8 Gunung Berapi Aktif, dikenal Paling Angker di Jawa Timur

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on pocket
Pocket
Share on whatsapp
WhatsApp
gunung berapi aktif

Gunung merupakan salah satu destinasi wisata favorit para wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam yang memukau dengan suasana tenang.

Pemandangan alam yang cantik akan menemani kita selama mendaki, apalagi ketika sudah berhasil sampai ke puncaknya.

Namun, dibalik keindahan gunung-gunung tersebut, ada banyak kisah horor yang dikenal warga dan kalangan pendaki. Di antaranya seperti beberapa gunung berapi aktif paling angker di Jawa Timur berikut ini.

Gunung Semeru

gunung berapi aktif
photo by wikipedia.org

Gunung berapi aktif ini berada di ketinggian 3.676 mdpl dan menyimpan banyak sekali kisah horor, salah satunya ada di Ranu Kumbolo. Konon, di danau ini ada sosok ikan mas yang merupakan jelmaan dari seorang dewi.

Selain itu, di kawasan Arcopodo ada sosok prajurit Kerajaan Majapahit yang suka menampakkan diri. Sedangkan di puncaknya, kalau kamu bertapa dalam waktu lama, kamu akan bisa melihat penampakan dewa.

Gunung Kelud

gunung berapi aktif
photo by wikipedia.org

Gunung Kelud merupakan gunung berapi aktif yang berada di ketinggian sekitar 1.731 mdpl. Gunung ini terakhir kali meletus pada 2014, dan sampai saat ini masih dianggap sebagai gunung berapi aktif.

Sama seperti gunung pada umumnya, Gunung Kelud juga tidak lepas dari kisah angkernya. Menurut warga setempat, ada sebuah danau di kawasan Gunung Kelud yang dihuni oleh bidadari yang telah dikutuk menjadi buaya.

Gunung Raung

gunung berapi aktif
photo by geologi.co.id

Gunung berapi aktif satu ini berada di tiga kabupaten Jawa Timur, yaitu Bondowoso, Banyuwangi dan Jember. Ada yang unik dari Gunung Raung, saat mendaki kamu akan menemui empat pos pondok, yaitu Pondok Sumur, Pondok Demit, Pondok Mayit, dan Pondok Angin.

Dari keempat pos pondok tadi, Pondok Demit lah yang paling angker. Konon pos pondok tersebut menjadi lokasinya pasar setan. Sering terdengar suara transaksi jual-beli padahal tidak ada siapa pun disana. Saat malam hari, para pendaki seolah merasa kawasan ini selalu ramai.

Gunung Bromo

gunung berapi aktif
photo by yukepo.com

Gunung Bromo berada di ketinggian sekitar 2.329 mdpl dan sering didatangi oleh para pendaki pemula. Meskipun ramai pengunjung, gunung ini tetap tidak lepas dari kisah horor.

Sekitar 2015-2016, Gunung Bromo sempat mengalami erupsi yang memunculkan asap tebal dan tinggi. Konon, erupsi tersebut terjadi akibat sedang diadakannya pembangunan kerajaan gaib setinggi 18 tingkat oleh Ki Bromo sebagai penguasa alam gaib disana. 

Baca Juga  Mengerikan! 5 Hutan ini Paling Berbahaya di Dunia

Gunung Welirang

gunung berapi aktif
photo by radiowebindo.com

Gunung Welirang merupakan gunung berapi aktif setinggi 3.156 mdpl yang masuk dalam kawasan Taman Hutan Raya Raden Soerjo. Gunung satu ini memiliki berbagai cerita misteri yang sudah tersebar dari mulut ke mulut.

Salah satu cerita yang tersohor adalah ngunduh mantu. Banyak pendaki yang sering mendengar suara gamelan seperti ada yang sedang mengadakan acara pernikahan adat jawa. Ada juga kawasan Pasar Dieng atau yang disebut pasar gaib.

Gunung Ijen

gunung berapi aktif
photo by correcto.id

Siapa yang tidak mengenal api biru Kawah Ijen? Api biru yang cuma ada dua di dunia, yaitu di Islandia dan di Gunung Ijen Banyuwangi ini.

Namun, di balik keagungannya, ternyata Gunung Ijen juga diselimuti kisah horor. Ada sebuah cerita dari seorang pendaki yang katanya dikejar oleh beberapa tentara berpedang.

Kabarnya, dulu kawasan ini sempat menjadi lokasi pertempuran tentara VOC dengan bangsa Indonesia dan arwah tentaranya sampai saat ini sering terlihat untuk menyesatkan para pendaki.

Gunung Lemongan

gunung berapi aktif
photo by today.line.me

Gunung Lemongan merupakan gunung berapi aktif tipe maar yang ada di Lumajang, Jawa Timur. Gunung ini berada di ketinggian sekitar 1.651 mdpl dan dianggap angker oleh para pendaki.

Banyak sekali pendaki yang sering melihat penampakan saat mereka melakukan perjalanan menuju puncak. Beberapa dari mereka pernah melihat sosok perempuan tua yang mengenakan pakaian serba putih yang membawa selendang di pundaknya, seolah sedang mencari air di dekat pohon lalu menghilang.

Gunung Kawi

gunung berapi aktif
photo by phinemo.com

Gunung berapi aktif satu ini sering disebut sebagai sumbernya segala pesugihan. Selama perjalanan menuju puncak, akan ada hutan yang kabarnya menjadi sumber pesugihan, seperti buto ijo dan tuyul.

Dikalangan para pendaki dan wisatawan, Gunung Kawi dikenal sebagai kerajaannyya para makhluk gaib. Sosok makhluk gaib di gunung ini biasanya menampakkan diri dengan menyamar sebagai seorang petani.

Nah, Itu tadi 8 gunung berapi aktif yang dikenal paling angker di Jawa Timur. Dari semua gunung di atas, manakah yang paling bikin kamu penasaran? Selalu berhati-hati ya saat mendaki gunung! Tetap jaga sikap dan tutur kata yang baik. 

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on pocket
Pocket
Share on whatsapp
WhatsApp

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.