Apa saja sih hal yang harus disiapkan sebelum mudik?

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp
mudik

Dalam satu pekan kedepan umat islam seluruh dunia akan menyambut Hari Raya idul Fitri 1443 Hijriah. Banyak tradisi unik hadir untuk merayakan hari raya. Tak Tunggu-tunggu adalah mudik atau pulang kampung, sebagai momentum berkumpul dan bersilaturahmi dengan keluarga.

Moda transportasi akan meningkat tajam menjelang lebaran dan pasca lebaran. Menurut Jasa Marga puncak arus mudik Indul Fitri berlangsung pada 29 April 2022, sedangkan puncak arus balik pada Minggu, 8 Mei 2022.

Bagi Anda yang pulang kampung ada banyak hal yang harus dipersiapkan agar mudik lebaran terasa nyaman. Tentunya menghabiskan lebaran di kampung halaman akan lebih aman dan nyaman jika semua sudah dipersiapkan. Yuk simak tips dibawah ini agar perjalanan mudik kamu aman.

Kondisi tubuh prima

Kondisi tubuh yang prima adalah sebuah keharusan sebelum melakukan tindakan berpergian, apalagi ketika pulang kampung. Biasanya setiap mudik tentunya harus mempertimbangkan macetnya jalanan. Nah tentunya hal tersebut akan membuat tubuh menjadi semakin cepat lelah.

Sebelum mudik pastikan menjaga kondisi tubuh tetap prima. Atur pola tidur sebaik mungkin, istirahat yang cukup dengan tidur kurang lebih selama 8 jam. Serta atur pola makan dengan gizi seimbang perbanyak makanan berserat seperti buah dan sayur. Selain itu minum air yang cukup.

Cek keseluruhan kondisi kendaraan

Jika kamu menggunakan moda transportasi pribadi pastikan untuk mengecek kondisi keseluruhan kendaraan, baik itu motor ataupun mobil. Pastikan tekanan ban dala kondisi yang tepat agar berkendara tetap nyaman. Untuk inspeksi kondisi kendaraan pastikan minimal satu minggu sebelum berangkat.

Hal tersebut bertujuan jika pengecekan secara total ditemui kerusakan pada sparepart kendaraan. Maka bisa diperbaiki dengan cepat dan tepat.

Pahami rute tujuan

Sebelum mudik tentunya kamu harus memahami rute perjalanan kampung halaman. Pastikan kamu sudah mengetahui bagaimana kondisi jalan serta fasilitas lain seperti stasiun pengisian bahan bakar serta rest area.

Akan lebih baik jika kamu juga memiliki rute alternatif jika sesuatu yang tak diinginkan terjadi di jalanan, seperti macet total atau perbaikan jalan. 

Isi bahan bakar dan Saldo E-tol

Lakukan pengisian bahan bakar kendaraan maksimal sehari sebelum keberangkatan. Pastikan melakukan pengisian full-tank. Hal tersebut bertujuan agar sebelum berangkat tidak perlu mengantri di SPBU untuk mengisi bahan bakar, karena pada musim mudik lebaran antrian bisa mengular.

Baca Juga  Polres Gresik Bagikan Ratusan Masker di Terminal

Selain itu jangan lupa melakukan pengisian saldo e-toll. Pastikan saldo kamu cukup agar tidak perlu khawatir tertahan di gerbang tol lantaran saldo tidak cukup. Jika terjadi penumpukan di gerbang tol akibat saldo kurang, tentunya kamu akan mengganggu antrian orang lain.

Perbekalan buka puasa

Jika kamu memutuskan untuk tetap berpuasa selama melakukan perjalanan mudik tentunya kamu harus menyiapkan perbekalan untuk buka puasa. Bawalah bekal secukupnya, praktis dan tahan lama. Kamu bisa membawa air mineral, kurma, roti atau lemper.

Tidak disarankan membawa bekal makanan berkuah, lantaran hal tersebut akan sangat merepotkan apabila tercecer.

Tambahan masker dan Handsanitizer

Salah satu hal yang harus kamu ingat adalah meski kamu sudah mengikuti vaksinasi, masih ada kemungkinan untuk tertular virus corona. Maka dari itu tetap menjaga protokol kesahatan adalah prioritas. Jangan lupa untuk membawa tambahan masker dan juga handsanitizer.

Obat obatan pribadi/ P3K

Sediakan obat-obat pribadi atau P3K sebagai upaya pertolongan pertama jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Untuk para pemudik terkadang kendala yang dihadapi selama perjalanan adalah mual dan pusing. Untuk itu membawa obat anti mual dan minyak aroma terapi bisa membantu untuk mengatasninya.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.