Fakta atau Mitos, Isi Bensin Penuh Baik untuk Mesin ?

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp
Isi Tangki Bensin Penuh, Tangki Bensin, Tangki BBM

Khasgresik.com – Banyak informasi yang perlu dikaji terlebih dahulu dari orangtua atau saran bahwasanya kita harus membiasakan mengisi penuh tangki bensin motor kita ? Namun dibalik itu apakah benar fakta atau hanya mitos seputar isi tangki bensin penuh tersebut. Dan apakah ada dampak terhadap mesin kita ?

Sebenarnya, Ada efek yang perlu kita ketahui dalam pengisian tangki bensin kita secara penuh. Rupanya, disarankan untuk tidak meninggalkan ruang udara dalam tangki bensin kita agar tidak terjadi kondensasi atau pengembunan.

Tentunya hal ini kapasitas penuh jumlah Bahan Bakar Minyak ( BBM ) dalam setiap motor berbeda beda takarannya, namun defisini tangki penuh tentunya sama di ukuran meter motor kita masing masing.

Menurut Aji Handoko, Manager Technical and Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, ” Jangan sering-sering tangki itu kosong, kita hidup di negara tropis, kelembapan tinggi pada saat bensin itu kosong malamnya dingin ada cenderung kondensasi. Ada risiko karat,”

Beliau menjelaskan bahwasanya tangki BBM tidak penuh bahkan tersisa sedikit, meningkatkan terjadinya kondensasi. Dimana hal inilah yang menjadi penyebab utama timbulnya kotoran pada tangki BBM.

Selain itu, tangki bensin dibiarkan kosong dalam waktu tertentu, pasti akan diisi dengan udara. Inilah yang kemudian berubah menjadi embun. Embun kemudian akan berubah menjadi air. Air dari embun inilah yang bisa membahayakan bahan bakar dan mesin mobil.

Embun yang menjadi air di tangki tentu perlahan akan menetes di tangki. Air akan bercampur dengan bahan bakar. Akibatnya kualitas bahan bakar yang bercampur dengan air tentu jadi berkurang kualitasnya. Jalannya kendaraan bisa jadi tersendat.

Kotoran tersebutlah yang nantinya akan muncul dan dapat menjadi penyebab rusaknya komponen seperti pompa dan filter BBM.

“Kedua ada resiko water hammer karena airnya tersedot ke pompa bahan bakar. Karena karatan akhirnya filter buntu, atau karena ada air selain karat di situ,” ujar Aji.

“Cenderung motor motor yang cuma diisi 1 liter habis, itu lebih berisiko kesitu (karatan), terjadi kondensasi,” tambah dia.

Sehingga disarankan untuk mengisi bahan bakar minyak / BBM secara penuh.

Baca Juga  Bahaya! Inilah 4 Dampak Negatif Telat Ganti Oli Motor
Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.