5 Seni Tari Tradisional Khas Kabupaten Gresik Jawa Timur

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on pocket
Pocket
Share on whatsapp
WhatsApp
seni tari

Khasgresik.com – Seni Tari adalah suatu seni di mana satu di antara bentuk memiliki media ungkap yakni gerak melalui gerakan manusia. Entah dari tangan, kaki, badan dan anggota tubuh yang lain serta di iringi bunyi–bunyian atau alat musik lainnya.

Adapun tarian ini memiliki makna tersendiri, entah itu dari sisi gerak tubuh, goyangan, ekspresi dan lain sebagainya. Tarian ini memiliki beberapa jenis, yakni tari tunggal, tari ganda, dan tari berpasangan serta ada pula tari yang berkelompok.

Di Indonesia sendiri banyak sekali bahkan beraneka ragam jenis tarian khas dari sabang sampai marauke. Sampai dikenal dengan Nusantara yang kaya dengan Adat, Kebudayaan dan kaya akan Kesenian. Setiap daerah, setiap suku bangsa Indonesia memiliki berbagai tarian khasnya masing–masing.

Mungkin Anda pernah melihat pementasan seni tari di suatu daerah yang di adakan seperti dalam upacara adat pernikahan, upacara menyambut tamu kehormatan, dan lain sebagainya. Nah, kali ini khasgresik.com akan membahas sedikit tentang salah satu tarian khas yang ada di Kabupaten Gresik, Jawa Timur .

Ada banyak macam kreasi seni tari yang di akui sebagai tarian khas Kabupaten Gresik. Mulai dari tari Damar Kurung, tari Rancangkapti, hingga tari Jafian pulau Bawean.

Sebagian besar ciri kreasi tarian khas Kabupaten Gresik ada pesan Moral atau Keagamaan. Sejatinya tari–tari itu menjadi aset berharga sebagai penopang City Branding Kabupaten Gresik.

Iringan musiknya memang ada gending–gending, tapi di padu dengan spirit atau nilai–nilai pesan keagamaan. sebab kota Gresik juga dikenal sebagai kota wali atau kota santri.

Berikut kami akan membahas tarian tradisional khas Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Seni Tari Rancangkapti

Khas Gresik, Gresik,

Ada salah satu seni tari yaitu Rancangkapti, tari tersebut mengambil dari nama putri ketiga Sunan Giri. yakni, Rancangkapti. Di kisahkan dalam sebuah kisah Suluk Tembang Raras (Serat Centhini).

Sunan Giri pernah dikalahkan Pangeran Pekik. Kemudian, Rancangkapti melakukan perjalanan. tentang syariat Agama Islam.

Dimana pada tarian ini membahas tentang wudhu, shalat dan pengetahuan zat Allah SWT.

Tarian ini juga pernah dipertontonkan langsung di depan Presiden RI , Ir. Joko Widodo dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Baca Juga  Gus Yani Hadiri Tradisi Semarak Sanggring Kolak Ayam Gumeno

Tarian ini juga pernah masuk dalam 10 besar di Festival Tari Jawa Timur.

Seni Tari Pencak Macan

Khas Gresik, Gresik,

Tarian atau seni tari khas Kabupaten Gresik, Jawa Timur yang masih ada sampai saat ini, dan masih berkembang pesat yakni, Tarian Pencak Macan.

Tarian Pencak Macan ini dulunya adalah suatu gabungan antara seni bela diri atau yang lebih kita kenal dengan istilah (Pencak Silat) yang kemudian di bentuk oleh Miadi yakni ketuanya, yang sampai sekarang ini masih memiliki banyak murid yang dilatihnya.

Seni Tari Tayung Raci

Khas Gresik, Gresik,

Selanjudnya ada tarian Tayung Raci yang berasal dari Sidayu, Desa Raci Kulon, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Adapun kisahnya tersebut diambil dari Senopati yang gagah pada masa penjajahan.

Tarian tersebut selalu ditampilkan 21 orang penari yang sesuai seperti layaknya prajurit dengan senjata-senjata tempo dulu yang lengkap.

Adapun senjata-senjata tersebut berupa pedang, keris, tombak, golok dan masih banyak lainnya. Untuk alat musiknya tersebut juga menggunakan alat-alat bersejarah, alat tradisional yang sampai saat ini masih digunakan. Seperti jidur, kentung, gendang sambil menyesuaikan sipenari tersebut.

Ada yang menjadi peran Demang Sindupati yang sedang naik kuda yang berwarna putih dan dilengkapi dengan prajurit pengawalnya.

Seni Tari Damar Kurung

Khas Gresik, Gresik,

Selanjutnya ada seni tari Damar Kurung. Tarian damar kurung ini hanyalah semata-mata untuk melestarikan budaya nenek moyang yakni Lentera Damar Kurung. Yang mana dulunya didirikan oleh Alm, Mbah Masmundari.

Kesenian tari dari damar kurung ini tidaklah tarian yang istilahnya dari jaman dahulu. Akan tetapi, sejak tahun 2013 lalu yang masuk kesenian baru di Kabupaten Gresik.

Apresiasi ini seolah-olah hanya untuk menceriahkan masyarakat Gresik dalam sebuah istilah Damar Kurung. Maka dari hal tersebut dijadikan sebuah tarian yang khas, yang banyak dimainkan bahkan akhir-akhir ini dijadikan sebagai salah satu ekstrakulikuler diberbagai sekolah, di Kabupaten Gresik.

Seni Tari Zaven Mandilingan

Khas Gresik, Gresik,

Kemudian ada seni tari Zavin Mandilingan yang berasal dari Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Tarian ini masuk dalam tarian khas Kabupaten Gresik karena perannya yang sangat menarik.

Tarian ini dulunya ditampilkan di kerajaan-kerajaan atau di sebuah istana khusus untuk para raja-raja pada abad ke 16.

Untuk alat musiknya tersebut yakni, berupa jenis alat-alat musik dari Arab, karena pada zaman dulu tarian ini dibawa oleh para pedagang-pedagang yang berasal dari Arab, yang tujuannya tersebut selain untuk berdagang juga untuk menyembarkan ajaran Islam atau Agama Islam.

Baca Juga  Angkringan Mbah Mbrot, Kuliner Rakyat Ala Hotel di Kabupaten Gresik
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on pocket
Pocket
Share on whatsapp
WhatsApp

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.