Sangat Menarik, Ini Dia 10 Fakta Ikan Koi yang Perlu Diketahui

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp
fakta ikan koi

Hallo sobat khas Gresik, kali ini kami akan membahas mengenai fakta ikan koi yang menarik untuk diketahui. Ikan yang berasal dari dataran Tiongkok ini di abad ke-17 dibawa ke Jepang untuk dijadikan sebagai bahan makanan.

Namun seiring berjalannya waktu ikan koi justru dijadikan sebagai ikan peliharaan atau ikan hias. Tidak hanya di Jepang, bahkan tidak sedikit masyarakat Indonesia juga menjadikan ikan ini sebagai peliharaan untuk mengisi kolam buatan mereka.

Fakta Ikan Koi

Ikan koi sering kali digambakan sebagai ikan yang melambangkan kekayaan, keberuntungan dan kebahagiaan (dalam percintaan atau persahabatan). Selain itu, ternyata ikan koi juga memiliki banyak fakta lain yang menarik untuk dibahas. Berikut ini beberapa diantaranya:

Berasal Dari Ikan Mas

Ternyata menurut hasil penelitian DNA ikan koi terdapat beberapa fakta yang mengatakan bahwa nenek moyangnya adalah ikan mas yang berasal dari dataran Asia Timur.

Studi DNA juga menemukan adanya proses domestika (penjinakan hewan) dan pemuliaan (kegiatan pemeliharaan hewan yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas hewan agar karakteristik sesuai dengan yang diinginkan manusia) seperti ikan mas yang lebih besar dan memiliki warna lebih cerah lebih dikenal sebagai ikan koi.

Memiliki Hidup yang Panjang

Ikan koi sering disebut sebagai ikan hias dengan umur panjang atau abadi. Memang terdengar agak berlebihan, namun memang seperti itu fakta ikan koi. Pasalnya ikan hias satu ini dapat hidup hingga lebih dari tahun dan bahkan di Jepang terdapat ikan koi yang dapat hidup hingga usia 200 tahun.

Namun, untuk membuat ikan koi peliharaanmu bisa hidup lebih dari 50 tahun perlu adanya perawatan yang baik seperti memberi nutrisi yang tepat, menjaga kebersihan air kolam dengan pH optimal kisaran 7,5 hingg 8,0, dan pastikan jumlah ikan dalam kolam tidak penuh dan sesak agar ikan koi tidak stres.

Hewan yang Bersahabat dan Jinak

Ikan koi juga termasuk ikan hias yang jinak. Hal tersebut sudah terbukti, jika ada pendatang baru, para penunggu kolam lama tidak akan mengusik, mereka akan tetap bersikap tenang dan bersahabat.

Baca Juga  3 Wujud Ikan Aneh, Yang Ada di Indonesia

Karena terlalu jinak, ikan koi tidak takut untuk mengambil makanan langsung dari cakupan telapak tangan kita dan membuat ikan ini lebih dekat dengan kita.

Terdapat Banyak Varietas

Fakta ikan koi lainnya adalah didunia ini terdapat lebih dari 100 varietas berbeda disetiap jenisnya. Bahkan hal ini masih terus berkembang dan memungkinkan ikan koi untuk memiliki lebih banyak varietas.

Dari sekian banyak varietas ikan koi ada satu jenis yang paling populer yaitu jenis Koi Saragoi atau biasa dikenal dengan sebutan Koi Hantu. Ikan jenis ini memiliki sisik berwarna logam yang sangat cantik dan sudah dikembangbiakkan sejak tahun 1980-an.

Dapat Tumbuh Besar Meski Didalam Tangki Kecil

fakta ikan koi
photo by_ google.com

Fakta ikan koi selanjutnya adalah ikan ini tetap bisa tumbuh besar meskipun dipelihara dalam tangki kecil. Hal itu dikarenakan ikan koi akan tetap tumbuh sampai mereka mencapai batas usia tertentu sekitar kurang lebih 10 tahun.

Namun jika kita memelihara ikan koi ditempat yang kecil dan sesak, ikan itu akan mati sebelum mencapai usia dewasa. Maka dari itu, sebaiknya siapkan kolam ikan dengan ukuran besar jika ingin ikan koi tumbuh besar dan berumur panjang.

Sering Dikaitkan Dengan Legenda Cina

fakta ikan koi
photo by_ google.com

Fakta ikan koi yang kita ketahui adalah bahwa ikan koi sering dilambangkan sebagai pembawa keberuntungan, keharmonisan, keberhasilan, kekayaan, individualitas, hubungan bahagia dan kekuatan.

Ternyata hal tersebut didasari oleh Legenda yang berasal dari Cina yaitu menceritakan tentang ikan koi yang ditugaskan untuk berenang di Sungai Huang Ho dari muara sampai ke ujung hulu dengan berbagai rintangan yang menghalangi mereka.

Salah satu rintangan terberatnya adalah mereka harus melewati aliran air terjun atau yang dikenal dengan Gerbang Naga agar bisa sampai ke hulu. Namun mereka tidak menyerah dan memiliki tekad yang sangat kuat untuk melewati semua rintangan.

Jika berhasil sampai ke hulu mereka akan mendapatkan hadia yang sangat menakjubkan yaitu hadiah yang bisa membuat mereka berubah menjadi naga.

Karena kegigihan dan tekad mereka saat melewati berbagai rintangan untuk dapat berenang dari ujung sampai ke hulu, membuat ikan koi dikaitkan dengan kekuatan, keberanian, keberhasilan dan individualitas.

Perenang yang Sangat Kuat

Seperti disebutkan dalam legenda tadi bahwa fakta ikan koi merupakan ikan yang mampu berenang dengan sangat kuat dan luar biasa. Kalau didalam kolam ikan ini memang tidak akan memperlihatkan kemampuan berenangnya.

Baca Juga  Pemkab Gresik Bersama BPJS Ketenagakerjaan Berikan Jaminan Ketenagakerjaan Untuk Tenaga Non ASN

Tetapi jika ikan ini dilepaskan di alam bebas, koi akan berenang dan berpergian hingga lebih dari seratus mil ke hulu hanya dalam rentang waktu beberapa bulan saja. Biasanya mereka bepergian untuk bertelur dan mencari tempat makan yang terbaik.

Kulit Ikan Koi Rentan Terhadap Sinar Matahari

Fakta ikan koi selain perenang yang kuat ternyata juga memiliki kelemahan yaitu, kulit ikan koi sangat sensitif terhadap sinar matahari, terutama mereka yang memiliki sisik berwarna putih.

Ada beberapa kasus ringan yang menjadi tanda jika sisik ikan koi terbakar yaitu munculnya rona merah muda yang menyerupai ruam di sekujur tubuh ikan koi, atau pada spot-spot tertentu.

Untuk mencegah hal tersebut, kamu harus memastikan kedalaman kolam yang ingin digunakan untuk merawat ikan koi setidaknya memiliki kedalaman 3 kaki. Jangan lupa diberi tanaman air hias di sekitar kolam maupun didalamnya agar bisa dipakai mereka untuk berteduh.

Rajanya Ikan Hias

Fakta ikan koi berikutnya ialah ikan ini merupakan Rajanya Ikan Hias. Hal tersebut dikarenakan, diantara ikan air tawar yang lain, tubuh ikan koi merupakan yang paling besar dan masuk dalam jajaran ikan hias bergengsi.

Pintar Mengenali Pemiliknya

Khas Gresik, Gresik,
photo by_ google.com

Ikan koi termasuk makhluk intelektual dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Hal inilah yang membuat ikan koi dapat mengenali pemiliknya dengan sangat baik. Maka dari itu, cobalah untuk sering mengunjungi kolam ikan dan memberi makan ikan secara langsung agar koimu terlatih. Dengan begitu, disaat kamu berada di tepi kolam ikan koimu akan muncul kepermukaan.

Jadi Itu tadi beberapa fakta Ikan Koi yang menarik untuk diketahui yang dapat kami bagikan. Sekarang apakah kamu tertarik untuk memeliharanya?

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.