7 Kuliner Khas Gresik yang Unik dan Nikmat untuk Dicicipi

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Kuliner daerah Gresik merupakan destinasi wisata kuliner yang unik. Unik yang dimaksudkan yaitu makanan khas ini jarang dijumpai di tempat yang lain. Soal rasa makanan ini tidak perlu diragukan lagi karena makanan ini dapat menggugah selera penikmat makanan ini.

Mulai dari makanan berat hingga makanan ringan, Anda bisa memilih sesuai dengan selera. Gresik memberikan berbagai macam ragam wisata kuliner, sehingga Anda dapat mencicipi berbagai makanan dengan cita rasa yang beragam.

Kuliner yang berada di Gresik ini dapat dijadikan oleh-oleh bagi para pendatang dari luar daerah Gresik. Jadi, Anda dapat membawakan orang rumah untuk bisa mencicipi makanan yang unik ini. Sehingga Anda bisa menikmatinya dengan keluarga tercinta di rumah.

Berikut beberapa makanan khas Gresik yang bisa Anda nikmati :

Nasi Krawu

Khas Gresik, Gresik,
sumber : gotravelly.com

Makanan ini sudah sangat terkenal di berbagai Kota Pulau Jawa, yaitu Nasi Krawu. Kuliner ini merupakan salah satu makanan yang sangat populer di berbagai daerah. Penyajiannya menggunakan daun pisang sebagai alasnya, membuat Anda dapat menyantap masakan Gresik satu ini dengan nikmat.

Penyajiannya dengan nasi yang masih hangat bersama dengan semur daging, jeroan sapi, irisan daging sapi, dan sambal terasi, yang merupakan penyajian yang komplet dan menggugah selera. Tampilan makanan ini memang dapat dikatakan sangat sederhana, namun aroma serta rasanya sangat menggoda untuk di nikmati.

Khas Gresik, Gresik,
sumber : putratravel.net

Sego Rumo

Makanan khas Gresik ini sepintas mirip dengan bubur sumsum yang berwarna oranye. Nama dari makanan ini yaitu Sego Rumo. Bedanya dengan bubur sumsum, warna oranye yang berada di sego rumo merupakan kuah kental yang rasanya gurih dan sedap.

Penyajian dari makanan ini sangatlah unik, nasi putih disajikan dengan pincuk daun pisang yang dicampur dengan daun singkong, serta rempeyek atau kerupuk. Lalu atasnya disiram kuah yang kental dengan ditambah taburan serundeng. Untuk rasanya tentu sangat lezat sekali.

Apabila Anda berkunjung ke Gresik, Anda akan menemukan makanan khas ini dengan mudah. Hal tersebut dikarenakan banyak penjual dari makanan khas ini ditemui di pinggir jalan. Tidak hanya itu, makanan ini juga dijual dipasar tradisional Gresik.

Otak-Otak Bandeng

Khas Gresik, Gresik,
sumber : bumbubundadini.web.app

Makanan khas Gresik berikutnya yaitu otak-otak bandeng. Makanan khas Gresik ini terbuat dari ikan bandeng yang merupakan hasil dari tambak yang berada di daerah ini. Ikan tersebut diolah dengan memisahkan kulit dan dagingnya, lalu dihaluskan.

Baca Juga  Keunikan Dari Domba Garut

Setelah dihaluskan, daging bandeng ini diberikan bumbu racikan khas Gresik, lalu dimasukkan lagi ke dalam badan dari ikan tersebut. Setelah itu akan dikukus sampai matang. Untuk rasa dari kuliner ini sangatlah enak dan unik.

Jadi bagi Anda yang berkunjung ke Gresik jangan lupa untuk mencicipi kuliner yang satu ini, karena makanan ini merupakan salah satu kuliner yang favorit di Gresik.

Bonggolan

Khas Gresik, Gresik,
sumber : omahedu.com

Makanan khas Gresik berikutnya yaitu Bonggolan. Makanan yang dibungkus dengan menggunakan daun pisang ini menjadikan kuliner ini terlihat unik, sehingga bagi orang yang melihatnya penasaran dan pastinya ingin mencicipi makanan tersebut. Bahan dasar makanan ini yaitu daging dari berbagai jenis ikan.

Daging ikan ini kemudian dibalut dengan adonan tepung kanji yang telah diberi bumbu terlebih dahulu. Bumbunya pun cukup sederhana, yaitu garam, bawang putih, merica, dan ada beberapa orang yang memasaknya dengan ditambahkan penyedap rasa. Walaupun bumbunya sederhana, cita rasa yang ada pada makanan ini sangat enak.

Nasi Karak

Khas Gresik, Gresik,
sumber : topijelajah.com

Nasi karak merupakan salah satu makanan khas Gresik. Kuliner ini bisa disebut juga dengan Sego karak. Makanan ini terdiri dari ketan hitam dan nasi yang sudah ditanak sampai matang. Makanan yang satu ini juga terdiri dari tempe goreng dan parutan kelapa di atas nasi. Nasi karak biasa disantap saat pagi hari sebagai menu sarapan. Anda juga dapat menambahkan cabai untuk memberikan sensasi pedas saat menikmatinya.

Jubung

Khas Gresik, Gresik,
sumber : inews.id

Kuliner khas Gresik berikutnya yaitu Jubung. Jubung terbuat dari ketan hitam yang dicampur dengan wijen dan dibungkus menggunakan pelepah pisang. Pelepah pisang ini disebut warga Gresik dengan nama Jubung, sehingga makanan ini dinamai Jubung. Wijen ditaburkan di atas ketan hitam yang telah dibungkus dengan pelepah pisang sehingga tampilan dari makanan ini sangat menarik.

Nasi Gulung

Khas Gresik, Gresik,
sumber : mengertilah.wordpress.com

Berikutnya yaitu Nasi Gulung, makanan ini dijual di Pasar Sangkapura. Pada pasar tersebut Anda akan menemukan makanan unik yang disebut Nasi Gulung. Nasi ini menyerupai lontong akan tetapi nasi ini dibuat dengan digulung pada daun pisang. Lalu nasi tersebut dimakan menggunakan abon ikan yang telah disediakan secara terpisah dengan nasi.

Itulah 7 makanan khas Gresik yang dapat Anda nikmati dan cicipi saat berkunjung ke daerah Gresik, makanan ini juga bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga dirumah.

Baca Juga  Warna-warni Kebun Binatang Surabaya
Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.