pun sangat bersih mengkilap. ayam ini memiliki jiwa petarung yang lincah dan menerbang sambil mencakar.

Khas Gresik, Gresik,
Sumber: Google.com

Mengenai Ciri Khas Ayam Serama

Ayam Serama tersebut memiliki sifat pantang menyerah terhadap lawan-lawannya. meskipun ayam tersebut memiliki bada yang mungil,kecil,kerdil. ayam ini sangat pantang minder terhadap siapapun yang dia lawan. di depan betinanya berlagak dengan gayanya yang gagah perkasa seperti layaknya kesatria. serta menampakkan suara berkokoknya yang membuat ayam tersebut semakin menawan. tidak heran sejenis ayam yang kecil ini banyak diminati oleh masyarakat di tanah air untuk dijadikan sebagai ayam koleksi atau ayam hias.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on pocket
Pocket
Share on whatsapp
WhatsApp

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.