Bahaya, 6 Buah ini Tidak Boleh Dicampur dengan Susu

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp
buah

Selain rasanya yang enak dan menyegarkan, buah-buahan juga kaya akan vitamin dan banyak manfaatnya bagi kesehatan. Begitu juga dengan susu, banyak sekali zat-zat yang terkandung di dalamnya, seperti kalsium, protein, vitamin, lemak dan berbagai mineral yang bagus untuk perkembangan dan pertumbuhan sel serta fungsi tubuh.

Namun sayangnya, ada beberapa makanan yang tidak boleh dicampur dengan susu karena berbahaya dan bisa mengganggu sistem pencernaan dan merusak nutrisi dalam susu.

Selain itu, ternyata buah juga ada yang tidak boleh di campur dengan susu. Nah, berikut ini 6 jenis buh yang tidak boleh dicampur degan susu dan dampaknya.

Buah Pisang dan Susu

buah

Pisang dan susu sangat lezat yang kaya akan nutrisi. Banyak orang sering mengkombinasikan kedua jenis pangan ini dengan tujuan agar mendapatkan manfaat yang maksimal untuk kesehatan.

Namun, ternyata kombinasi keduanya sangat tidak dianjurkan karena pisang dan susu merupakan dua jenis pangan yang saling berlawanan.

Susu merupakan minuman yang memiliki kandungan protein yang sangat tinggi serta kaya akan vitamin dan juga mineral yang akan menghasilkan efek pendinginan pada pencernaan.

Sedangkan, pisang diketahui kaya akan vitamin C, vitamin B6, serat dan mineral yang memiliki efek panas jika dikombinasikan dengan protein dan kandungan lain pada susu.

Efek tersebut diperparah dengan rasa asam yang terdapat pada buah sehingga dapat menyebabkan alergi dan berkurangnya penyerapan nutrisi di dalam usus.

Selain mengganggu pencernaan, kombinasi kedua jenis pangan ini juga akan membuat bakteri usus semakin banyak dan menyebabkan sinusitis.

Nangka dan Susu

Nangka yang sudah matang memiliki rasa yang manis saat dimakan langsung. Rasa manis itu akan terasa lengkap dengan segelas susu segar. Tetapi, mengkonsumsi nangka yang dibarengi susu bukanlah solusi baik untuk menikmati dua jenis pangan ini.

Pada dasarnya nangka mengandung bromelain atau enzim yang dapat memecah protein sehingga akan meningkatkan kadar protein dalam tubuh.

Dan enzim bromelain sebenarnya mampu mengatasi peradangan dan membantu melunakkan makanan sehingga lebih mudah menyerap nutrisi makanan.

Tetapi, kandungan yang terdapat pada nangka tersebut dapat merusak komponen zat gizi dalam susu. Hal itu menyebabkan protein dalam susu tidak dapat digunakan dengan maksimal dan nutrisi lainnya akan terbuang.

Baca Juga  3 Jenis Buah Pisang Paling Baik Untuk Kesehatan

Efek samping dari mengkonsumsi nangka dan susu secara bersamaan adalah gangguan pada pencernaan dan tubuh jadi tidak bersemangat.

Alpukat dan Susu

buah

Kandungan lemak yang sangat tinggi ternyata yang membuat alpukat tidak cocok bila dikonsumsi bersama dengan susu.

Seperti yang kita ketahui bahwa susu kaya akan protein dan apabila dikonsumsi bersamaan dengan buah yang memiliki kandungan lemak yang tinggi akan membuat tubuh kelebihan protein.

Hal pertama yang akan terjadi jika tubuh kelebihan protein adalah organ sekresi akan membuang kalsium dan menjadi awal terkikisnya kepadatan tulang sehingga berpotensi terkena penyakit osteoporosis.

Selain itu, mengkonsumsi alpukat dan susu secara bersamaan akan membuat proses metabolisme dari zat protein akan mengalami peningkatan kadar urea, amonia dan asam amino yang akan menjadi racun di dalam darah.

Mengkonsumsi alpukat dan susu dalam jangka panjang akan berakibat pada penyakit asam dan diabetes.

Nanas dan Susu

Sama seperti nangka, buah satu ini juga mengandung zat bromelain yang tinggi. Bagian nanas yang banyak mengandung bromelain ialah bagian batangnya.

Apabila mengkonsumsi nanas bersamaan dengan susu akan menyebabkan mual, pusing, sakit perut hingga volume darah mentruasi lebih banyak dibanding biasanya. Hal tersebut dikarenakan protein dalam susu bersifat anti pada zat bromelain.

Sifat yang berlawanan itu yang membuat nanas akan memecahkan kasein dalam susu menggunakan bromelain yang berdampak tidak baik bagi kesehatan.

Secara kimiawi kasein akan dikunyah oleh bromelain sehingga menghasilkan peptida atau potongan protein yang lebih kecil. inilah alasan rasa pahit yang kita rasakan saat mengkonsumsi kedua jenis pangan ini bersamaan,

Jika ingin mengkonsumsi keduannya secara bersamaan dan terhindar dari reaksi kimiawi, ada beberapa pilihan yang bisa dilakukan.

Yang pertama, jadikan nanas menjadi selai terlebih dahulu dengan cara memanaskan nanas di dalam microwave atau diatas kompor hingga menjadi lunak dan lembut, biarkan dingin lalu dapat di campur dengan segelas susu.

Yang kedua, bisa menggunakan nanas kalengan yang sudah mengalami proses pemanasan. Panas itu bertujuan untuk mengubah ezim bromealin jadi tidak aktif. Jangan lupa untuk menggunakan nanas kalengan yang tidak mengandung gula dan dikemas dalam kemasan mengandung air.

Yang terkhir, dengan membuat nanas menjadi smoothies yang dicampur susu. Smoothies merupakan minuman yang sehat dan bersifat organik yaitu terbuat dari sayuran dan buah-buahan.

Jeruk dan Susu

buah

Jeruk dan susu jika disatukan akan memberikan rasa segar dan nikmat. Namun, keduanya tidak dianjurkan untuk dikonsumsi bersamaan.

Baca Juga  5 Khasiat Dan Manfaat Madu Bagi Kesehatan Tubuh

Hal tersebut dikarena, jeruk menghasilkan rasa panas saat dicerna sedangkan susu memberikan efek pendingin saatmasuk ke tubuh.

Sifat inilah nantinya akan menghasilkan asam dan dapat menghambat proses pencernaan yang sedang berlangsung di dalam tubuh. Kombinasi tersebut akan memicu reaksi tubuh seperti batuk, flu hingga alergi.

Stroberi dan Susu

buah

Sama seperti jeruk dan pisang, stroberi juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi bersamaan dengan susu karena dapat menghasilkan rasa panas di dalam pencernaan.

Efek panas tersebut akan berdampak buruk pada kesehatan apabila bersatu dengan efek pendingin yang dihasilkan susu.

Stroberi dan susu apabila dicampur dapat menghentkan proses pencernaan yang sedang berlangsung sehingga akan menyebabkan penyumbatan pada usus. Dan dalam jangka panjang akan menjadi racun didalam lambung dengan ditandai dengan reaksi alergi pada tubuh.

Mencampurkan susu dengan buah-buahan tertentu ternyata memberikan dampak negatif pada kesehatan. Tetapi hal ini merujuk pada konsumsi susu dan buah segar secara langsung.

Artinya, produk industri yang mencampurkan kedua bahan ini tidak berbahaya. Dengan kata lain produk susu yang memiliki berbagai variasi rasa, seperti susu rasa pisang, nanas, stroberi dan alpukat dapat dikonsumsi karena telah melalui proses yang dapat menetralisir sifat susu dan buah-buahan yang berlawanan.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.