Jubung, Jajanan Tradisional Khas Kabupaten Gresik

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp
jubung

Jubung adalah jajanan Khas Gresik mirip jenang yang terbuat dari bahan utama ketan hitam dan diatasnya di taburi wejan. Umumnya jajanan ini dibungkus menggunakan selongsong berwarna putih kecoklatan yang terbuat dari daun pohon pinang muda yang dianyam seperti gelas mini.

Pembuatan Jenang Jubung

Khas Gresik, Gresik,
jubung photo by_google.com

Pembuatan jajanan tradisional khas gresik ini membutuhkan waktu setidaknya kurang lebih 24 jam, mulai dari merendam beras ketan lalu menggilingnya dan kemudian memasak hingga membungkusnya.

Setiap hari, komposisi pembuatan kudapan ini menggunakan 15 kilo gram putih, 15 kilo gram ketan hitam, 16 kilo gram gula pasir dan 60 buah kelapa yang di masak masing-masing 5 kilo gram campuran ketan pada wajan besar. 

Langkah pertama pembuatannya yaitu, beras ketan yang sudah di rendam selama 12 jam di giling hingga halus. Kemudian diwaktu yang sama, parut kelapa lalu ambil sarinya dan kemudian di masak hingga mengental.

Selanjutnya, masukkan tepung ketan kedalam wajan dan di campur dengan sari kelapa yang sudah dimasak tadi. Agar mendapatkan rasa yang lebih enak, adonan juga di tambah telur ayam.

Proses memasak adonan ini merupakan proses yang paling lama. Untuk menghasilkan Jubung yang terbaik, setidaknya membutuhkan waktu 6 jam hingga adonan benar-benar kental dan kalis.

Tidak heran jika juru masaknya kebanyakan adalah seorang laki-laki. Itu dikarenakan pada saat memasak, adonan harus di aduk terus menerus. Pembuatannya pun masih menggunakan tungku berbahan bakar kayu dan alat memeras kelapanya juga, agar rasa yang di hasilkannya terasa lebih nikmat dan harum.

Setelah adonan kentar baru di tambahi gula pasir secukupnya. Untuk adonan 5 kilo gram ketan, memerlukan 2 kilo gram gula pasir. Adonan yang sudah matang kemudian di bungkus dan siap untuk di jual.

Untuk bahan dasar 30 kilo gram ketan, akan menghasilkan produksi sedikitnya 1.600 Jubung yang selanjutnya akan di bungkus dalam wadah yang terbuat dari anyaman daun lontar agar terlihat tradional dan sebagian akan dibungkus menggunakan dus bermerek agar terlihat lebih modern.

Pemasaran Jubung biasanya lebih banyak di kawasan Gresik saja dan kadang-kadang juga ada pesanan dari orang-orang Gresik yang merantau di luar negeri seperti Singapore dan Malaysia. Biasanya di hari libur dan hari-hari besar keagamaan, permintaan Jubung bisa naik 100 persen.

jubung
jubung photo by_google.com

Meskipun tidak tahu persis asal usul mengenai Jubung, namun kita tetap harus mempertahankan keberadaan makanan khas Gresik ini di tengah berkembangnya makanan-makanan modern.

Baca Juga  5 Jenis Burung Murai Paling Terpopuler Di Tanah Air Indonesia

Jika ingin mendapatkan jubung yang enak dan nikmat, coba datanglah ke Jalan Sindujoyo yang berada tak jauh dari alun-alun kota Gresik. Disana, Anda akan menemukan Toko Sari Kelapa yang merupakan toko legendaris menjual berbagai jenis jenang berkualitas khas Gresik.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.