Kisah Pejuang Kemerdekaan Di Kabupaten Gresik Pada Tahun 1947

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp
kabupaten gresik

Kisah Singkat Para Pejuang RI Melawan Penjajah Belanda

Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Indonesia. Jauh Sebelum seperti kota gresik yang kita ketahui pada saat ini. begitupula Tanah Air (Indonesia). yakni butuh perjuangan yang sangat panjang, pengorbanan yang sangat besar. yang sampai Akhirnya bangsa kita ini dapat memproklamasikan kemerdekaan yang sejak dari dahulu kita impi-impikan. dan yang selalu kita rayakan setiap 17 Agustus. Lebih dari itu, didalam sejarah kemerdekaan Indonesia, bangsa kita ini dahulu pernah merasakan pahitnya suatu masa dimana bangsa ini dulunya pernah dijajah oleh bangsa asing sampai lamanya kurang lebih 3 Abat.

masyarakat, penduduk disetiap daerah terus berjuang untuk melawan dan mempertahankan Tnah Air dari penjajah asing. yang dimulai sejak tiba di Malaka pada tahun 1509 Masehi. Dengan dibawah pimpinan Alfonso de Alburquerque. tujuan mereka yakni ingin memperluas kawasan di Tanah Air, demi mengeruk sumber kekayaan alam yang mereka mereka miliki, dan termasuk rempah–rempah. akan tetapi sebuah perlawanan sengit digaungkan Fatahillah pada masa waktu itu.

Khas Gresik, Gresik,
Sumber: https://jakpusnews.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-44938346/hari-pahlawan-mengenal-sejarah-legiun-veteran-republik-indonesia

Keberhasilan Negara Belanda Masuk Ke Tanah Air

Setelah bertahun-tahun lamanya, dalam berjuang melawan Portugis, banyak sekali Negara-Negara Asing yang mencoba untuk mengambil alih daerah kekuasaan di Tanah Air Indonesia serta memperluas Kekuasaannya itu. singkat cerita, Dipimpin Cornelis de Houtman, Negara Belanda yang akhirnya berhasil bisa masuk pertama kali ke Tanah Air Indonesia dari Banten, Mereka tersebut datang dengan memiliki tujuan yang sama, yaitu ingin sekali menguasai sebuah kekuasaan dan memperlua kekuasaan tersebut bahkan juga semua rempah-rempah dan semua kekayaan alam yang dimiliki oleh indonesia.

Perjuangan untuk mempertahankan hak milik pun terus dilanjutkan dengan kobaran semangat yang tak kunjung padam dalam melawan para penjajah dari Negara Asing. Para Masyarakat terus tanpa henti melakukan sebuah perlawanan agar supaya bisa merdeka dan mengusir semua para penjajah dari Tanah Air Indonesia. hingga pada saatnya sebuah yang mereka perjuangankan semua mereka inginkan membawakan hasil.

Semakin hari para tokoh-tokoh Tanah Air indonesia terus tidak berhenti untuk menyuarakan Proklamasi kemerdekaan RI. Para Tokoh-Tokoh Bangsa Indonesia terus mengganjal dan menggalang semua kekuatan dari luar, karena berupaya untuk memberi perlawanan dan terus berjuang hingga pada akhirnya banyak yang gugur dalam memperjuangkan Tanah Air Indonesia. Dan pada akhirnya Negara Belanda berhenti untuk menguasai disetiap daerah yang berada di tanah air Indonesia usai lamanya kurang lebih 350 tahun dalam melakukan penjajahan di indonesia.

Baca Juga  3 Tempat yang Wajib Dikunjungi di Pulau Mengare

Akan Tetapi, pada tahun 1942 Negara Belanda menyerahkan Indonesia kepada Negara Jepang tanpa dengan syarat dan perjanjian Kalijati. lagi-lagi Indonesia kembali dijajah oleh bangsa negara asing, di tanahnya sendiri. Selama kurang lebih sekitar waktu tiga tahun lebih, Masyarakat indonesia terus berjuang dan terus melawan, demi sebuah harapan untuk bisa merdeka dan bebas dari penjajahan. begitu sangat besar para Masyarakat dan Semua Tokoh-Tokoh Pejuang Kemerdekaan RI, dalam berjuang dan berkorban untuk melawan para penjajah pada masa itu.

Para tokoh-tokoh besar kita terus mengerahkan semua cara, semua kemampuan untuk bisa memcapai suatu kemerdekaan. adapun kali ini kami akan mengupas sebuah kisah, yakni sosok pejuang kemerdekaan RI, di jawa timur, tepatnya di Kabupaten Gresik. Karena ada banyak sekali para tokoh pejuang kemerdekaan 1945 asal Gresik, Jawa Timur, yang sebenarnya memiliki sumbangsih terhadap berdirinya NKRI. salah satunya adalah usman sadar. berikut cerita singkatnya!

Kisah Heroik Usman Sadar Tokoh Pejuang Kemerdekaan RI di Kabupaten Gresik

Adapun Seorang Tokoh Pejuang Heroik Kemerdekaan RI. tersebut adalah Moh Oesman atau yang dikenal dengan sebutan Nama Usman Sadar. yakni salah satu Tokoh Pejuang RI, yang merupakan Anggota dari laskar Sabilillah Pimpinan Maskoen Asjari tersebut gugur di medan pertempuran pada saat mencoba membendung agresi pasukan penjajah Belanda di kota Gresik yang pada waktu itu hendak mau kembali untuk menguasai wilayah Tanah Air Indonesia. Pada waktu itu Sosok Seorang Pejuang Almarhum Usman Sadar ini terkena tembakan dari tentara penjajah belanda, saat hendak mau meledakkan sebuah tank milik tentara belanda dengan granat yang dimilikinya.

pada masa itu para penjajah Tentara Belanda tengah melancarkan agresi di suatu wilayah kota Gresik pada tanggal 13 April 1947. Setelah berhasil melumpuhkan salah satu laskar Hisbullah di sekitar wilayah yang saat ini termasuk didalam Kelurahan Indro tepatnya di Kecamatan Kebomas, kabupaten Gresik, para tentara penjajah belanda kemudian berangkat menuju ke daerah pesisir.Akan Tetapi, di tengah perjalanan pada waktu itu, tentara penjajah Belanda Akhirnya berhasil di hadang dan di pukul mundur oleh para pasukan kompi I yang di pimpin seorang Kapten yang bernama Soejoto dan kompi IV yakni pimpinan Kapten Markahim.

Khas Gresik, Gresik,
Sumber : Google.com

yang Termasuk di antaranya adalah barisan dari laskar Sabilillah yang di komandoi oleh seorang yang bernama Maskoen Asjari. Ketika iring-iringan ketika hendak melintas di sebuah daerah yang saat ini termasuk dalam Kelurahan Karangturi, Kecamatan Gresik kota, disanalah tempat terjadinya baku tembak. Usman yang pada waktu itu hanya berbekal sebuah granat yang dimilikinya, dengan mencoba meledakkan sebuah tank milik penjajah belanda dengan cara menaikinya. Akan Tetapi, sebelum membuat tank penjajah belanda meledak, Usman lebih dulu tertembak dan gugur di medan pertempuran pada masa itu. dan Oleh warga saat itu, jenazah Usman Sadar dibawa lalu kemudian disemayamkan atau dimakamkan.

Baca Juga  Kisah dibalik Pantai Delegan yang dibuka pada tahun 2003.
Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.