8 Tanaman Air Hias yang dapat Menjernihkan Kolam Ikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on pocket
Pocket
Share on whatsapp
WhatsApp

Tanaman air hias semakin hari semakin digemari banyak orang, khusunya bagi pecinta Aquascape dan pecinta ikan hias. Selain dapat menyejukkan rumah dan memperindah kolam ternyata ada beberapa tanaman air yang berfungsi sebagai penjernih air aquarium atau kolam ikan.

Buat kalian yang memiliki aquarium ataupun kolam ikan dirumah, mungkin tanaman hias berikut ini bisa menjadi pelengkap kolam Anda dirumah. Selain dapat menghasilkan oksigen dan menjernihkan air, tanaman hias ini juga memiliki rupa yang cantik. Nah, berikut jenis tanaman airnya:

Lemna/Mata Lele

tanaman air hias
lemna photo by_google.com

Lemna atau biasa disebut mata lele ini merupakan tanaman air yang terapung dan biasanya digunakan ikan untuk berlindung. Selain itu ternyata jenis tanaman air ini mampu membersihkan air kolam.

Lemna memiliki bentuk yang kecil dan tidak memiliki akar atau batang dan hidup bergerombol. Tanaman air hias satu ini biasanya dimanfaatkan untuk memperbaiki kualitas air atau sebagai pencuci polutan.

Perawatan tanaman ini pun cukup mudah, bahkan Anda juga dapat menggunakannya sebagai tanaman air untuk hiasan sekaligus penjernih aquariummu dirumah.

Eceng Gondok

tanaman air hias
eceng gondok photo by_ google.com

Selain memiliki bentuk yang unik ternyata eceng gondok memiliki beragam manfaat bahkan tanaman air ini dapat beradaptasi di berbagai ekosistem.

Selain memiliki beragam manfaat, bentuk eceng gondok yang oval dan pangkalnya yang runcing dapat mempercantik kolam ikan dirumah Anda. Eceng gondok dapat Anda temukan di perairan yang dangkal seperti rawa, kolam, danau hingga sungai.

Bunga Teratai

tanaman air hias
bunga teratai photo by_ google.com

Teratai Merupakan tanaman air hias yang banyak ditemukan di kolam ikan besar dan memiliki fungsi sebagi penyaring kotoran air kolam.

Bunga teratai memiliki bunga dengan beragam warna yang catik dan indah. Warna bunganya mulai dari putih, ungu, kuning hingga merah muda.

Bentuk teratai dipercantik dengan daunnya yang besar lebar dan mengapung diatas permukaan air. Tanaman ini merupakan salah satu tanaman air tanpa sinar matahari yang bisa di tanam dalam pot.

Ganggang Rantai

tanaman air hias
ganggang air photo by_google.com

Selain bersifat oksigenasi, ganggang air atau hydrilla ternyata juga bermanfaat untuk menjaga kebersihan air kolam atau aquarium Anda dirumah.

Baca Juga  Inilah Jenis Ikan Predator yang Paling Ganas dan Mengerikan di Dunia

Bersifat oksigenasi artinya mampu meningkatkan kadar oksigen didalam air sehingga kolam atau aquarium dirumah bisa tetap jernih dan ikan-ikan didalamnya mendapatkan pasokan oksigen yang banyak.

Tanaman air hias satu ini sering digunakan untuk menghiasi aquarium ikan cupang dan termasuk salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat dan kegunaanya.

Bambu Air

tanaman air hias
bambu air photo by_ google.com

Memiliki bentuk yang sama seperti bambu pada umumnya, namun bedanya tanaman ini hanya memiliki tinggi sekitar 2-3 meter saja. Bambu ini selain digunakan sebagai tanaman hias meja ternyata juga dapat menjernihkan air kolam ikan.

Tanaman ini memiliki diameter batang yang ramping sehingga cocok jika dijadikan tanaman air hias pada kolam ikan. Banyak yang menyebut tanaman ini sebagai bambu Jepang.

Semanggi

tanaman air hias
semanggi photo by_ google.com

Semanggi memiliki bentuk yang unik dan khas seperti empat buah payung yang digabungkan menjadi satu. Tumbuhan kecil satu ini ternyata dapat menyerap logam berat seperti Cd dan Pb.

Tumbuhan kecil ini banyak tumbuh liar di permukaan sungai atau danau dan bisa juga dirawat didalam kolam ikan Anda dirumah.

Semanggi berguna sebagai bioremediasi yang mampu menyerap logam berat seperti timbal dan kadmium yang terdapat pada air kolam ikan Anda. Agar semakin cantik, Anda juga bisa menambahkan tanaman air hias jenis lainnya seperti tanaman air mata ibu, mata janda, tanaman air pengantin hingga tanaman air mancur.

Calla Lily

tanaman air hias
calla lily photo by_ google.com

Tidak hanya tampilannya yang cantik, ternyata calla lily mampu buat kolam ikan jadi lebih bersih. Selain mampu membersihkan air kolam, aroma dari bunga calla lily sangat harum lembut sehingga menambah momen bersantai dipinggir kolam ikan menjadi lebih menenangkan.

Papyrus Payung

tanaman air hias
papyrus payung photo by_ google.com

Papyrus payung banyak dimanfaatkan sebagai tanaman air hias yang dapat membersihkan air kolam sekaligus menjadi tempat teduh ikan-ikan didalamnya.

Papyrus atau Ccyperus alternifolius memiliki batang berbentuk segitiga yang dapat tumbuh mencapai satu meter lebih. Daunnya yang lebat dimanfaatkan oleh ikan untuk berteduh.

Itu tadi 8 tanaman air yang memiliki fungsi sebagai pembersih air kolam sekaligus dapat mempercantik rumah Anda. Meskipun begitu jangan sampai lupa untuk menguras dan membersihkan kolam ikan Anda sekitar 2-3 bulan sekali.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on pocket
Pocket
Share on whatsapp
WhatsApp

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.