Jembatan Ampera, 1.177 meter dari Kota Palembang

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on pocket
Pocket
Share on whatsapp
WhatsApp
jembatan ampera

Jembatan Ampera yang yang juga nama resmi yang diberikan untuk jembatan yang satu ini, adalah sebuah jembatan yang berlokasi di Kota Palembang, Provinsi Sumatra Selatan, Indonesia. Nama Ampera dari jembatan ini bukan sekedar hanya nama, Ampera diambil dari kepanjangan Amanat Penderitaan Rakyat, jembatan ini juga menajadi semacam lambang dari kota aslanya yaitu Palembang.

Sejarah Jembatan Ampera

Jembatan ini mulai dibangun pada tahun 1962 di bulan april, pembangunan dimulai setelah mendapatkan persetujuan dari Presiden Soekarno. Adapun biaya pembangunan diambil dari dana pampasan perang Jepang. Tak hanya cuma biayanya saja, jembatan inipun menggunakan tenaga ahli dari negara tersebut.

Pada awal pembangunan jembatan ini dinamakan Jembatan Bung Karno . Menurut cerita yang didapat dari para sejarawan, diberikannya nama tersebut juga sebagai bentuk penghargaan kepada Presiden RI pertama itu. Dimana sang Presiden secara sungguh-sungguh memperjuangkan keinginan warga Pelembang untuk mempunyai sebuah jembatan diatas sungai Musi.

Struktur Jembatan Ampera

Seperti yang sudah disebut pada judul artikel ini, panjang daripada jembatan ini adalah 1.177 meter, dengan lebar jembatan 22 meter, pada awal penggunaannya bagian ttengah pada jembatan ini bisa diangkat supaya kapal-kapal besar bisa lewat. Namun, sejak tahun 1970 bagian tengahnya sudah tak bisa lagi diangkat dan ditutup dengan alasan waktu yang digunakan untuk mengangkat jembatan ini dianggap mengganggu arus lalu lintas di atasnya. Bagaimana tidak, waktu yang dibutuhkan untuk mengangkat jembatan ini sendiri memakan waktu kurang lebih 30 menit. Untuk tinggi jembatannya sendiri 11,5 meter dari atas permukaan air, tinggi menaranya 63 meter dari permukaan tanah dan jarak antara menara yaitu 75 meter.

Baca Juga  Lezat dan Nikmat, 5 Makanan Khas Tuban ini Wajib Kamu Coba
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on pocket
Pocket
Share on whatsapp
WhatsApp

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.