Ini Dia 7 Jenis Jamur yang Sangat Enak dan Aman Untuk Dikonsumsi

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp
jenis jamur

Tanaman jenis jamur adalah tumbuhan yang tidak memiliki klorofil dan sering hidup di dekat pepohonan. Biasanya jamur banyak kita jumpai di berbagai hidangan masakan di Indonesia dan yang paling populer adalah jamur crispynya.

Namun tidak semua jamur bisa dikonsumsi karena ada yang mengandung racun, tetapi ada beberapa jamur yang aman dan sangat enak kalau sudah di masak. Nah, berikut ini 7 jenis tanaman jamur yang bisa dikonsumsi:

Jamur Tiram

jenis jamur
jamur tiram photo by_ google.com

Jamur tiram memiliki beberapa nama lain di berbagai negara, seperti Supa Liat (Jawa Barat, Indonesia), Shimeji (Jepang), Abalon Mushroom/Ayster Mushroom (Eropa dan Amerika).

Biasanya jamur ini banyak tumbuh di alam bebas seperti hutan atau di daerah yang memiliki suhu udara yang sejuk.

Jamur tiram akan tumbuh dipermukaan batang kayu yang sudah tumbang dan lapuk. Selain tumbuh di alam bebas ternyata jenis jamur satu ini bisa dibudidayakan dirumah.

Untuk membudidayakan jamur tiram kamu perlu menggunakan substrat seperti sekam, ampas tebu atau serbuk gergaji kayu.

Di Indonesia sendiri kamu tidak perlu lagi pergi ke hutan untuk mendapatkan jamur ini, sebab sudah banyak sekali orang yang membudidayakannya dan bahkan banyak yang menjualnya di pasar.

Jamur Kuping

Jamur kuping memiliki nama lain diberbagai negara seperti Kuping Lowo (dalam bahasa jawa), Supa Lember (dalam bahasa Sunda), Mouleh (Cina dan Hongkong), Yung-Ngo (Taiwan), Muk-Ngo (Vietnam), Jew’s Ear-Fungi (Amerika) dan Kikurage/Mokurage (Jepang). Namun secara Internasional jamur ini disebut dengan Wood Ear.

Jamur kuping juga banyak tumbuh di batang pohon atau bisa juga dibudiya menggunakan media serbuk kayu gergaji ataupun jerami. Jamur ini sering diolah menjadi makanan seperti tumisan, sup maupun jenis hidangan lainnya.

Jenis Jamur Enoki

jenis jamur
jamur enoki photo by_ google.com

Jamur ini sering dikenal dengan nama Enokitake, Jamur Jarum Emas, Jamur Tauge, dan Jamur Musim Dingin, merupakan jamur yang dapat dikonsumsi.

Jamur yang memiliki warna putih kekuningan dan berbentuk menyerupai touge ini memiliki tekstur yang garing dan aroma yang segar.

Jamur Enoki sering digunakan diberbagai diolah sup baik itu di Indonesia, Jepang, Korea, Cina ataupun Vietnam.

Baca Juga  Soffia Diffa, Remaja Asal Gresik Wakili Jawa Timur di Ajang Miss Teen Indonesia 2022

Jamur Kancing

jenis jamur
jamur kancing photo by_ google.com

Jamur kancing atau biasa disebut dengan nama Jamur Champignon merupakan jenis jamur yang paling banyak dibudidayakan di berbagai dunia. Jamur ini sering digunakan diberbagai olahan makanan seperti Pizza, sup dan juga tumisan.

Jamur Shitake

jenis jamur
jamur shitake photo bya_ google.com

Jenis jamur yang memiliki nama lain Jamur Hitam atau Jamur Hioko ini merupakan yang paling populer di seluruh dunia. Jamur shitake memiliki cita rasa gurih yang dapat dikonsumsi sebagai makanan dan juga suplemen.

Jamur Maitake

jenis jamur
jamur maitake photo by_ google.com

Jamur ini di Tiongkok dikenal dengan nama Hui Shu Hua, di Amerika disebut Hen of the Woods sedangkan di Italia dijuluki Signorina. Jamur ini biasa tumbuh di alam liar terutama dibawah pohon elm, oak atau maple.

Jamur Maitake Hanya tumbuh selama musim gugur berlangsung dan menjadi salah satu makanan favorit di Jepang selama musim tersebut berlangsung. Ternyata jamur ini juga bisa dibudidayakan di rumah.

Jamur Merang

jenis jamur
jamur merang photo by_ google.com

Sesuai dengan namanya, jenis jamur ini hidup dan tumbuh dengan baik di media merang dan jerami yang sudah menjadi kompos. Jamur dengan nama lain Volvariella Volvacea tumbuh secara alami di area limbah TKKS diperkebunan kelapa sawit.

Itu tadi 7 macam jenis jamur yang aman dikonsumsi dan dapat diolah menjadi berbagai hidangan kuliner yang enak dan lezat.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.