7 Jenis Martabak Khas Indonesia yang Wajib dicoba

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp
jenis martabak

Selain martabak manis dan telur, ternyata ada beberapa jenis martabak lainnya yang bisa kamu cicipi lho! Apa saja sih? Berikut 7 jenis martabak khas Indonesia yang wajib kamu coba.

Martabak manis

jenis martabak
photo by winnetnews.com

Martabak manis atau biasanya disebut terang bulan memiliki cita rasa manis yang sangat digemari masyarakat Indonesia. Memiliki berbagai topping, mulai dari cokelat, keju, kacang, greentea, oreo dan masih banyak lagi.

Martabak manis memiliki tekstur yang cenderung empuk dan tebal. Selain itu, saat ini martabak manis sudah hadir dengan berbagai varian adonan, ada yang berwarna hijau pandan, red velvet, hingga warna hitam.

Martabak Telur

jenis martabak
photo by kulinear.hops.id

Memiliki cita rasa yang gurih, membuat martabak ini disukai oleh banyak orang. Terbuat dari adonan telur ayam atau bebek yang kemudian dicampur dengan daging cincang dan daun bawang.

Adonan tadi dituang di atas sejenis kulit lumpia dan digoreng hingga kering. Martabak Telur biasanya disajikan dengan kuah cuko dan acar timun.

Martabak piring

jenis martabak
photo by phinemo.com

Disebut martabak piring karena jenis martabak satu ini dimasak diatas piring besi. Martabak piring memiliki dua jenis, yaitu tebal dan tipis.

Namun, martabak piring tebal dibuat tidak setebal martabak manis. Untuk toppingnya sendiri biasanya diberi meses cokelat. 

Martabak Palembang

jenis martabak
photo by genpi.co

Martabak palembang bentuknya hampir mirip dengan martabak telur pada umumnya. Yang membedakan ada pada cara penyajiannya.

Martabak yang terbuat dari tepung terigu dan dicampur dengan telur ayam atau bebek, serta daging cincang ini disajikan dengan kuah kari kambing dan kentang. 

Martabak Aceh

jenis martabak
photo by tripzilla.id

Martabak aceh memiliki ukuran yang tidak terlalu tebal. Tapi menariknya, rasa rempah yang ada pada martabak ini cukup kuat.

Sama seperti martabak palembang, martabak aceh juga disajikan dengan kuah kari kambing namun lebih kental, serta acar bawang merah.

Martabak kubang mesir

jenis martabak
photo by wikipedia.org

Jenis martabak khas Indonesia selanjutnya adalah martabak kubang mesir yang berasal dari Padang. Biasanya kulit martabak ini berada di bagian dalam yang kemudian dilapisi telur.

Berbeda dengan martabak telur biasa yang disajikan dengan kuah cuko terpisah dengan acar, martabak kubang mesir disajikan dengan kuah cuko yang dicampur dengan acar cabai rawit.

Baca Juga  5 Fakta Bir Pletok, Minuman Rempah Khas Betawi

Martabak tipis kering

jenis martabak
photo by martabakorias.com

Martabak tipis kering atau tipker merupakan salah satu jajanan zaman dulu. Jajanan ini biasanya dimasak diatas teflon.

Untuk adonannya sendiri terbuat dari tepung terigu, garam, gula pasir, dan baking powder. Rasanya manis dan tekturnya renyah. Martabak ini diberi isian cokelat, keju, atau kacang. 

Itulah 7 jenis martabak khas Indonesia yang wajib kamu coba. Apakah di daerahmu ada martabak khas yang belum diketahui banyak orang? 

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.