9 Destinasi Wisata di Jawa Timur yang Bisa Kalian Kunjungi

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on pocket
Pocket
Share on whatsapp
WhatsApp
destinasi wisata

Ketika membahas tentang destinasi wisata di Indonesia, kalian pasti langsung berpikir ke Jogja, Bali atau Labuan Bajo. Memang benar, ketiga tempat wisata tersebut paling populer dan banyak pengunjungnya saat ini.

Namun tidak ada salahnya untuk mencoba dan mengeksplor berbagai tempat wisata lainnya di Indonesia misalnya di Jawa Timur. Di Jawa Timur ternyata terdapat banyak sekali destinasi wisata yang mungkin bisa kalian kunjungi, seperti:

Gunung Bromo

destinasi wisata
gunung bromo

Tempat wisata pertama di Jawa Timur yang bisa kalian kunjungi adalah Gunung Bromo. Gunung ini termasuk salah satu tempat wisata paling populer dan favorit di Indonesia khususnya di Jawa Timur. Pemandangan yang begitu indah dan akses jalan yang cukup baik membuat banyak orang menjadikannya sebagai tujuan wisata disaat hari libur tiba.

Kalian tidak perlu trekking hingga berjam-jam untuk sampai ke kawah Bromo. Karena disana kalian bisa menyewa mobil jeep dan berjalan menanjak sedikit untuk sampai ke puncaknya. Atau kalian juga bisa menyewa kuda yang sudah disiapkan masyarakat lokal untuk naik ke atas.

Kawah Ijen

destinasi wisata
kawah ijen

Kawah Ijen Juga salah satu destinasi wisata paling populer di Jawa Timur sejak lama. Tempat wisata yang berlokasi di perbatasan antara Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur ini semakin ramai dikunjungi wisatawan. Itu karena akses jalan menuju lokasi wisata yang cukup baik.

Yang menjadi daya tarik utama Kawah Ijen yaitu kawah birunya dan aktivitas penambangan belerang yang ikonik disana. Apalagi adanya fenomena alam api biru yang tidak banyak bisa dilihat di tempat lain di dunia ini.

Taman Nasional Baluran

destinasi wisata
taman nasional baluran

Taman Nasional Baluran merupakan padang sabana yang berada di Kabupaten Situbondo. Meski berada di Situbondo, namun kini tempat wisata ini lebih dikenal sebagai destinasi wisata Banyuwangi. Hal itu dikarenakan lokasi wisata hanya sekitar 1,5 jam perjalanan darat dari kota tersebut.

Air Terjun Tumpak Sewu

destinasi wisata
air terjun tumpak sewu

Air terjun ini merupakan destinasi wisata air terjun terbaik di Jawa Timur yang bisa kalian kunjungi. Berbeda dengan air terjun pada umumnya. Air terjun ini memiliki bentuk yang unik yaitu lebar seperti tirai. Hal Itu dikarenakan aliran Sungai Glidik yang melebar.

Baca Juga  Pantai Sukaoneng Gresik, Pantai Mempesona dengan Tiket Masuk 10 Ribu saja!!

Banyak orang kemudian menyebut Air Terjun Tumpak Sewu seperti Niagara di Amerika Utara. Air Terjun Tumpak Sewu terletak di antara Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Air Terjun Madakaripura

destinasi wisata
air terjun madakaripura

Selain Tumpak Sewu, destinasi wisata air terjun lainnya di Jawa Timur adalah Air Terjun Madakaripura yang ada di Probolinggo. Air terjun ini merupakan air terjun tertinggi yang ada di Pulau Jawa dengan ketinggian mencapai 200 meter. Aliran Air Terjun Madakaripura sendir berasal dari Gunung Bromo.

Gili Ketapang

destinasi wisata
gili ketapang

Bagi yang memiliki hobi snorkeling, mungkin Gili Ketapang bisa kalian jadikan sebagai tujuan wisata. Di pulau kecil ini kalian akan menemukan pantai yang cantik dan area snorkeling yang masih dipenuhi dengan ikan-ikan kecil seperti Ikan Giru yang lucu.

Museum Sampoerna

destinasi wisata
museum sampoerna

Museum yang dikenal dengan nama House of Sampoerna ini adalah museum tembakau yang ada di Surabaya, yang bisa kalian kunjungi dengan gratis. Kamu hanya perlu menulis nama di buku tamu, dan bisa menghabiskan waktu di museum ini sampai puas sambil belajar tentang sejarah kretek dan berburu foto dengan background yang cantik.

Museum Angkut Malang

destinasi wisata
museum angkut

Destinasi wisata berikutnya adalah Museum Angkut Malang. Museum ini merupakan objek wisata yang paling populer didalam Jawa Timur Park di Kota Batu. Disana kalian akan melihat koleksi mobil-mobil tua yang sangat lengkap dan kalian juga bisa berburu foto disana.

Pulau Bawean

Khas Gresik, Gresik,
pulau bawean

Pulau Bawean berada di Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Di pulau ini kalian akan melihat penangkaran rusa bawean, salah satu hewan yang dilindungi. Di pulau ini juga terdapat danau yang begitu indah yaitu Danau Kastoba.

Tidak hanya itu saja, disana kalian juga bisa menikmati objek wisata lainnya yang sangat indah seperti Pantai Pulau Cina, Air Terjun Laccar, Pulau Gili, Tanjung Gaang dan masih banyak lagi.

Nah, itu tadi sebagian destinasi wisata yang ada di Jawa Timur yang bisa kalian kunjungi pada saat hari libur tiba.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on pocket
Pocket
Share on whatsapp
WhatsApp

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.