8 Wisata Goa Terbaik di Indonesia yang Bisa Kamu Kunjungi

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on pocket
Pocket
Share on whatsapp
WhatsApp
wisata goa

Selain wisata pantai dan gunung, Indonesia masih memiliki wisata alam lainnya yang tidak kalah indah salah satunya yaitu wisata goa. Banyak sekali goa-goa di Indonesia yang dijadikan objek wisata.

Objek Wisata Goa Terbaik di Indonesia

Bagi kalian yang ingin berlibur ke tempat wisata alam, mungkin bisa mengunjungi wisata alam goa berikut ini:

Goa Pindul

wisata goa
goa pindul

Goa Pindul merupakan salah satu goa paling terkenal di Indonesia dan paling banyak pengunjungnya. Objek wisata alam ini berlokasi di Desa Gelaran 1, Kelurahan Beji Harjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Goa Pindul merupakan salah satu goa yang paling mudah untuk dikunjungi. Dengan panjang 350 meter, kalian bisa menyusuri goa melalui arus sungai didalamnya menggunakan pelampung ban yang sudah disediakan di sana atau biasanya disebut Cave Tubing.

Satu hal yang paling menantang adalah saat mengarungi sungai kalian akan melewati jalur yang sangat sempit dan hanya bisa dilalui satu pelampung saja. Yang artinya kalian akan masuk satu persatu dengan pencahayaan seadanya.

Bagi kalian yang memiliki jiwa petualang, mungkin objek wisata Goa Pindul cocok untuk tujuan wisata yang bisa kalian kunjungi.

Goa Jomblang

wisata goa
goa jomblang

Selain Goa Pindul ada satu goa lagi yang berada di kawasan Gunungkidul yaitu Goa Jomblang. Jika Goa Pindul terkenal dengan aliran sungai bawah tanahnya, Goa Jomblang terkenal dengan cahayanya.

Lokasi goa ini berada di Jetis Wetan, Pacarejo, Kec. Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Goa Jomblang terbentuk karena turunnya tanah.

Cahaya yang ada di dalam Goa Jomblang disebut sebagai cahaya surga atau tiang matahari. Cahaya tersebut tercipta dari sinar matahari yang masuk melalui Luweng Grubug setinggi 90 meter.

Goa Gong

wisata goa
goa gong

Wisata goa selanjutnya berada di Jl. Salam, Salam, Bomo, Punung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur yaitu Goa Gong. Disebut Goa Gong karenakan saat kita memukul stalagmit dan stalaktit akan menghasilkan suara seperti gong.

Di dalam goa kalian akan disajikan dengan panorama yang begitu indah dilengkapi dengan cahaya yang berwarna-warni.

Goa Petruk

Goa Petruk merupakan salah satu goa yang sangat unik di Indonesia. Goa ini berlokasi di Dusun Mandayana, Desa Candirenggo, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.

Baca Juga  Warna-warni Kebun Binatang Surabaya

Keunikan goa ini yaitu terdapat pada stalagmit dan stalaktitnya yang memiliki bentuk seperti buaya, mayat dan lumbung. Tidak hanya itu, goa ini juga memiliki 3 tingkat yang cenderung lembab dan basah.

Didasar goa kalian akan menemukan jejak kehidupan kelelawar yang tinggal di dalamnya. Sedangkan ditingkat dua kalian akan menemukan batu terjal dengan kemiringan 45 derajat dan air terjun kecil.

Goa Maharani

Wisata goa terbaik di Indonesia selanjutnya adalah Goa Maharani yang terletak di Jl. Raya Paciran, Paciran, Kec. Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Goa ini pertama kali ditemukan pada tahun 1992 dan diresmikan sebagai objek wisata pada tahun 1994.

Goa tersebut memiliki kedalaman 25 meter dan didekatnya terdapat sebuah kebun binatang yaitu kebun kinatang Maharani.

Goa Maharani tak seseram dan segelap goa pada umumnya. Hal itu dikarenakan didalam goa terdapat banyak sekali lampu warna-warni dan juga suara musik yang menggema di area goa.

Goa Barat

Goa Barat merupakan salah satu wisata goa terpanjang di Indonesia. Pasalnya sampai saat ini baru 6,1 Km saja yang sudah dijelajah dan ditetapkan sebagai area terdalam goa.

Walaupun masih bannyaknya area goa yang belum dijelajah, kalian tidak perlu khawatir sebab saat didalam goa kalian akan ditemani oleh pemandu yang akan menunjukkan jalan sekaligus menceritakan sejarah Goa Barat.

Tidak hanya itu, kalian juga akan dilengkapi dengan perlengkapan keamanan yang sudah disediakan petugas. Di dalam goa kalian akan dimanjakan oleh keindahan seratus air terjun yang menjadi salah satu atraksi utama goa tersebut.

Goa Batu Cermin

wisata goa
goa batu cermin

Tidak hanya Pulau Jawa saja yang memiliki wisata goa yang indah, ada salah satu goa yang sangat bagus dan menantang yang bisa kalian kunjungi diluar Pulau Jawa yaitu Goa Batu Cermin.

Goa Batu Cermin terletak di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Flores, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Goa ini dulunya merupakan goa yang berada di bawah permukaan laut. Dikarenakan air laut surut membuat goa ini berada di atas permukaan laut.

Meskipun jalur yang dilalui untuk menuju goa sangat sulit dan menantang, namun keindahan yang akan kalian dapatkan sebanding dengan usaha kalian.

Goa Pangkep

Satu lagi wisata goa yang berada di luar Pulau Jawa yang bisa kalian jadikan tujuan wisata yaitu Goa Pangkep. Goa tersebut terletak di Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, Sulawesi Selatan, Indonesia.

Baca Juga  Bingung Weekend Kemana? Ini Dia 3 Tips Berlibur saat Pandemi

Sebenarnya, di taman nasional ini tidak cuma ada satu goa saja tetapi ada banyak. Di kawasan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung dengan luas 43.750 hektar ini, terdapat sekitar 268 goa yang bisa dikunjungi dalam satu lokasi.

Yang paling menarik dari sejumlah wisata goa tersebut adalah 50 goa yang merupakan goa prasejarah. Di dalam kelimapuluh goa tersebut terdapat lukisan dan bekas makanan manusia purba.

Itu tadi beberapa wisata alam goa di Indonesia yang bisa kalian kunjungi pada saat musim libur tiba, mulai dari yang paling terkenal, paling indah, paling mudah bahkan hingga yang paling ekstrim.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on pocket
Pocket
Share on whatsapp
WhatsApp

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.