7 jenis buah yang wajib kamu konsumsi saat diet

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on pocket
Pocket
Share on whatsapp
WhatsApp
jenis buah

Dari hasil penelitian, ada beberapa jenis buah tertentu yang ternyata mampu membantu menurunkan berat badan karena tinggi serat dan rendah kalori.

Hal tersebut mampu memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga dapat menurunkan rasa keinginan untuk makan. Jenis buah apa saja sih itu? Berikut 7 jenis buah yang mampu menurunkan berat badan.

Semangka

Semangka merupakan jenis buah dengan kadar air yang tinggi, yaitu sekitar 90%. Karena kandungan airnya yang tinggi itulah membuat buah semangka menjadi salah satu buah yang bisa dikonsumsi saat menjalani progam diet.

jenis buah

Hanya dengan mengkonsumsi beberapa potong semangka saja, perut akan terasa kenyang dan nafsu makan pun menjadi berkurang.

Buah satu ini bisa kamu jadikan sebagai salah satu cemilan sehat sehari-hari. Selain mampu menurunkan berat badan, ternyata semangka juga bisa menurunkan hasrat untuk makan makanan manis.

Apel

Apel merupakan jenis buah yang tinggi serat dan rendah kalori. Satu buah apel dengan berat sekitar 223 gram saja sudah mengandung 5,4 gram serat dan 116 kalori.

jenis buah

Hasil dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi buah apel secara rutin dapat menurunkan berat badan.

Contohnya, berdasarkan penelitian yang diterbitkan di PLoS Medicine, orang yang habis makan apel telah kehilangan berat badan sekitar 0,56 kg per hari.

Penelitian tersebut juga membuktikan bahwa dengan makan satu buah apel utuh mampu mengurangi rasa lapar dan mengontrol nafsu makan dengan sangat baik. Hal itu disebabkan karena apel mengandung banyak air yang mampu membuat perut merasa kenyang.

Pisang

Pisang juga masuk ke dalam daftar jenis buah yang cepat menurunkan berat badan. Hal itu dikarena pisang kaya akan kalori dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. Untuk itu, pisang bisa kamu jadikan pilihan makanan untuk membantu proses progam diet.

jenis buah

Pisang mengandung magnesium, mangan, kalium, serat, antioksidan, dan berbagai vitamin C. Selain itu, pisang ternyata juga memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga mampu membantu mengendalikan kadar insulin dan mengatur berat badan. 

Kiwi

Jika kamu mencari buah yang kaya nutrisi dan mampu menurunkan berat badan dengan cepat, maka buah kiwi lah jawabannya.

jenis buah

Kiwi merupakan buah yang kaya akan vitamin C, vitamin E, folat, dan juga serat yang sangat baik bagi kesehatan. Selain itu, buah ini juga memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga bisa membantu menjaga kesehatan usus.

Baca Juga  4 Tips Jitu Menentukan Gaya Kepemimpinan

Hasil dari sebuah penelitian yang melibatkan 41 orang penderita prediabetes, dengan mengkonsumsi dua buah kiwi per hari selama 12 minggu ternyata mampu menurunkan lingkar pinggang sebesar 3,1 cm.

Walaupun buah kiwi mengandung gula, tetapi buah ini juga memiliki kadar glikemik yang rendah. Kadar glikemik yang rendah inilah yang menyebabkan kadar gula darah tidak akan melonjak drastis ketika sedang mengonsumsi kiwi.

Melon

Sama seperti semangka, melon juga termasuk jenis buah dengan kandungan air yang tinggi. Melon kaya akan kandungan kalium, serat, dan berbagai antioksidan seperti vitamin C, likopen dan beta karoten.

jenis buah

Sekitar 150 gram melon mengandung 46 sampai 61 kalori. Meskipun memiliki kalori yang rendah, kamu akan tetap merasa kenyang saat mengonsumsinya. Agar lebih nikmat, cobalah mencampur buah melon ke dalam salad buah. 

Lemon

Lemon merupakan salah satu jenis buah yang sangat baik untuk menurunkan berat badan dalam waktu singkat. Buah satu ini banyak mengandung vitamin C dan dapat membantu meningkatkan fungsi sistem pencernaan.

jenis buah

Mengkonsumsi air perasan buah lemon yang dicampurkan dengan air hangat ternyata bisa meningkatkan metabolisme tubuh.

Karena hal itulah nafsu makan akan menurun, sehingga lemak yang ada dalam tubuh bisa dipecah dengan lebih baik.

Stroberi

Stroberi bisa jadi pilihan makanan yang tepat buat kamu yang sedang menjalankan progam diet. Sebab didalam 100 gram stroberi terkandung 33 kalori, kandungan asam folat, kalori yang rendah, air dan serat tinggi yang dipercaya mampu mempercepat penurunan berat badan.

jenis buah

Selain itu, stroberi juga mengandung asam ellagic dan antosianin yang sangat berguna sekali bagi kesehatan tubuh.

Asam ellagic dipercaya mampu membantu mengembalikan fungsi normal hormon penurunan berat badan yang seringkali terblokir karena peradangan yang kronis, sedangkan untuk antosianin sendiri mampu mempercepat metabolisme dan penurunan berat badan.

Namun, bukan berarti dengan hanya memakan buah-buah tersebut berat badan bisa menurun. Untuk mendapatkan berat badan ideal dibutuhkan usaha lain seperti menjaga pola makan dan olahraga.

Itulah 7 jenis buah yang cocok buat kamu yang sedang menjalani progam diet. Buah-buah tersebut sangat cepat untuk menurunkan berat badan kamu. Semoga informasi di atas berguna untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on pocket
Pocket
Share on whatsapp
WhatsApp

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.