Aksi Demo Serentak di Seluruh Indonesia Berlangsung Pada 11 April 2022

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on pocket
Pocket
Share on whatsapp
WhatsApp

Pada tanggal 11 April 2022, para mahasiswa seluruh indonesia akan menggelar aksi demo serentak yang tertuju ke gedung DPR. Salah satu tuntutan mahasiswa adalah mereka tidak menerima pertamax naik, Menolak 3 Priode dan minyak goreng.

BEM di hampir seluruh Provinsi menggelar aksi unjuk rasa atau demo untuk menyuarakan pikiran rakyat serta berbagai persoalan yang sedang dihadapi Bangsa Indonesia dan belum terselesaikan hingga saat ini serta beberapa Isu Nasional lainnya,  dimana pusat unjuk rasa akan dilakukan di Jakarta.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan kepada seluruh jajarannya untuk mengawal dan mengamankan aksi demonstrasi mahasiswa pada 11 April 2022, dengan mengedepankan pendekatan humanis.

Hal itu diinstruksikan Kapolri saat menggelar video conference bersama seluruh jajaran baik dari tingkat Mabes Polri, Polda dan Polres.

“Polri memberikan dan menjamin setiap warga negara untuk untuk menyampaikan aspirasinya atau memberikan ruang demokrasi. Oleh karena itu, pendekatan humanis harus terus dilaksanakan dalam mengawal aksi demonstrasi,” kata Sigit dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Jakarta, Minggu (10/4/22).

Lain daripada itu, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya sudah merencanakan pengalihan arus di sekitar Istana Negara dikarenakan situasi yang tidak kondusif untuk berkendara akibat demo. 

“Pengalihan arus bersifat situasional,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, Minggu 10 Maret 2022.

Sambodo juga menerangkan bahwa pihak kepolisian tidak tinggal diam. Mereka sudah menyiapkan perlengkapan seperti pagar kawat di Jalan Merdeka Barat.  

“Jalan Medan Merdeka Barat akan ditutup pukul 08.30 WIB, karena akan dipasang security barrier atau pagar kawat dan juga water barrier di kedua arah,” jelasnya. “Arus lalu lintas akan dialihkan ke Jalan Merdeka Selatan dan Budi Kemuliaan. Demikian juga Harmoni arah ke Istana akan kita tutup,” sambungnya.

Baca Juga  Lengkap, Inilah Pengertian & Sejarah Mudik Lebaran
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on pocket
Pocket
Share on whatsapp
WhatsApp

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.