Inilah, 3 Bangunan Tua bersejarah, Dari Peninggalan Belanda

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp
bangunan tua

Bicara mengenai bangunan tua di Indonesia? Kurang lebih selama 350 tahun lamanya Indonesia telah dijajah oleh Belanda yang banyak sekali akan kenangan buruk yang terjadi pada masa itu, dan pada tahun 1945 akhirnya Indonesia berhasil meraih sebuah kemerdekaan. Dari kejadian-kejadian tersebut banyak sekali peninggalan-peninggalan bersejarah, yang meliputi bangunan-bangunan yang sampai saat ini masih mengusung dari arsitektur negara belanda. Bahkan, dari sekian banyaknya peninggalan-peninggalan bangunan pada masa kolonial belanda tersebut. Kini dijadikan salah satu objek wisata dan juga dijadikan sebagai tempat belajar sejarah. Berikut kami cantumkan tiga bangunan paling tua bersejarah, peninggalan belanda.

Lawang Sewu, Semarang

Lawang Sewu merupakan salah satu bangunan tua di indonesia, yang mana bangunan tersebut bekas peninggalan kolonial belanda. Bangunan tersebut di bangun pada tahun 1904 di bunderan Tugu Muda, Kota Semarang. Adapun bangunan besar tersebut pada jaman dahulu dijadikan sebagai kantor “Nederlands-Indische Spoorweg Maatscappij atau NIS”. Dinamakan Lawang Sewu karena bangunan tersebut memiliki seribu pintu. Lawang Sewu ini memberikan sebuah kesan yang sangat Indah, Mewah, Megah apabila dibandingkan dengan bangunan-bangunan peninggalan Belanda lainnya. Namun, dibalik keindahan dari bangunan tua ini memiliki aura mistis yang banyak dikenal sebagai bangunan angker. Akan tetapi, Pemerintah Semarang telah menghilangkan kesan bangunan angker tersebut menjadi sebuah obyek wisata yang sangat ramai akan pengunjung yang berdatangan.

Khas Gresik, Gresik,
10 Fakta tentang Lawang Sewu, bangunan paling angker kedua se-Asia

Istana kepresidenan RI – Bogor

Istana Kepresidenan RI merupakan salah satu bangunan tua di Indonesia yang merupakan bekas peninggalan penjajah Belanda. Adapun nama pertama dari istana Kepresidenan RI tersebut dulunya adalah Istana Buitenzorg. Awal mula bangunan tua ini dibangun, yakni pada tahun 1744 oleh Gubernur Jendral Van Imhoof. Pada awal mulanya istana tersebut dibangun dengan memiliki tiga lantai dan memiliki bentuk yang menyerupai “Blehheim Palace di Oxford, Inggris” . Istana Bogor ini merupakan salah satu Instana Kepresidenan yang paling indah di Indonesia. Hal tersebut dapat dilihat dari sebuah tatanan danau mini yang mana letaknya berada di depan istana tersebut. Dan di area-area sekitar istana tersebut terdapat sebuah Kebun Raya Bogor serta terdapat rusa-rusa yang jinak yang berasal dari Nepal.

Khas Gresik, Gresik,
https://www.tribunnews.com/

Gedung Bank Indonesia – Cirebon

Gedung Bank Indonesia merupakan salah satu bangunan tua di indonesia yang merupakan bekas peninggalan penjajah belanda. Gedung ini dibuka pada tanggal 31 Juli 1866 yang memiliki fungsi sebagai Kantor Cabang ke-5 dari De Javasche Bank (DJB) pada jaman kolonial Belanda. Adapun Gedung tersebut berlokasi di JL. Yos Sudarso No. 5 Kota Cirebon. Dan apabila Anda menemukan sebuah gambar bangunan gedung tu pada uang kertas pecahan dari Rp. 500, maka tak lain gambar tersebut adalah Gedung Bank Indonesia di Cirebon.

Khas Gresik, Gresik,
http://cirebontempodulu.blogspot.com/
Baca Juga  Lawang Sewu, Peninggalan Hindia Belanda sejak 1904
Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.