Masjid KH Ahmad Dahlan Gresik

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on pocket
Pocket
Share on whatsapp
WhatsApp
masjid

Gresik juga menawarkan Wisata Religi yang sangat menarik untuk dijelajahi. Yakni terdapat sebuah masjid megah yang bisa Anda kunjungi, yakni Masjid KH. Ahmad Dahlan. Yang berdiri di atas lahan seluas 1.200 m2 ini memang begitu megah dan cantik . Menara dengan tinggi sekitar 35 meter, dan bisa untuk menampung di perkirakan hingga 3 ribu jamaah.

Mengagumi keindahannya, memang menjadi agenda selanjutnya selain beribadah. bahkan juga kerap dikenal sebagai tempat musafir (orang yang bepergian jauh), mengingat lokasinya yang strategis kebanyakan yang ibadah adalah mereka yang sedang bepergian jauh, fasilitas pendukungnya yang lengkap juga menjadi alasan mengapa masjid ini selalu ramai.

Khas Gresik, Gresik,
sumber : https://www.youtube.com/watch?v=v8nrblIbqH0

Lokasi

Masjid KH. Ahmad Dahlan ini terletak di Desa Banjarsari, Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik, Jawa Timur 61171. Lebih tepatnya lokasi ini berada di seberang jalan Terminal Bunder Gresik. Yang didirikan atau dibangun oleh Almarhum H. Bisyri Ilyas, seorang pengusaha properti ternama di Kabupaten Gresik .

Almarhum H. Bisyri Ilyas sebelum meninggal, beliau pernah berwasiat kepada anaknya, Rachmat Ridlo untuk mendirikan sebuah tempat ibadah yang ikonik di Gresik dengan nama KH. Ahmad Dahlan. Nama tersebut diberikan karena keluarga H. Bisyri Ilyas adalah anggota dari organisasi Muhammadiyah. Keluarga Almarhum H. Bisri Ilyas menyerahkan pengelolaan Masjid KH. Ahmad Dahlan ini kepada pimpinan daerah Muhammadiyah (PDM) Gresik.

Sejarah Proses Pembangunan

Dibangunlah sebuah tempat ibadah dengan luas 1200 meter dan dilengkapi dengan menara setinggi 35 meter dan bisa menampung sekitar tiga ribu jamaah, yang menyajikan gaya arsitektur yang menarik bagi beberapa orang karena mengambil konsep arsitektur dari Andalusia. Yang pembukaan ditandai dengan pelaksanaan ibadah shalat jumat perdana pada tanggal 13 April 2018 dengan Ketua PDM Gresik yaitu Drs Taufiqullah A. Ahmady, MPdI sebagai Imam dan Khatib.

Sedangkan untuk peresmiannya, yang telah didedikasikan oleh keluarga Almarhum H. Bisri Ilyas dilaksanakan pada tanggal 29 April 2018 dengan menghadirkan dai kondang Ustad Bachtiar Nashir. Masjid dengan bangunan bercat putih megah yang berdiri di atas tanah Desa Banjarsari Gresik ini selalu ramai dikunjungi, para wisatawan religi Walisongo pasti menyempatkan mampir untuk beristirahat, beribadah dan berkunjung ke rumah allah yang sangat megah ini.

Lokasinya sangat setrastegis, yakni berbatasan langsung dengan terminal bis antar Kota Bunder Gresik yang berada tepat di depan atau sebelah timur  halaman, hanya terpisah oleh jalan raya. dan sebelah baratnya berbatasan langsung dengan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) atau yang lebih dikenal dengan pom bensin Banjarsari Gresik. Masjid ini berada jauh dari pemukiman penduduk, sebelah utara dan selatan berbatasan dengan tanah kosong atau persawahan.

Baca Juga  Sangat Keren, Ini Dia 11 Tempat Wisata Gresik Paling Populer

Lokasinya tepat di pertigaan Jalan Raya besar Gresik – Lamongan yang dilewati semua jenis kendaraan dari Surabaya atau Gresik menuju Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Semarang, Cirebon, Jakarta dan kota–kota lainnya di pesisir utara Pulau Jawa. Kawasan yang ditempati, dan lokasinya yang sangat strategis yakni, membuat masjid ini biasanya di datangi oleh para musafir yang sedang melakukan perjalanan menuju Lamongan ataupun sebaliknya.

Suasana

Melihat keindahan dan kemegahan bangunan, motif arsitektur serta letak atau posisi yang strategis dan mudah dijangkau, tidak menutup kemungkinan akan bertambah fungsinya. Selain sebagai tempat beribadah, juga berfungsi sebagai tempat wisata yang akan dikunjungi banyak orang.

Ketika beribadah di bulan ramadhan atau yang lebih dikenal sebagai ibadah Shalat Tarawih, suasananya tetap nyaman. karena di ruang utama shalat terdapat AC yang begitu menyejukkan untuk beribadah. jadi apabila Anda sedang perjalanan dari Surabaya menuju ke lokasi kerabat Anda atau ke Wisata yang berada di lamongan bisa mampir untuk beribadah sejenak.

Fasilitas

Untuk area parkir Masjid KH. Ahmad Dahlan ini sangat luas dan dapat menampung hingga ratusan mobil dan ratusan sepeda motor. Area parkir Masjid KH Ahmad Dahlan ini tidak dipatuhi harga untuk parkir. Jadi saran kami, perbanyak amal shodaqoh Anda di dalam masjid, untuk tabungan kita kelak di Akhirat dan untuk pembangunan masjid agar lebih baik .

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on pocket
Pocket
Share on whatsapp
WhatsApp

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.