5 Resep Minuman Tradisional Dapat Meningkatkan Imunitas Tubuh

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp
minuman tradisional

Minuman tradisional merupakan salah satu minuman yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan imunitas tubuh. Apalagi disaat masa pandemi sekarang ini, daya tahan tubuh menjadi salah satu hal yang bisa kita andalkan. Dengan memiliki imunitas yang kuat, tubuh akan melawan virus dan berbagai hal buruk lainnya.

Banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, salah satunya dengan minuman herbal. Apalagi Indonesia sendiri merupakan negara yang kaya akan rempah-rempahnya, sehingga tidak sulit bagi Anda untuk membuatnya.

Resep Minuman Tradisional

Berikut ini beberapa resep yang bisa Anda coba dirumah:

Wedang Jahe

minuman tradisional
minuman tradisional wedang jahe

Yang pertama, siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu seperti 1 liter air, 10 ruas jahe bakar, 1 cm kayu manis, 5 batang serai, 3 lembar daun pandan, 200 gr gula jawa dan 5 buah kapulaga.

Kemudian langkah selanjutnya ialah memasak bahan-bahan tersebut. Pertama-tama campurkan air, jahe bakar, kayu manis, serai, daun pandan dan kapulaga ke dalam panci. kemudian rebus hingga mendidih.

Selanjutnya masukkan gula jawa yang sudah diiris kedalam kuah wedang. Masak menggunakan api kecil atau sedang saja. Jangan lupa tutup pancinya agar airnya cepat mendidih.

Tunggu sampai kuah wedang berkurang setengah bagian atau seperempatnya. Jika sudah, angkat rebusan wedang jahe tadi kemudian saring dan buang ampasnya. Minuman tradisional wedang jahe siap di sajikan selagi panas.

Minuman Rempah

minuman tradisional
minuman tradisional rempah

Siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu seperti 1 liter air, 2 batang kayu manis, 2 batang serai (geprek), 5 cm Jahe (geprek), 4 buah bunga lawang, 5 butir kapulaga, 3-4 sendok makan madu, 1-2 buah jeruk nipis dan garam himalayan secukupnya.

Langkah selanjutnya masukkan air ke dalam panci lalu tambahkan kayu manis, serai, jahe, bunga lawang dan kapulaga. Rebus sampai air mendidih. Jika sudah mendidih matikan api, masukkan sejumput garam himalayan.

Tunggu sampai rebusan agak dingin, kemudian tambahkan air perasan jeruk nipis. Jangan lupa tambahkan 3 sendok madu atau sesuai selera, aduk sampai tercampur rata. Minuman tradisional rempah siap disajikan.

Kunyit Asam

minuman tradisional
minuman tradisional kunyit asam

Untuk kunyit asam bahan-bahan yang perlu disiapkan adalah 600 ml air, 100 gram gula jawa, 20 gram asam jawa dan 8 buah kunyit ukuran besar.

Baca Juga  Egy Maulana Vikri┬áCidera, Kemungkinan Tidak Bisa Ikut Tanding Saat Melawan Malaysia

Langkah selanjutnya kupas kulit kunyit terlebih dahulu, kemudian parut atau blender dengan menggunakan sedikit air. setelah itu parutan atau blenderan kunyit tadi diperas sampai airnya benar-benar habis.

Kemudian perasan air kunyit tadi direbus bersama dengan gula dan asam jawa sampai mendidih. Jika air rebusan sudah mendidih matikan kompornya dan tunggu sampai dingin. Saring air rebusan yang sudah dingin tadi ke dalam gelas dan minuman tradisional kunyit asam siap disajikan.

STMJ (Susu Telor Madu Jahe)

minuman tradisional
STMJ (Susu Telor Madu Jahe)

Minuman tradisional selanjutnya adalah STMJ (Susu Telor Madu Jahe). STMJ sendiri sebenarnya banyak penjualnya, namun tidak ada salahnya kalau kita membuat sendiri.

Untuk bahan-bahannya siapkan 1 ruas ibu jari jahe (geprek), 1 sachet susu kental manis putih, 2 butir cengkeh, 2 butir kapulaga, 5 sendok makan madu dan 1 butir telur ayam kampung atau bebek (ambil kuningnya saja).

Cara membuatnya, pertama-tama rebus susu kental manis, cengkeh, kapulaga dan jahe geprek tadi sampai mendidih. Setelah itu masukkan kedalam gelas lalu masukkan kuning telurnya tadi sambil diaduk dengan cepat agar tidak menggumpal.

Langkah terakhir yaitu tambahkan 3 sendok makan madu atau sesuai selera. Aduk sampai benar-benar tercampur dan sajikan selagi masih hangat.

Wedang Serai

minuman tradisional
minuman tradisional wedang serai

Siapkan 6 batang serai kemudian geprek dan memarkan, 750 ml air, 2 sendok makan gula palem atau bisa diganti dengan gula merah, 50 gram gula pasir, 3 cm kayu manis dan 8 butir cengkeh.

Langkah pertama cuci serai sampai bersih kemudian buang kulit bagian luarnya yang keras, geprek dan memarkan agar sarinya keluar. Setelah itu rebus semua bahan sampai mendidih dan harum, saring dan sajikan selagi masih hangat atau yang suka dingin bisa ditambahi es batu.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.