Asal Mula Wisata Alam Gosari

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on pocket
Pocket
Share on whatsapp
WhatsApp
wisata alam

KhasGresik.com – Mungkin bagi Anda yang suka dengan holiday atau liburan maka Wisata Alam Gosari merupakan salah satu lokasi Wisata yang ada di Gresik. Dimana Anda bisa mendapatkan pemandangan yang sungguh alami. Mari kita lihat detail Asal Mula Wisata Alam Gosari.

Cerita ini dimulai dengan ditemukannya sebuah prasasti di dinding goa , tepatnya di desa Gosari , kecamatan Ujungpangkah , Gresik akan di nobatkan sebagai cagar budaya . Prasasti bernama butulan itu lokasinya di perbukitan batu kapur, tepatnya di atas goa lokasi wisata alam gosari , desa gosari , kecamatan ujungpangkah , kabupaten gresik jawa timur.

Sejarah Wisata alam Gosari

Sebuah pahatan tulisan jawa kuno menempel di atas batu dinding goa tersebut. Cara menjangkaunya cukup sulit harus mendaki bukit bebatuan kapur , karena lokasinya tepat di atas goa. Selain itu terdapat banyak goa di perbukitan tersebut. Informasinya pun Prasasti butulan tersebut di tulis pada tahun 1298 saka. Prasasti ini di perkirakan peninggalan zaman kejayaan kerajaan majapahit .

Goa dengan prasasti butualan tersebut dulunya didiami oleh San Rama Ramadaya. Konon ceritanya dia saat itu , tersingkir setelah mahapatih majapahit di duduki oleh Gajah Enggon .

Wisata Alam Gosari
sumber : Google.Com

San Rama Samadaya berdiam diri disebuah goa itu. Akan tetapi San Rama Samadaya tidak sendirian, dia bersama muridnya yang juga ikut berdiam dan tinggal di dalam goa tersebut.

Kepada pengelola Wagos , Disbakhud Dawam menyebut prasasti itu sudah di temukan lama sekali. Bahkan sebelum wisata wagos yang terdiri dari kincir angin dan taman bunga itu didirikan. Tidak semua orang menjangkau wisata goa dengan prasasti butulan itu karena medan yang harus dilalui cukup Ekstrim.

Untuk menuju ke sana maka harus hati hati dikarenakan lokasinya di perbukitan batu kapur .

Prasasti Butualan sudah pernah di chek bahkan sebelum dibukanya wisata ini. Kira – kira 10 tahun lalu, letaknya di atas goa lagi mengingat jumlah goa disini cukup banyak . Ada satu yang di buka untuk umum oleh pak dawam selaku pengelola wagos.

Sementara itu wakil ketua DPRD Gresik, dr Asluchul Alif menyebut jika Wagos selain memiliki wisata yakni taman bunga juga tempat yang bersejarah. Wisata yang ramai di kunjungi pengunjung dari dalam kota Gresik sendiri bahkan juga banyak di kunjungi oleh pengunjung dari luar Gresik .

Baca Juga  Awal Mula Penyebaran Agama Islam Di Kota Gresik Oleh Syech Maulana Malik Ibrahim

Untuk mencapat lokasi Wisata Alam Gosari cukup jauh dari jalan raya. Selain masuk gang , pengunjung juga harus jalan kaki menuju mulut goa yang kurang lebih mencapai 200 meter. Kondisi jalan yang naik karena wilayah perbukitan kapur .

wisata alam
sumber : https://wagos-wisata-alam-gosari.business.site/

Meskipun Wisata Alam Gosari atau yang juga dikenal dengan Wagos merupakan destinasi yang terbilang baru . Namun kehadirannya sudah mampu untuk menarik perhatian para wisatawan yang singgah. Ada banyak spot spot kekinian yang disediakan di tempat wisata ini , sehingga sangat cocok untuk Anda yang ingin travealing mengutip Keindahan alam yang dihadirkan juga akan membuat siapapun terpana.

Pohon – pohon rindang juga taman bunga menambah kesan asri di Wagos ini . Tidak hanya itu , Anda juga bisa menemukan Sendang Pancoran yang masih dalam satu kawasan . Dimana sumber air ini dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit .

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on pocket
Pocket
Share on whatsapp
WhatsApp

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.