Inilah, 5 Negara Paling Miskin Sedunia

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp
dunia

Bicara mengenai negara paling miskin di Dunia tentu saja bukan sebuah hal yang patut untuk dibangga-banggakan. Meskipun kekayaan, harta, tahta, bukan salah satu ukuran dari suksesnya suatu negara. Namun, dalam bidang ekonomi di suatu negara memerlukan sebuah kemampuan ekonomi yang tinggi, agar supaya kehidupan dari pada rakyatnya bisa hidup secara layak serta akan timbul sebuah kemakmuran bagi seluruh penduduk-penduduknya. Adapun untuk sebuah ukuran kaya atau miskinnya suatu negara, dapat kita hidung tengan “Produk Domestik Bruto” yang mana gunanya untuk menjumlah sebuah nilai dari seluruh hasil pendapatan suatu negara mulai dari pasar, produk-produk dalam negri, jasa, kemudian di analisis dari tingkat perkembangan suatu negara tersebut serta kemakmurannya. Mari kita kutip mengenai negara-negara miskin di seluruh dunia.

Negara Sudan Selatan

Khas Gresik, Gresik,
https://theconversation.com/

Negara paling miskin sedunia yakni, Negara Sudan Selatan, yang mana negara tersebut berada di Benua Afrika, tepatnya di Afrika Timur. Adapun negara ini masuk dalam kategori negara termiskin sedunia, dikarnakan negara tersebut baru merdeka, tepatnya pada tahun 2011. yang mana kemerdekaan dari negara tersebut melalui “Referendum”. Adapun (Produk Domestik Bruto) negara sudan selatan hanya sebanyak ($243). Sebelum merdeka negara tersebut merupakan satu negara dengan Negara Sudan, Akan tetapi, negara tersebut terus menerus mengalami sebuah konflik-konflik satu sama lain, yang lamanya kurang lebih selama 6 Tahun, kemudian Negara Sudan Selatan bisa merdeka.

Kemerdekaan Sudan Selatan pun masih saja ada konflik -konflik yang bermunculan. Bahkan konflik ketika Sudan Selatan telah merdeka banyak sekali para penduduknya kehilangan nyawa. Ribuan warga bahkan jutaan jiwa dari negara Sudan Selatan banyak yang tewas dan banyak yang kehilangan akan tempat tinggalnya, dan harus mengungsi ke negara-negara lain. Pada dasarnya Negara Sudan Selatan mempunya sebuah sumber daya alam yang berupa minyak yang bisa di Ekspor, dari situ negara tersebut bisa berkembang dalam perekonomian sebuah negara tersebut.

Negara Burundi

Khas Gresik, Gresik,
https://batam.tribunnews.com/

Negara paling miskin selanjudnya yakni, ada Negara Burundi yang mana negara tersebut berada di Benua Afrika, tepatnya di Afrika Timur. Berbatasan dengan Negara Kongo, Negara Tanzania, dan Negara Rwanda. yang mana dalam pertanian negara tersebut bergantung kepada Subsisten. Negara Burundi ini termasuk negara kecil dan tidak mempunyai wilayah lelautan di area negara tersebut dikelilingi oleh daratan. Oleh karena itu, negara ini untuk prihal air sangat sulit sekali untuk didapatkan dan dan harus bergantung kepada subesistan.

Baca Juga  Polres Gresik Beri Penghormatan Terakhir Aiptu Jailani

Telah di catat oleh Bank Dunia kalau masalah Akses Listrik, AIr di Negara Burundi sangat-sangat lemah. yakni, kurang dari sekitar 5%. dan untuk Produk Domestik Bruto per Kapita Negara Burundi tersebut hanya sebesar kurang lebih ($313). Oleh karena itu, negara tersebut dikategorikan dalam Negara termiskin di Dunia.

Negara Eritrea

Khas Gresik, Gresik,
https://travel.dream.co.id/

Negara Eriteria merupakan salah satu negara yang letaknya di Benua Afrika, tepatnya di Afrika Timur. negara ini termasuk salah satu negara termiskin di dunia. dikarnakan negara tersebut sangat sulit sekali untuk berkembang maju. yang mana dulu pada tahun 1993, rezim yang telah bertahan menganggarkan sebuah pengeluaran dalam Pertahanan yang sangat tinggi. Oleh karena hal tersebutlah sangat-sangat menguras sumber daya yang besar, sehingga hal tersebut di mengabaikan sebuah pembangunan Infrastruktur dari pada publik. Adapun Produk Domestik Bruto per Kapita Negara Eritrea hanya sebesar ($350). dengan memiliki jumlah penduduk hanya 3,5 juta Jiwa. yang mana para penduduknya tinggal di sebuah pedesaan, serta mata pencariannya hanya mengandalkan sebuah pertanian Subsisten.

Negara Malawi

Khas Gresik, Gresik,

Negara Malawi adalah salah satu negara yang berada di perbatasan antara Zambia di barat laut dan Tanzania di utara, serta Mozambik di bagian barat, timur, selatan. Adapun PBD per kapita dari negara ini hanya sebesar $386. Sampai saat ini Negara Malawi masih mengalami kemiskinan yang lumayan parah, karena perekonomian negara tersebut masih tergantung pada pertanian tadah hujan. Oleh karena itu, hal tersebut sangat rentan sekali, mengingat cuaca yang tidak dapat dipastikan. Akan tetapi, Negara Malawi sekarang mulai mendapatkan sebuah dukungan dari segi keuangan yang nominalnya lumayan besar dari IMF dan dari Bank Dunia.

Negara Niger

Khas Gresik, Gresik,
https://wallhere.com/

Negara Niger merupakan salah satu negara yang terletak di Benua Afrika, tepatnya di Afrika Barat. Wilayahnya ini tepat berada di perbatasan antara Benin di selatan dan Nigeria, disebelah barat terdapat Mali, di sebelah timur ada Chad, serta Aljazair dan Libya di sebelah utara. Adapun ibu kota Niger tersebut adalah Niamey. Negara ini dikategorikan negara termiskin sedunia dikarenakan memiliki nilai PDB per kapita hanya sebesar $427. Sulitnya ekonomi pada negara tersebut dikarenakan wilayahnya dari negara ini terkurung Gurun Sahara. Badai yang dahsyat dari padang pasir dan perubahan iklim yang sangat ekstrem menjadi salah satu ancaman yang bisa melemahkan perekonomian pada negara ini.

Baca Juga  Evaluasi Kabupaten Layak Anak, Pemkab Gresik Targetkan Raih Predikat KLA Tingkat Nindya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.